pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

citra-indah.com
citraindahbogor.com
citraindahcibubur.net
citragranciputra.com
citragrand.net
citracibubur.com
rumahcibubur.net
tentang-pernikahan.com

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 75947 kali

Proposal Nikah

Karya : 4121x13

 

tentang-pernikahan.com -

Latar Belakang

Ibunda dan Ayahanda yang sangat saya hormati, saya cintai dan sayangi, semoga Allah selalu memberkahi langkah-langkah kita dan tidak putus-putus memberikan nikmatNya kepada kita. Amin

Ibunda dan Ayahanda yang sangat saya hormati..sebagai hamba Allah, saya telah diberi berbagai nikmat. Maha Benar Allah yang telah berfirman : "Kami akan perlihatkan tanda-tanda kebesaran kami di ufuk-ufuk dan dalam diri mereka, sehingga mereka dapat mengetahui dengan jelas bahwa Allah itu benar dan Maha Melihat segala sesuatu".

Nikmat tersebut diantaranya ialah fitrah kebutuhan biologis, saling membutuhkan terhadap lawan jenis.. yaitu: Menikah ! Fitrah pemberian Allah yang telah lekat pada kehidupan manusia, dan jika manusia melanggar fitrah pemberian Allah, hanyalah kehancuran yang didapatkannya..Na'udzubillah ! Dan Allah telah berfirman : "Janganlah kalian mendekati zina, karena zina adalah perbuatan yang buruk lagi kotor" (Qs. Al Israa' : 32).

Ibunda dan Ayahanda tercinta..melihat pergaulan anak muda dewasa itu sungguh amat memprihatinkan, mereka seolah tanpa sadar melakukan perbuatan-perbuatan maksiat kepada Allah. Seolah-olah, dikepala mereka yang ada hanya pikiran-pikiran yang mengarah kepada kebahagiaan semu dan sesaat. Belum lagi kalau ditanyakan kepada mereka tentang menikah. "Saya nggak sempat mikirin kawin, sibuk kerja, lagipula saya masih ngumpulin barang dulu," ataupun Kerja belum mapan , belum cukup siap untuk berumah tangga¡¨, begitu kata mereka, padahal kurang apa sih mereka. Mudah-mudahan saya bisa bertahan dan bersabar agar tak berbuat maksiat. Wallahu a'lam.

Ibunda dan Ayahanda tersayang..bercerita tentang pergaulan anak muda yang cenderung bebas pada umumnya, rasanya tidak cukup tinta ini untuk saya torehkan. Setiap saya menulis peristiwa anak muda di  majalah Islam, pada saat yang sama terjadi pula peristiwa baru yang menuntut perhatian kita..Astaghfirullah.. Ibunda dan Ayahanda..inilah antara lain yang melatar belakangi saya ingin menyegerakan menikah.

Dasar Pemikiran

Dari Al Qur¡¦an dan Al Hadits :

  1.  "Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. JIKA MEREKA MISKIN ALLAH AKAN MENGKAYAKAN MEREKA DENGAN KARUNIANYA. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui." (QS. An Nuur (24) : 32).

  2. "Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah." (QS. Adz Dzariyaat (51) : 49).

  3. ¨Maha Suci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui¡¨ (Qs. Yaa Siin (36) : 36).

  4. Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik (Qs. An Nahl (16) : 72).

  5. Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (Qs. Ar. Ruum (30) : 21).

  6. Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi pelindung (penolong) bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasulnya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah ; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Qs. At Taubah (9) : 71).

  7. Wahai manusia, bertaqwalah kamu sekalian kepada Tuhanmu yang telah menjadikan kamu satu diri, lalu Ia jadikan daripadanya jodohnya, kemudian Dia kembangbiakkan menjadi laki-laki dan perempuan yang banyak sekali. (Qs. An Nisaa (4) : 1).

  8. Wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik. Lelaki yang baik untuk wanita yang baik pula (begitu pula sebaliknya). Bagi mereka ampunan dan reski yang melimpah (yaitu : Surga) (Qs. An Nuur (24) : 26).

  9. ..Maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja..(Qs. An Nisaa' (4) : 3).

  10. Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak pula bagi perempuan yang mukminah apabila Allah dan RasulNya telah menetapkan suatu ketetapan akan ada bagi mereka pilihan yang lain tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan RasulNya maka sesungguhnya dia telah berbuat kesesatan yang nyata. (Qs. Al Ahzaab (33) : 36).

  11. Anjuran-anjuran Rasulullah untuk Menikah : Rasulullah SAW bersabda: "Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku !"(HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a.).

  12. Empat macam diantara sunnah-sunnah para Rasul yaitu : berkasih sayang, memakai wewangian, bersiwak dan menikah (HR. Tirmidzi).

  13. Dari Aisyah, "Nikahilah olehmu kaum wanita itu, maka sesungguhnya mereka akan mendatangkan harta (rezeki) bagi kamu¡¨ (HR. Hakim dan Abu Dawud). 14. Jika ada manusia belum hidup bersama pasangannya, berarti hidupnya akan timpang dan tidak berjalan sesuai dengan ketetapan Allah SWT dan orang yang menikah berarti melengkapi agamanya, sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separoh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separoh lainnya." (HR. Baihaqi).

  14. Dari Amr Ibnu As, Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya ialah wanita shalihat.(HR. Muslim, Ibnu Majah dan An Nasai).

  15. "Tiga golongan yang berhak ditolong oleh Allah  (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim) : a. Orang yang berjihad / berperang di jalan Allah. b. Budak yang menebus dirinya dari tuannya. c. Pemuda / i yang menikah karena mau menjauhkan dirinya dari yang haram."

  16. "Wahai generasi muda ! Bila diantaramu sudah mampu menikah hendaklah ia nikah, karena mata akan lebih terjaga, kemaluan akan lebih terpelihara." (HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas'ud).

  17. Kawinlah dengan wanita yang mencintaimu dan yang mampu beranak. Sesungguhnya aku akan membanggakan kamu sebagai umat yang terbanyak (HR. Abu Dawud).

  18. Saling menikahlah kamu, saling membuat keturunanlah kamu, dan perbanyaklah (keturunan). Sesungguhnya aku bangga dengan banyaknya jumlahmu di tengah umat yang lain (HR. Abdurrazak dan Baihaqi).

  19. Shalat 2 rakaat yang diamalkan orang yang sudah berkeluarga lebih baik, daripada 70 rakaat yang diamalkan oleh jejaka (atau perawan) (HR. Ibnu Ady dalam kitab Al Kamil dari Abu Hurairah).

  20. Rasulullah SAW. bersabda : "Seburuk-buruk kalian, adalah yang tidak menikah, dan sehina-hina mayat kalian, adalah yang tidak menikah" (HR. Bukhari).

  21. Diantara kamu semua yang paling buruk adalah yang hidup membujang, dan kematian kamu semua yang paling hina adalah kematian orang yang memilih hidup membujang (HR. Abu Ya¡¦la dan Thabrani).

  22. Dari Anas, Rasulullah SAW. pernah bersabda : Barang siapa mau bertemu dengan Allah dalam keadaan bersih lagi suci, maka kawinkanlah dengan perempuan terhormat. (HR. Ibnu Majah,dhaif).

