pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

rumah jonggol
rumah bogor
rumah cibubur
rumah citra gran

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 370 kali

5 Hal Yang Harus Dipelajari Sebelum Menikah

 

tentang-pernikahan.com - Kita belajar banyak hal dari mempersiapkan sebuah acara pernikahan, setuju ya brides? Kita belajar menyusun prioritas, belajar mengatur waktu, belajar bernegosiasi, belajar menerima perbedaan pendapat, belajar mengatasi kekecewaan karena ada hal yang tidak sesuai dengan keinginan dan masih banyak hal lainnya. Secara sadar atau tidak sadar selama proses persiapan yang heboh dan menyita waktu tersebut kita jadi diajarkan banyak hal oleh pengalaman dan orang – orang yang berhubungan dengan kita. Akan tetapi menjelang terjadi pernikahan, ada hal – hal yang harus secara sadar kita pelajari demi sebuah rumah tangga yang baik. Kita bisa belajar hal ini melalui orang lain atau dengan melatih diri sendiri sedari awal sebelum menikah dengan pasangan kita. Hal – hal apa saja yang harus kita pelajari, simak ya brides!
1. Belajar Untuk Mendengar
Kesannya sepele, belajar mendengarkan lawan bicara yaitu pasangan kita. Apa susahnya mendengarkan orang lain bicara? Ternyata mendengarkan dan menyimak dengan baik dan seksama itu sulit dilakukan oleh orang – orang di masa kini. Apalagi sebelumnya kalian tidak tinggal serumah dan banyak berkomunikasi dengan handphone. Ketika sudah menikah dan tinggal serumah, handphone malah menjadi momok penghambat komunikasi kalian. Latih diri kalian untuk menyimak, menatap mata dan mendengarkan dengan sungguh setiap kata yang keluar dari pasangan kita. Ketika kalian sama – sama menjadi pendengar yang baik maka komunikasi dalam rumah tangga akan selalu lancar. Karena kunci keharmonisan dalam rumah tangga adalah komunikasi yang baik.
2. Belajar Untuk Berpenampilan Menarik
“Ah sudah laku ini,” begitu biasanya alasan para wanita untuk tidak lagi memperhatikan penampilan mereka setelah menikah. Pandangan tersebut sedikit keliru, karena setelah menikah ada baiknya kita tetap belajar bagaimana berpenampilan yang menarik. Jangan khawatir, suami yang baik tentu akan menyayangi kita walaupun seperti apapun “bentuk” kita setelah menikah. Namun ternyata, para lelaki selalu bangga apabila memperkenalkan pasangannya di hadapan teman – temannya. Tentu dia akan lebih bangga apabila istrinya selalu tampil menarik dan cantik. Oleh karena itu jangan berhenti belajar untuk tampil menarik ya brides.
3. Belajar Untuk Memasak
Ada joke yang mengatakan bahwa lelaki harus dipuaskan bagian perutnya. Cara memuaskannya tentu dengan memberinya makanan – makanan enak. Terlebih lagi jika makanan tersebut adalah olahan dari istri kesayangan. Sebelum menikah coba saja join dengan kursus masak atau baking course dan praktekkan segala jenis resep untuk nanti kamu sajikan di depan suami kamu. Psst, ini sebabnya para pria selalu menggemuk setelah menikah. Mungkin ada benarnya gemuk itu tanda bahagia.
4. Belajar Untuk Mengurus Rumah Tangga
Jika sebelum menikah kamu cuek dengan keadaan di rumah kamu, maka jangan lanjut cuek setelah menikah. Kamu harus belajar bagaimana cara bersih – bersih rumah, menata ruangan, merapikan tempat tidur, belanja bulanan, mengatur menu bulanan dan lain sebagainya. Hal ini bisa kamu pelajari otodidak dan akan semakin membaik seiring berjalannya waktu pernikahan.
5. Belajar Untuk Mengatur Keuangan
Kamu akan jadi menteri keuangan setelah menikah, setidaknya untuk keluarga kalian. Bagaimana jadinya kalau menteri keuangan yang harusnya mengelola keuangan rumah tangga malah boros dan tetap mengikuti pola hidup saat masih single, tentu tidak bisa seperti itu. Kalian bisa belajar bagaimana mengatur keuangan dengan banyak membaca buku – buku finance atau mengikuti kursus yang sekarang sudah banyak digelar untuk pasangan muda. Nantinya kamu akan diajarkan membuat financial plan untuk keluarga kamu dan cara menggapainya.
Belajar itu tidak mengenal ruang dan waktu. Di mana saja kalian bisa belajar. Belajarlah dari mereka yang sudah lebih dulu berumah tangga. Tanyakan banyak hal dan ambil nilai positifnya dari mereka. Pernikahan sendiri adalah proses pembelajaran seumur hidup. Happy learning ya brides!


Komentar-komentar :

Blom ada yang ngasih komentar ... :(

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Tes Kesehatan Pranikah

 Persiapan Perempuan Sebelum Menikah

 Makna Di Balik Tradisi Pingitan

 Parenting Pra Nikah

 Mengenal Diri Dan Calon Pasangan

 Pengaman Pernikahan I (pra-nikah)

 Kisah Nyata Seorang Akhwat

 Tahapan Persiapan Pernikahan

 Bekal Pra Nikah

 Cara Melakukan Perkenalan Untuk Mendapat Pasangan Hidup

 Persiapan Pra-nikah Bagi Nuslim Dan Muslimah

 Ujian Pra Nikah= Seni Pra Nikah

 Pernikahan Islam

 Persiapan Pra Nikah

 Seorang Akhwat Yang Melamar Ikhwan

 Persiapan Menuju Pernikahan

 Persiapan Pra Nikah Bagi Muslimah

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 08 - Tangisan Bahagia Di Akhir Dwilogi Kami

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 07 - Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 06 - Kepercayakan Padamu My Angel

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 05 - Putri Pangeran Dan Februari

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 04 - Buah Hatiku, Buah Hatimu, Buah Hati Kita

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 03 - Nikmatnya Pacaran Setelah Perjanjian Suci

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 02 - Malam Zafaf

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 01 - Kala Dosa Menjadi Pahala

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 18 - Epilog Jendela Pertama

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 17 - Barakallahu!

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 16 - Ana Uhibbuki Fillah (aku Mencintaimu Karena Allah)

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 15 - Traveling To Bangka Island (kupinang Engkau Dengan Hamdalah)

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 14 - Ada Apa Dengan Cina?




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah © Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com