  23. Rasulullah SAW bersabda : Kawinkanlah orang-orang yang masih sendirian diantaramu. Sesungguhnya, Allah akan memperbaiki akhlak, meluaskan rezeki, dan menambah keluhuran mereka (Al Hadits).

Tujuan Pernikahan

  1. Melaksanakan perintah Allah dan Sunnah Rasul.

  2. Melanjutkan generasi muslim sebagai pengemban risalah Islam.

  3. Mewujudkan keluarga Muslim menuju masyarakat Muslim.

  4. Mendapatkan cinta dan kasih sayang.

  5. Ketenangan Jiwa dengan memelihara kehormatan diri (menghindarkan diri dari perbuatan maksiat / perilaku hina lainnya).

  6. Agar kaya (sebaik-baik kekayaan adalah isteri yang shalihat).

  7. Meluaskan kekerabatan (menyambung tali silaturahmi / menguatkan ikatan kekeluargaan)

Kesiapan Pribadi

  1. Kondisi Qalb yang sudah mantap dan makin bertambah yakin setelah istikharah. Rasulullah SAW. bersabda : ¡§Man Jadda Wa Jadda¡¨ (Siapa yang bersungguh-sungguh pasti ia akan berhasil melewati rintangan itu).

  2. Termasuk wajib nikah (sulit untuk shaum).

  3. Termasuk  tathhir (mensucikan diri).

  4. Secara materi, Insya Allah siap. ¡§Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya¡¨  (Qs. At Thalaq (65) : 7)

Akibat Menunda atau Mempersulit Pernikahan

  • Kerusakan dan kehancuran moral akibat pacaran dan free sex.

  • Tertunda lahirnya generasi penerus risalah.

  • Tidak tenangnya Ruhani dan perasaan, karena Allah baru memberi ketenangan dan kasih sayang bagi orang yang menikah.

  • Menanggung dosa di akhirat kelak, karena tidak dikerjakannya kewajiban menikah saat syarat yang Allah dan RasulNya tetapkan terpenuhi.

  • Apalagi sampai bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya. Rasulullah SAW. bersabda: "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah ia bersunyi sepi berduaan dengan wanita yang tidak didampingi mahramnya, karena yang menjadi pihak ketiganya adalah syaitan." (HR. Ahmad) dan "Sungguh kepala salah seorang diantara kamu ditusuk dengan jarum dari besi lebih baik, daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya" (HR. Thabrani dan Baihaqi).. Astaghfirullahaladzim.. Na'udzubillahi min dzalik

Namun, umumnya yang terjadi di masyarakat di seputar pernikahan adalah sebagai berikut ini :

  • Status yang mulia bukan lagi yang taqwa, melainkan gelar yang disandang:Ir, DR, SE, SH, ST, dsb

  • Pesta pernikahan yang wah / mahar yang tinggi, sebab merupakan kebanggaan tersendiri, bukan di selenggarakan penuh ketawadhu'an sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. (Pernikahan hendaklah dilandasi semata-mata hanya mencari ridha Allah dan RasulNya. Bukan di campuri dengan harapan ridha dari  manusia (sanjungan, tidak enak kata orang). Saya yakin sekali.. bila Allah ridha pada apa yang kita kerjakan, maka kita akan selamat di dunia dan di akhirat kelak.)

  • Pernikahan dianggap penghalang untuk menyenangkan orang tua.

  • Masyarakat menganggap pernikahan akan merepotkan Studi, padahal justru dengan menikah penglihatan lebih terjaga dari hal-hal yang haram, dan semakin semangat menyelesaikan kuliah.

Memperbaiki Niat :

Innamal a'malu binniyat....... Niat adalah kebangkitan jiwa dan kecenderungan pada apa-apa yang muncul padanya berupa tujuan yang dituntut yang penting baginya, baik secara segera maupun ditangguhkan.

Niat Ketika Memilih Pendamping

Rasulullah bersabda "Barangsiapa yang menikahkan (putrinya) karena silau akan kekayaan lelaki meskipun buruk agama dan akhlaknya, maka tidak akan pernah pernikahan itu dibarakahi-Nya, Siapa yang menikahi seorang wanita karena kedudukannya, Allah akan menambahkan kehinaan kepadanya, Siapa yang menikahinya karena kekayaan, Allah hanya akan memberinya kemiskinan, Siapa yang menikahi wanita karena bagus nasabnya, Allah akan menambahkan kerendahan padanya, Namun siapa yang menikah hanya karena ingin menjaga pandangan dan nafsunya atau karena ingin mempererat kasih sayang, Allah senantiasa memberi barakah dan menambah kebarakahan itu padanya."(HR. Thabrani).

"Janganlah kamu menikahi wanita karena kecantikannya, mungkin saja kecantikan itu membuatmu hina. Jangan kamu menikahi wanita karena harta / tahtanya mungkin saja harta / tahtanya membuatmu melampaui batas. Akan tetapi nikahilah wanita karena agamanya. Sebab, seorang budak wanita yang shaleh, meskipun buruk wajahnya adalah lebih utama". (HR. Ibnu Majah).

Nabi SAW. bersabda : Janganlah kalian menikahi kerabat dekat, sebab (akibatnya) dapat melahirkan anak yang lemah (baik akal dan fisiknya) (Al Hadits).

Dari Jabir r.a., Sesungguhnya Nabi SAW. telah bersabda, ¡§Sesungguhnya perempuan itu dinikahi orang karena agamanya, kedudukan, hartanya, dan kecantikannya ; maka pilihlah yang beragama." (HR. Muslim dan Tirmidzi). Niat dalam Proses Pernikahan

Masalah niat tak berhenti sampai memilih pendamping. Niat masih terus menyertai berbagai urusan yang berkenaan dengan terjadinya pernikahan. Mulai dari memberi mahar, menebar undangan walimah, menyelenggarakan walimah. Walimah lebih dari dua hari lebih dekat pada mudharat, sedang walimah hari ketiga termasuk riya'. "Berikanlah mahar (mas kawin) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan."(Qs. An Nisaa (4) : 4).

Rasulullah SAW bersabda : "Wanita yang paling agung barakahnya, adalah yang paling ringan maharnya" (HR. Ahmad, Al Hakim, Al Baihaqi dengan sanad yang shahih). Dari Aisyah, bahwasanya Rasulullah SAW. telah bersabda, "Sesungguhnya berkah nikah yang besar ialah yang sederhana belanjanya (maharnya)" (HR. Ahmad). Nabi SAW pernah berjanji : "Jangan mempermahal nilai mahar. Sesungguhnya kalau lelaki itu mulia di dunia dan takwa di sisi Allah, maka Rasulullah sendiri yang akan menjadi wali pernikahannya." (HR. Ashhabus Sunan). Dari Anas, dia berkata : " Abu Thalhah menikahi Ummu Sulaim dengan mahar berupa keIslamannya" (Ditakhrij dari An Nasa'i)..Subhanallah..

Proses pernikahan mempengaruhi niat. Proses pernikahan yang sederhana dan mudah insya Allah akan mendekatkan kepada bersihnya niat, memudahkan proses pernikahan bisa menjernihkan niat. Sedangkan mempersulit proses pernikahan akan mengkotori niat. "Adakanlah perayaan sekalipun hanya memotong seekor kambing." (HR. Bukhari dan Muslim)

Pernikahan haruslah memenuhi kriteria Lillah, Billah, dan Ilallah. Yang dimaksud Lillah, ialah niat nikah itu harus karena Allah. Proses dan caranya harus Billah, sesuai dengan ketentuan dari Allah.. Termasuk didalamnya dalam pemilihan calon, dan proses menuju jenjang pernikahan (bersih dari pacaran / nafsu atau tidak). Terakhir Ilallah, tujuannya dalam rangka menggapai keridhoan Allah.

Sehingga dalam penyelenggaraan nikah tidak bermaksiat pada Allah ; misalnya : adanya pemisahan antara tamu lelaki dan wanita, tidak berlebih-lebihan, tidak makan sambil berdiri (adab makanan dimasyarakat biasanya standing party-ini yang harus di hindari, padahal tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW yang demikian), Pengantin tidak disandingkan, adab mendo'akan pengantin dengan do'a : Barokallahu laka wa baroka 'alaikum wa jama'a baynakuma fii khoir.. (Semoga Allah membarakahi kalian dan melimpahkan barakah kepada kalian), tidak bersalaman dengan lawan jenis, Tidak berhias secara berlebihan ("Dan janganlah bertabarruj (berhias) seperti tabarrujnya jahiliyah yang pertama" - Qs. Al Ahzab (33),

Meraih Pernikahan Ruhani

Jika seseorang sudah dipenuhi dengan kecintaan dan kerinduan pada Allah, maka ia akan berusaha mencari seseorang yang sama dengannya. Secara psikologis, seseorang akan merasa tenang dan tentram jika berdampingan dengan orang yang sama dengannya, baik dalam perasaan, pandangan hidup dan lain sebagainya. Karena itu, berbahagialah seseorang yang dapat merasakan cinta Allah dari pasangan hidupnya, yakni orang yang dalam hatinya Allah hadir secara penuh. Mereka saling mencintai bukan atas nama diri mereka, melainkan atas nama Allah dan untuk Allah.

Betapa indahnya pertemuan dua insan yang saling mencintai dan merindukan Allah. Pernikahan mereka bukanlah semata-mata pertemuan dua insan yang berlainan jenis, melainkan pertemuan dua ruhani yang sedang meniti perjalanan menuju Allah, kekasih yang mereka cintai. Itulah yang dimaksud dengan pernikahan ruhani. KALO KITA BERKUALITAS DI SISI ALLAH, PASTI YANG AKAN DATANG JUGA SEORANG (JODOH UNTUK KITA) YANG BERKUALITAS  PULA (Al Izzah 18 / Th. 2)

Penutup

"Hai, orang-orang beriman !! Janganlah kamu mengharamkan apa yang dihalalkan oleh Allah kepada kamu dan jangan kamu melampaui batas, karena Allah tidak suka kepada orang-orang yang melampaui batas." (Qs. Al Maidaah (5) : 87).

Karena sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan. Dan sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (Qs. Alam Nasyrah (94) : 5- 6 ).

Ibunda dan Ayahanda yang sangat saya hormati, saya sayangi dan saya cintai atas nama Allah.. demikanlah proposal ini (secara fitrah) saya tuliskan. Saya sangat berharap Ibunda dan Ayahanda.. memahami keinginan saya. Atas restu dan doa dari Ibunda serta Ayahanda..saya ucapkan "Jazakumullah Khairan katsiira". "Ya Allah, jadikanlah aku ridho terhadap apa-apa yang Engkau tetapkan dan jadikan barokah apa-apa yang telah Engkau takdirkan, sehingga tidak ingin aku menyegerakan apa-apa yang engkau tunda dan menunda apa-apa yang Engkau segerakan.. YA ALLAH BERILAH PAHALA DALAM MUSIBAHKU KALI INI DAN GANTIKAN UNTUKKU YANG LEBIH BAIK DARINYA.. Amiin"

====================================
Dedicated to : My inspiration .... yang pernah singgah dan menghuni "hati" ...Astaghfirullah !! Saat langkah ada didunia maya, tak menapak di bumi-Nya..Lalu, kucoba atur gelombang asa..Robbi kudengar panggilanMu tuk meniti jalan RidhoMu.. Kuharap ada penolong dari hambaMu meneguhkan tapak kakiku di jalan-Mu dan menemani panjangnya jalan dakwah yang harus aku titi.. " Saat Cinta dan Rindu  tuk gapai Syurga dan Syahid di jalanNya makin membuncah.."
====================================

Maraji / Referensi :

  1. Majalah Ishlah, Edisi Awal Tahun 1995.

  2. Fiqh Islam, H. Sulaiman Rasyid, 1994, Cet. 27, Bandung, Sinar Baru Algesindo.

  3. Fikih Sunnah 6, Sayyid Sabiq, 1980, cet. 15, Bandung, Pt. Al Ma'arif.

  4. Kupinang Engkau dengan Hamdalah, Muhammad Faudzil Adhim, 1998, Yogyakarta, Mitra Pustaka.

  5. Indahnya Pernikahan Dini, Muhammad Faudzil Adhim, 2002, Cet. 1, Jakarta, Gema Insani Press.

  6. Rintangan Pernikahan dan Pemecahannya, Abdullah Nashih Ulwan, 1997, Cet. 1, Jakarta, Studia Press.

  7. Perkawinan Masalah Orang muda, Orang Tua dan Negara, Abdullah Nashih Ulwan, 1996, Cet. 5, Jakarta, Gema Insani Press.

  8. Kebebasan Wanita, jilid 1, 5, 6, A.H.A. Syuqqah, 1998, Cet.1, Jakarta, Gema Insani Press

  9. Sulitnya Berumah Tangga, Muhammad Utsman Al Khasyt, 1999, Cet. 18, Jakarta, Gema Insani Press.

  10. Majalah Cerdas Pemuda Islam Al Izzah, Wahai Pemuda, Menikahlah, No. 17/Th. 2 31 Mei 2001, Jakarta, YPDS Al Mukhtar.

Sumber : www.dudung.net


Komentar-komentar :

 prayogo -
indahnya pengetahuan utk memahami hakikat hidup

 adek -
pa...ma...adek pengin nikah :)

 Aa yoga -
Alhamdulillah ketika Aa ajukan proposal ini ke orang tua Aa di tahun 2003, orangtua langsung ACC.SIM dah dapet, tinggal cari "motor"-nya. Alhamdulillah, sekarang (okt2004) motor dah dapet, tinggal "transaksinya"-nya ...

 no_knee -
tuuuh...Aa' Yoga dah ngebuktiin...emang dah teruji dan terbukti...

 adam- -
wahh, jd peengen juga nih akh,

 Jasuma -
Insya'allah
6 Maret 2005
Mohon doa

 rusdi -
alhamdulilah setengah dien udah mas yoga penuhi..aku sebagai adik kelas mas dulu tidak akan lupa semua pelajaran,n doktrin2 heheh yang mas turunkan dulu..
btw mas yoga udah nikahh
truas aku kapann yahh???hehehe
doakan yahh mass secepat nya aku bisa menyempurnakan dien ku ini

 Mr. D'Oniel -
selayang pandang ketika membaca proposal nikah di atas, apa perlu harus di ajukan ke ortu? tapi dari segi tata bhs yang di pakai memang mengena dlm arti kata kita semua diwajibkan menikah !!!!!!

 dee -
Wah sebenarnya dah pengen neh menyempurnakan separuh dien tapi Allah belum memberikan jodoh gimana dongggg

 ukht Rull -
subhanallah bagus bgt!!!!siap2 bikin nih =)

 ukhti an -
Subhanallah bisajadi rujukanuntuk melangkah kedepannih.Siap2 buat juga ah..:)

 Mujahid muda -
Subhanallah, BTW boleh di-copy ga nih, proposal nya? :)

 andri kusuma -
alhamdullilah, aju'in sekarang ah! hehehe....

 kamiya -
emang kalo mo nikah kudu pake proposal, ya? serius apa becanda sih ? sama orang tua aja pake proposal segala... kaya yang mo minta dana kegiatan aja :) (no hard feeling, ) aku benean nanya lhooo

 nz -
boleh juga nih:)

 diaz -
diaz blh tau ngga sp 4121x13 itu sp mas yog? ^_^ Subhanallah... Barokallahu to yg nulis. sapa tuh my inspirationnya?

 Abdul Latif -
Mungkin inilah saatnya kita menggapai ridho Allah SWT.

 aira^kudo -
wiuuuh..keren..keren

 u_suv_u -
Wah....... ! Klo diajukan ke ikhwah/ust yang dilegislatif/ tajir dapat berapa juta yach ??????????

 asma -
wuih.......niat banget yah....
klo dah ngebet...emang bingung ya ngomong ke ortu sampe harus pk proposal segala
tapi...
top...top....top ..top bgt
gmn propsal untuk calon mertua?

 fitri -
proposal ini dah saya baca sekitar 2/3 tahun yang lalu. dari sebuah millist. ternyata yang bikin ada disitus ini ya...
tadinya saya fikir yang bikin seorang akhwat yang waktu kirim artikeknya...... cerdas.

 Hary_1426 -
Oh, asyik jg propsl ya. Alhamdulillah, Saya belum lama ini ajuin proposal buat cln teman sejati. Do'ain brhsl ya. Amien

 KOko -
SUBHANALLOH BANGET,.,.,.Semoga Proposal ini bisa bermanfaat,selain untuk kepentingan tertentu juga yang paling penting harus menjadi ilmu bgi siapapun yang membacanya.Pesan terakhrir,.,.,.,NIKAH YUUUKKKKK!!!!!

 Hakim -
hehehe... jadi malu... proposal nikah di atas aku pake buat menggolkan rencana "nikah"ku ... dan alhamdulillah sudah terlaksana. :-) ... waktu itu aku ngambil dari dudung.net juga ...

 Hakim (informatika 2000 UII) -
Alhamdulillah bangYOGA telah menggenapkannya diennya. Semoga barakah Allah padanya, pada pernikahannya, dan pada masyarakat sekitarmu.

 assyabab -
dasyat...., jadi ingin cepet2 nih. do'aian biar dapat musuhnya.

 Dari -
Jadi Pengen...............!!!!!!!!!!!

 putra -
pengeeen...!!

 Cevi Biokimia2003 IPB -
Insya4JJI,...2008.Do'akan Ya, Akh?
TpBlmDptTauDgSiapa..YgPstSkrgLgNgumpulinDananya..He4x
Wassalam

 Qoribbi (elektro untirta BANTEN) -
semoga kita semua mendapatkan manfaat dari proposal ini
dan bagi yang sudah siap untuk menikah maka menikahlah agar terhidar dari perbuatan 2x yang dilarang agama

 A. Jatnika POLMAN MO BDG -
BAGUS TUCH TUK TAMBAHAN REFERENSI PENGAJUAN KE ORTU

 Ukie -
Insyaallah, mdh2an 4JJI memberikan petunjuk-Nya kepadaku serta melapangkan jalan untuk menikah tahun depan. Amien.

 hendra - bandung
subhanallah..maha suci Allah dengan segala keluasan ilmu yang berada dalam genggamannya....Sami' Na Wa Atho' Na

 budi - bogor
Subhanallah... ana boleh copy ya... buat di ajukan ke ortu... mudah-mudahan di setujui.... syukron.. ;))

 riri - jakarta
jazakallah, saya mhn ijin u/ punya copynya ya

 3412 - Jakarta timur
Mohon ijin untuk nyontek. Sedang persiapan ngelamar programmer nih :)

 heee aku minta ijin juga yah - semarang
doain saya diterima calon mertua yah, hehehehe

 fajar - bandung
Allhamdulillah..
kegundahan hati selama ini akhirnya menemukan jawabannya..
syuqron..

 Sitta - palembang
jadi pengen buat proposal nih.. :D

 cray - sidoarjo
boleh juga

 dyah kusumastuti - purwokerto
duh, kapan yah dapet kesempatan ngasih proposal ke ortu.insya alloh

 kum2 - purwokerto
wah,smoga smudah bwt proposal kgiatan organisasi he..he

 fikri khoirianto - banda Aceh
Cukup bagus, utk akhwat/ikhwan yang ingin segera menikah. Ane...juga dapat ilmu cara buatnya. mudah-mudahan dapat cepat digunakan, ikhwahfillah doakan ya....

 wahyu - Yogyakarta
lengkap banget proposalnya, jadi namabah semangat ttuk segera nikah...........

 ayasy - jkt
jadi pingin nikah lagi...! ada nggak yah akhwat yang siap dimadu..?

 teddy - new orlean-USA
hmm....
merinding booowwwwww( patut di coba,red)heuheu

 abu mochas - jogja
boleh nih...

 Eni - mataram
subhanallah........sangat bermanfaat buat nambah ilmu ....

 Mustofa_Kemal85 - Bengkulu
Subhanallah. semoga dengan ini dapat membantu melunakkan qolbu ortu ane. Insya 4jj1 Amiin.

 ima - palembang
subhanaullah lengkap banget githu lho.

 yuni - srby
proposalnya bagus bangett
dah di ACC ortu pa blom nich..^=^

 Ammahnya Bima - GriyaShanta
SubhanaLlah...:-)
Ana baru tau,..ternyata seperti itu ya isinya proposal NIKAH ?!?
Bagus banget....Semoga ikhwah yg masih ragu untuk menyegerakan nikah, mudah-mudahan setelah membaca ini menjadi mantap dan meluruskan niatnya lagi untuk menyempurnakan separuh dien...Amien (Termasuk juga ane :D hehehehe..)

 aldin - Bandung
Subhanalloh.... luarrrr..biasa...

 ame - lpg
Subhanallah..baru tau deh.boleh di-copy? kasih ke mama ^-^

 dika - jkt
buah papaya daun singkong, kalo gak bahaya boleh dicoba dong!

 diell - Padang
uiiiiii keren banget, mending nikah aja dr pada zina

 ibnu munawar - Klaten
Subhanallah, kayaknya tinggal copy dan serahkan ke LM saja, nich plus bioData masing2. Kalo ada perubahan hanya sedikit. jazakallah akh/ukht yang telah memberikan informasi ini. Syukron jiddan. Semoga kasih-sayang, rahmat4JJ1 dan ketenangan jiwa manusia mulai bersemai dari sini.

 ibnu munawar - Klaten
Subhanallah, kayaknya tinggal copy dan serahkan ke LM saja, nich plus bioData masing2. Kalo ada perubahan hanya sedikit. jazakallah akh/ukht yang telah memberikan informasi ini. Syukron jiddan. Semoga kasih-sayang, rahmat4JJ1 dan ketenangan jiwa manusia mulai bersemai dari sini.

 kibok - padang
pada prinsipnya saya sepakat,namun belum ada yang mau menerima kenyataan ini,apalagi saya seorang mahasiswa yang masih menerima "kucuran dana" :-[

 dwi_khu - Palembang
Subhanallah ^,^....
Nyontek ah......:)

 east - bukittinggi
jadi kpengeeeen nich....^_^

 akh ant - jogjakarta
sepertinya saya harus kopi paste nih proposal, lalu saya ajukan ke orangtua saya dan ...
ya rabb bantulah saya... hiks..

 faira - bumi Allah
subhanallah...
semoga tidak hanya sekedar kata dalam monitor atau goresan di kertas.... tapi kesungguhan dalam hati... amien

 khairurrijal - jakarta
nikah itu untuk beribadah

 che - bandoeng
ya Allah mudahkanlah.

 syahid zainuddin - bandung
insya Allah maret 2006

 sepriwasa - Bekasi
Subhanallah, luar biasa, tidak terkira, mohon doanya agar diberikan yang terbaik dari yang paling baik.

 santy - balikpapan
subbhannaullah...., semoga proposal ini banyak memberi manfaat bagi kita sebagai seorang muslim, terutama untuk diri saya sendir

 bang_ephi - jakarta
hhmmmnn,,,semoga bisa menjadi solusi bagi kita yang amau walimah tapi terganjal restu ortu...
(^_^)

 sukses selalu - padang
Do'ain ana karena ana ingin segera untuk melengkapi dien ana.

 Delfira - Kalimantan
Subhanallah proposalnya.....
doa'in ana jg ya...insyaAllah ana lg dlm proses nich...doa'in semoga proses ana dipermudah ya....bs tetap di jalur yg syar'i....
Jazakillah proposalnya mdh2an bs jd inspirasi

 khusnul - jember
proposal kamu sangat membantu untuk contoh pembuatan proposal.

 AsepIkhwanul - Depok
Subhanallah..
Bisa sebagai inspirasi buat proposal :)
mohon doanya agar mendapat yang terbaik

 aditya-Kircon - kircon
Subhanallah, syukron katsir, akh boleh kan proposal ini daku copy-paste, mudah2-an bisa di ACC oleh ortu, Aamiin

 dur_rauf - Bandung-Sragen
Hehe.. ada proposlny jg nyak.. :D

 ukh_wi - jkt
subhanallah...kok bisa yaaa
ana mau ksh tau yg lainnya

 mbakfe - Djokdja
Subhanallah... doain mbakfe ya...sgr nyusul... bikin proposal maksudny...:D

 ikada - jogja
subhanallah....jadi pengen deh bikin proposal juga...doain moga cepet nyusul yaaaa.....

 akh-arya16 - Jember
Hm...Ane jadi pengen cepet buat proposal nikah nih. Pengen rasanya punya jundi-jundi yang siap nerusin perjuangan ini ! Moga ane dapet Ustadzah yang siap ngebimbing jundi2 ane tuk jadi mujahid2 da'wah...(Lho ! Belum nikah koq udah gitu :)
Semoga Istiqomah. Allahu Akbar

 okta nida mujahidah - bandar lampung
subahannallah, artikelnya bagus banget.
hm..kira2 kpn ya dpt proposal...:D :))

 nur - batam
setelah baca, jadi semakin menginginkan segera untuk mengajukan itu semua, tp ngak tau kapan ????? do'ain yach mudah2an dlm waktu dekat, Amien

 Yuni - jakarta
siapa ya yg akan jadi pendamping hidupku

 Syafri - Jakarta
Subhanallah, proposal ini sangat membantu ana untuk memperkuat langkah untuk menikah, smoga Allah memudahkan ana utk mlangkah kesana, amien....

 Red-Z - Sby
Kalo niat utk menyambung silaturahim dgn keluarga bapak di kota lain boleh g ya? Shg si calon kudu berasal dari kota yg sama.

 nee... - malang
Alhamdulillah..........
prposal ini bs jd jawaban tuk ikh yg pernah bilang pdku
"aq pengen cr teman sejati neh..."
smoga Allah memudahkan jalanmu akhi...

 Rumi - Jakarta
Aduhhhh....jadi pengen nih...Klo untuk cw...bisa ga ya ikutan ngajuin..he2.

 Rumi - Jakarta
Aduhhhh....jadi pengen nih...Klo untuk cw...bisa ga ya ikutan ngajuin..he2.

 satya - semarang
semoga proposal ini menjadi pintu dan jalan bagi akhwat / ikhwan yang sedang berusaha untuk menjalani perintah 4JJI dan sunah rosul-Nya. semoga tertular juga setiap kebaikan dari proposal ini kepada penciptanya. jazakumulloh khorol jaza' jazaan katsiron.

 aya - palembang
aduuhhh......... kapan ya sang belahan jiwa pilihan 4JJI membaca proposal ini dan datanag tuk bersama menyempurnakan 1/2 dien ama ane.......

 aya - palembang
aduuhhh......... kapan ya sang belahan jiwa pilihan 4JJI membaca proposal ini dan datanag tuk bersama menyempurnakan 1/2 dien ama ane.......

 Jaim - Jakarta
Nikah lah sebelum kawin

 fadhila - Bandung
Subhanallah...moga tulisan ini menjadi inspirasi bagi temen2 yang ingin mengamalkan Sunnah-Nya

 sahrudin - samarinda, kalimantan timur
sebentar lagi, dalam hitungan minggu, saya akan melangsungkan pernikahan. mohon doa restu, mudah2an segala kepusingan yang amat sangat menjelang hari "h", dapat saya atasi dengan baik.

 akhimotion - Jakarta
Mohon doa nya...saya sedang proses ta'aruf dengan seorang akhwat. Semoga diberi kelancaran, keberkahan, dan segera menikah

 Hendra-Pekanbaru - Pekanbaru
Subhanallah, semoga Allah segera mempertemukan ana dengan dambaan jiwa.....

 Heartless Arch Angel - Jogja-Jakarta PP
mudah-mudahan taun ini, jadi nikah deh....doain yaah...

 eskaku - semarang demak
keren, kapan yah ngajuinnya, ortu dah nunggu kali dan ......... juga, tapi sapa yah????????????.

 fleo - BDG
Subhanallah...ketika niat sudah mantap tertanam dalam hati, jangan takut untuk terus melangkah maju...Innallaha ma'ana

 RULLYS - surabaya
weeeesss.....lha ini yang namanya solusi yang mantab!klo liat yang skrng lg in di teman-teman di sekeliling kita(yang ngaku pejantan tangguh)cuman berani ngajak pacaran eeee...setelah bosen....klo ngaku pejantan tangguh ayo islam telah memberikan solusi yang sangat tepat ya menikah!insya allah

 remuk - mana coba
terbukti wes duwe anak piro we ndul

 zam guchie - Takengon
aku bertanya-tanya bagaimana cara mengajukan proposal ini kepada istriku, supaya bisa dengan ikhlas menerima istriku yang ketiga. karena selama ini aku tidak pakai proposal, kalau pakai kayaknya asyiiiiiiiiiiik nih lebih islami gitu lho

 zam guchie - Takengon
aku bertanya-tanya bagaimana cara mengajukan proposal ini kepada istriku, supaya bisa dengan ikhlas menerima istriku yang ketiga. karena selama ini aku tidak pakai proposal, kalau pakai kayaknya asyiiiiiiiiiiik nih lebih islami gitu lho

 NayLa - KLT
JazakiLLah yach.., byk bantu jg nie proposaL..
Ortu jadi berbaLik arah 360derajat:)
So.. Do'ain proses Ane Lancar yach :) Amien..
Bwat Mba'2 diatas yg bLm siap krn aLasan faktor kesiapan itu saLah.. Krn kesiapan hanya bisa Qtha temukan saat sdh menjaLaninya :)
So.. Jangan ditunda2 Lg yach....

 kiki-ku - bogor
inspiring....tapi kapan ya da yang ngasih proposal ke ane?, dari kemaren proposal kegiatan terus.......semangat!!!!

 ketan - Djokja
mau............. tapi ikhwannya mana ya???
kira-kira kalo ane ikutijejak ini bakal di ACC gak y?

 icha - jogjakarta
subhanallah, kerinduan itu selalu dan selalu ada.....

 hikmah - bandung
proposal ini sangat membantu saya untuk menyampaikan kesiapan nikah kepada kedua orang tuaku. syukron jazakallah....

 Anak Olahraga - Jogja
Alhamdulillah.. ane bisa segera dilancarkan berkat proposal ini dan menambah kemantapan 'tuk segera menggapai dengan cinta-Nya. Jazakallah...

 adi nugroho - jepang
wah ?mantap banget nih?besok klu dah pulang pasti aku coba,tp blm punya kendaraannya tu?

 ridho' - Pontianak
Assalamualaikum! Afwan, kayaknya ane jadi pengen ngak menunda ikah deh, kalo udah tamat kuliah nanti ato mungkin kalo masih kuliah! Insya Allah bisa dengan begitu menjaga syahwat.
Lengkap banget ya proposalnya & gak ketinggalan tentang hal yang terjadi di masyarakat kita juga.

 Faridah - Depok
Wah Keren bgt nih artikel bikin saya berpikir lagi untuk memantapkan hati untuk melangkah ke pernikahan dan semoga Allah meridhoi .... Amin

 teguh - Unpad Jatinangor
Subhanallah..Ikhwah Fillah.Allah SWT memang betul2 maha adil dan sebaik-baik pemilik rencana bagi hamba-hambanya yang ikhlas menolong agama-Nya.I-4WI ana siap menikah...

 teguh-jatinangor - Unpad Jatinangor
Ikhwah fillah rahimahullah..yakinlah akan setiap kebaikan yang ALLAh berikan kepada kita, ALLAh maha tau yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya..jika kita adalah orang yang tertarbiyah maka, Untuk masalah jodoh serahkanlah kepada Allah SWT melalui jalur murobbi/murobbiah. Allah telah menentukan jodoh/calon pendamping untuk kita dan dakwah selanjutnya. Jazakumullah khoir ya atas inspirasi proposal ini.

 zahra alatas - tg. balai karimun
Assalamu alaikum.....Jadi kepengen banget.........memang sudah ada rencana a' .....tapi ada juga yang ganjel di hati......di hati abah agak sedkit kurang berkenan walaupun sudah di setujui, karena saya syarifah dan si dia bukan dari golongan habaib.........ada saran buat saya a'.....????????? atau juga mungkin dari yang lain........Wassalamu alaikum

 sigit - palembang
DOAKAN ANE YA ...... INSYA ALLAH
12 DESEMBER 2007 GOOOOOO!

 kirana - jakarta
jadi pengin segeran menggenapkna dien, siapa yah ikhwan terpingit itu..??????

 sanyqutb - cibubur
wah.h jadi ngiri nich
ama yg dah menjalankan separuH diennya
.................
jadi ngiri n kepengen banget kapan ya?

 abu jihad - Palembang Darussalam
ya...........Aemoga emak dan babe ana langsung sepakat dengan tawaran proposal dari ana, doain ya......!

 azizty - yogya
hmm, bismillah!

 aiseren - Jkt
Akhirnya mantap juga nih ngikutin jejak Aa..Mudah2an 4 bulan bukan waktu yang lama tuk menunggu :-)

 eva - Bogor
Subhanallah...
semoga kita semua mendapatkan keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah
Amin...

 zuka - malang
subhanallah...nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kau dustakan? buruan !!

 riko - medan
saya berharap mendapat istri sholeha

 chi-chi - makassar
wah...wah proposalnya keren euy....
kapan ya ane juga menggenapkan sebagian dien, for teman2 doain ya... tapi kira2 siapa ikhwannya????
wallahu a'lam deh!

 joni - jawa tengah
subhanallah saya jd rindu dengan bidadari surga yang turun k dunia,alias wanita sholekhah....UKhti apakah u mau menerima khitbahku.....Anisa.....

 nahar - Dumai
subhanallah semoga setelah ana lihat proposal ini ana ketemujodoh

 dani m - srby
Betapa indah klo proposal tu jadi kenyataan"

 adil sejahtera - barru_sulsel
dimana dicari ukhti sejati...yang siap dijadika calon bidadari...darinya diharap lahir kader sejati...adakah mertua yang baik hati..sudi menerima calon mantu begini....yups, buat mujahid/ah, kutunggu......ta'arufnya

 aisyah - bandung
alhamdulillah ana nuka proposal ini jadi bersemangat...tapi deg-degan oge...ana doakan semoga ikhwahfillah semua yang buka proposal ini dapat dimudahkan mendapat izin dari orang2 terdekat qt

 aisyah - bandung
ana tunggu khitbahmu....he...he...

 tin-tin - west celebes
ada akhwat yang siap dikirimin proposal????

 sugoibara - jakarta
om...mba...saya mahasiswa iain,saya sedang membuat skripsi tentang nikah sambil kuliah. tlng kirimin pendahuluan tentang nikah.
thank's

 amir abdurrohman - posongan - comal - pemalang
semoga 2tahun cepat berlalu...

dan akupun akan langsung menikah

syukron akh..atas proposalnya..hehehe

akan langsung sy ajukan ke mertua,,,semoga di ACC

jazakallah

 yudi - bandung
subhanallah. semoga allah menunjukkAN jalan untuk menggapai ridho-Nya dalam membentuk keluarga yang sakina,mawaddah dan warohma

 akb - jakarta
wah proposalnya manteb, tp sayang kurang mempan euy :-p

 badrun - solo
mantep ui....pengen cepatt cari ahwat.....

 danang-karanganyar-solo - Karanganyar
subhanallah bagus banget......proposalnya ........jadi pengen cepet2 nikah juga......hehehe2....ya mdh2n jodohku cepet2 bertemu denganku .....sukses bwt semuanya yang punya keinginan untuk segera menikah semoga Alloh melapangkan jalan bagi kita.Amin

 heni - purworejo-semarang
Alhamdulillah proposal lamaran dah diterima.
Insya Allah Juni 2008 saya menikah dengannya.
Mohon doa semoga semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan kehendakNya.....Semoga kami bisa menjadi keluarga yang selalu mendapat ridlo dariNya... Amien.

 eastman - medan
asw. saudaraku, doakanlah agar saya bisa mencapai visi saya terdekat ini untuk ................paling tidak ...............lagi
asw

 amanda - Jakarta
Sepertinya saya masih lama, dan hanya bisa menunggu...

 usni - jkt
permisi...
ini tanya nih..
saya dah pingin nikah..
akan tetapi ibu minta nunggu dulu karena ada kakak saya belum nikah..
y jdi masalah..
saya mesti gmn???
nurutin ortu kan ibadah juga,,, kalo nolak takut durhaka
nikah juga ibadah kan??
cuma ortu juga ga ngasih batas ampe kapan menunggu...
saya jadi bigung.. mohon bantuannya ya?
terim kasih

 boby - surabaja
mau dunk cepet2 nikah.....

 dj_hanzt (Math UNJ 2006) - jakarta
jadi pengen nikah cepet neehhh...
Tapi koq ama ortu aja musti pake proposal segala?
Mbok ya ngomong secara jantan aja.
Gitu aja koq repot

 budi - bandung
Sunhanallah yach...
jazakumullah buat proposalnya...Insya Allah sedang ta'aruf dengan akhwatnya...
Doakan bulan Mei 20008, Insya Allah walimatul ursy-nya!!!

 zaen - surabaya
akhi,ane tertarik sekali ma proposl nikahx,mhn ijin ya tuk mengcopyx mdh2n bermanfaat buat saudarax kita yb laen...jazakallah

 ayat hidayat - malang
yang mau nikah cepetan nikah

 kuun - samarinda
minta didoa'in ya.. smoga segera ketemu pilihan dari 4JJI. amiin..

 abukholiq62 - veteran62
assalamualaikum ana bermanhad salafi tapi ana ingin punya istri ahwat,ana udah siap menikah apa ada ya ahwat yang mau sama ana?

 Abunonem - Makassar
Ana seorang wiraswasta bermaksud ingin menikah lagi, Alhamdulillah ,Allah memberikan karunianya sehingga usaha yang ana tekuni bertambah besar sehingga niatan itu timbul agar nantinya Istri ana nantinya bisa mengurus usaha Ana , jika ada yang berniat bisa email ke Abunonem@gmail.com , syukran

 ayat hidayat - malang
semoga Alloh selalu memberi kita petunjuknya agr kita bisa melaksanakan segala yang telah di perintahkan oleh Nya.salah satunya menikah

 izzah - padang
subhanallah, proposal ini kan ana bagi buat ikhwah dan akhwat yang memerlukannya...

 redifa - kaltim
wah besok saya akan buat proposalnya deh

 Taufeq - Bengkulu
Subhanallah........, muanteb banget..., minta Do'anya agar segera di ketemukan jodoh oleh Allah, amiin

 lola - padang
setelah membaca ini ana sangat termotivasi untuk menikah doin ya..........dapat jodoh yag diridoi Allah Amin

 ukhty - palembang
subhanallah...waduh..jadi kepingin menyegerakan nih..he..he.. Duh..ana tunggu khitbahnya...he..he..

 wind - ternate
subhanallah walhamdullilah
ya Allah mudahkanlah jalanku menuju pernikahaan yang berkah
semangat-semangat..target..keren wajib dibaca

 ANONYMOUS - SUKABUMI
JAZAKA/ILLAH CONTOH PROPOSALNYA YA....n_n

 yatna - jakarta
Yaa Allah bagus bngt..aku juga insya Allah akan segera menikah.mudah2an semuanya berjalan lancar Amiin..
menjadi keluarga yang sakinah,mawaddah,warahmah.mohon doa restunya...

 teh dee - tangerang banten
Subhanallah...proposal yang sangat representatif untuk orang2 yang segera melangkah menggenapkan setengah dien menuju ridho ALLAH SWT,amin...ana izin mengcopy ya...syukron jazakalloh/jazakillah...

 Dian Adiguna - Pangkalpinang-Bangka Belitung
Alhamdulillah..ana memang nyari proposal ini..syukron jazakallah ya...moga sahabat sekalian mendapat jodoh yang saleh/salehah..amien..wass :-)

 SeLina Adw - Cibubur
Subhanallah...!! Bagus bgtz..
Mau...mau...menikah krn-Mu Ya Allah..
MudaHkanLah jika ia adL untukqu..& krn-Mu qta bertemu..

 Eka - Depok
Hi..hi.. Ok juga proposalnya. Mudah2an aku bisa dipertemukan sama Sutradara kehidupan-Allah- laki2 yang baik bagi dien, orang tua dan kehidupanku di dunia dan akhirat, Amin....

 Shabrina - Semarang
Hmm...udah pengen dan butuh banget nih untuk menyempurnakan setengah dien, tapi...belum ada yg dateng, gimana dunk...??? Proposal sih udah buat, tapi kok belum ada "panggilan" ya?! Yeah...biarkan "saat itu" indah pada waktunya.

 RomicO Iswandy - jakarta
ane bukan mau berkomentar, tapi ane meminta saran kepada saudara ku sekalian sesama muslim.
ane mencintai seorang ukhti ane ingin sekali menikahinya.. tp ane skrg kuliah di sekolah yang gak boleh nikah sebelum selesai....apa yang mesti ane lakukan ...

 Amir_Bandung - Bandung
Subhanallah...Suatu Rahmat dan Anugerah,,ketika bisa menyempurnakan ibadah kepada Nya....
Kepada akhi Romico Iswandy_Jakarta ..
Menurut ane, lebih baik antumperbanyak shaum saja, dan selalu menjaga diri..dan Mintalah petunjuk keda Allah..
Atau antum Khitbah dulu akhwat nya, kan kalau khitb ah itu tidak menggunakan surat dari DEPAG, cuma secara kekeluargaan saja...
Semoga bermanfaat...

 Raden - Jakarta timur
Afwan ane skrg kerja didunia pemerintahan yang amat banyak doktrin nasinalis intinya Dunia Keamana. Jadi ane sekarang mau walimah but perlu pendamping yang mendukung karie, kerjaan n dakwah ane if anybody can help please send to my email.

 Ridwan Siregar - jakarta
subahanaloh saya semakin semangat untuk cepat nikah

 tri - depok
ana akhwat sedang mencari suami yang sholeh
yach pokoknya yg serius lah
yg sudah mantap yg tidak main2 lagi ana udah capek

 vanie - bogor
mau tanya, memangnya kita boleh menikahi ikhwan/akhwat yang kita suka, kan harus lewat murabbi. kumaha tah?

 vachmee - jogja
semoga bisa menyusul....... doakan aja ya...!!!

 khuzaimah - purwokerto
waaaah Subhanalloh...semoga na bisa menjaga hati ni...agar kebarokahan pun tetap terjaga hingga saatnya...nanti Alloh mengizinkankku tuk menggenapkan separuh dien ini....aminnn, buat ikhwah fillah yang sedang merindukan indahnya pernikahan(kayak na...)....semoga tetap diberi kekuatan sama Alloh tuk terus bisa lebih baik...Amiiiin

 yoga - cijantung
makkkkkkkk......nikah.....

 rheee - jakarta
subhanallah.......moga dengan contoh proposal ini semua pertanyyaan yang ada dalam diri saya terjawab.....

 miftahul ma'arif - jombang
ayo temen2 aksis smu14 ,balapan nikah yuck
aktivis 2006

 KHOIRUNNISA - BUMI RAFLESIA BENGKULU
SUBHANALLAH..... MAKASIH TULISANNYA, BISA JADI BAHAN INSPIRASI BUAT ANA UNTUK MELANGKAH.... ARTIKELNYA DI COPI YAH, COZ BAGUS SIH. TERIMAKASIH...

 Ridho - Medan
thanks ya bro..........
ini proposal akan ane beri ma abang ane. soal-a dia mo ta'arufan. doain ya biar berhasil......habis ditolak terus.............

 apip - depok-tasik
doain ane ya...mau ngajuin nih. mdh2an d acc. punya contoh proposal yang tidak terlalu resmi kaya gini tak? syukron

 Za - haurgeulis
Salamu'alaikum,,mw tanya:guyu: KLo akhwat pake proposal macam ini ga yah....hehehe..

 adalat`ade - pandeglang
subhanawllah proposal nikahnya keren abis mau dong

 rachmat setiadi - bandung
alhamdulillah dapet bacaan ini , memantapkan saya untuk menikah. doakan saya agar dapat meraih pernikahan ruhani.
amien.

 HUSNAYAIN SYAHIDAH - LUBUKLINGGAU
Dengan Kondisi Ortu dan kedudukan ane sebagai anak pertama dari 7 bersaudara, adakah ikhwan yang siap lahir bathin akan pernikahan

 Muhammad Andy - Makassar
Untuk Pipit, semoga Allah SWT menyatukan hati kita dan meridhoai hubungan kita untuk melengkapi agama kita. amin
Mohon doanya dari teman-teman semua. aminn......

 yuawana - jakata
Mohon Do'a restunya buat saya semoga lancar tanpa ada halangan dari mana pun " Amiiiin'

 yazid al bantani - purwokerto
subhanalloh, ni jadi refrensi yang sangat berharga buat saya. saya mohon pendapatnya, sekarang saya pengen nikah.kita sudah saling mencintai, tp masalah materi mengganjal kita berdua, saat ni sy msh kuliah, dy juga msh kuliah. orangtua jg menjadi halangan yang cukup berarti. mohon solusinya.syukron jazakalloh

 ratu - jakarta
makasih atas informasi2 tentang pernikahan.
tapi daftar harga nikah ko ga bisa dibuka yach.

 fHeBie_Cute - samarinda
assalamu'alaikum ikhwah yg d rahmati Allah...
subhanallah,,proposalx kyax baxk ngasih faedah neh bwt temen2 qta...mg semuax mudah jodoh ya...amin...
tp ttp pd intix ta'aruf yg bener it yg kaya' gmn,,biar kate pake proposal sejibun dan seapik mungkin kalo kurang bisa memanage diri dari zina hati,,ya sama jg boong kan?
mg aja ikhwaH SEMUAX termasuk hamba Allah yg bs menempatkan kadar cinta anta Rabb dan mahluk-Nya wabil khusus pada tempatx,amin...

 ukhti conny - malang
subhanalloh bagus banget

nunggu ada yang ngasih ajah,hehehehe

 hero - surabaya
sudah waktunya proposal ini di propose.

 Fitri - Bogor
Subhanallah membaca tulisan diatas, untuk saya yang mungkin menurut pemikiran orang lain sudah "terlambat" karena umur sudah kepala 3, seakan mimpi bila memang pernikahan yang indah akan saya alami, saya cuma mampu berdoa dalam hati untuk diberikan yang terbaik dari Allah S.W.T, bila tidak ada berjodoh didunia karena kesalahan saya, semoga Allah memberi jodoh di akhirat nanti...
namun saya berharap Allah akan memberikan jodoh untuk menjadi pendamping didunia dan akhirat... amieen..amieen..

 abi - kuliah
aq setuju...
bagus proposalnya..untuk yang mo nikah..
he..hee

 nisa - semarang
SUBHANALLAH...... artikel yang dapat memberiku semangat untuk menikah.... arikel yang menggetarkan hatiku...INSYA ALLAH setelah membaca artikel ini .. semoga selalu melekat dan mendasari pernikahan kita.... Amin

 Reyntho - palu
saya pertama susah bgt nyari skripsi untuk tugas d kmpz tp

 Yadi - Tangerang
Benar-benar luar biasa, sayang hatiku masih ragu. Gmn ya..?

 Ahmad Priadi - Jakarta
Hanya Allah yang tahu ketentuan 3 hal rizki, jodoh & mati kita sebagai manusia terkadang takut menghadapinya

 Afif azZam -8- - magelang regency
Syukron tlah nampilin cnth propocal..
Kayaknya lebih bagus apabila ada versi lain yang agak beda, lebih sederhana tapi mengena=)
<< slamat membangun rumah tangga yang Islami >>

 fadholi - Rembang
alhamdulillah ALLAH telah memberiku semangat untuk segera menikah,supaya tidak terjerumun kedalam jurang kemaksiyatan dan perjinaan.

 RoNie - Jakarta
Emaaaak....Kawiiiiiiiiiiiiiin
Hahahahahaha

 rinty - Padang
maksih yaaa... tau g' proposal nya langsung minta ACC lho...:)

 zaf - Medan
akhirnya dapet juga proposalnya.

semoga bermanfaat.

terima kasih yah....

 dar - balikpapan
bagus..bagus..ane pernah dapet imel proposal persis kayak i ni dari temen, eh ternyata dianya kopi paste dari sini..
jadi menyadarkan ane nih utk segera menikah. Insya Allah masyitah sudah ada, tapi...aisyahnya nih yang blm ada ..hehe
siapa ya?...:)

 ridwan - dpok
jika waktunya telah tiba akan ku utarakan isi hati ini tunggu lah ok!!!!!!!!!!!

 arie - pdg
assalammualaikum.mksh utk infonya. saya baru tau kl proposal nkh tu spt ni, walaupun saya sudah sering membaca artikel ttg pernikahan. bagi anda yang membaca artikel ini, mg mendpt istri/suami yang shalih, amin.

 Hari - surabaya
mantap proposalnya,gak tahu kalau ada proposal yang jadi rujukan temen-temen, ana susah2 buat tapi alhamdulillah goal dan siap2 mau nikah. minta do'a pada temen2 yang lain semoga pernikahan ana barokah

 tutut - Kalintan
Subehannallah bgt.... aku jg sudah berniat sama, namun aku takut orgtuaku tdk akan menyetujui proposal ini....doakan aku ya biar bisa menikah.....amin...

 yuswan fardiansyah - malang
syukron !
seperti keinginan yang harus disiapkan matang2
seperti kesabaran yang didasarkan rasa tawakal
dan penantian yang pasti akan ada jawabanya
pada detik yang tepat

 Diah - Bandar Lampung
assalammualaikum..terima kasih atas informasinya yaa..mudah-mudahan orangtuaku dibukakan pintu hatinya, sehingga insyaallah mereka mengizinkan aku menikah dengan pemuda pilihanku...amin..
wassalammualaikum

 yani. - jogja
alangkah indahnya apabila itu semua dapat terlaksana dengan sepenuh hati....tapi realitanya banyak orang yang meliat segala sesuatu dari bungkusnya,,,yang lebih menarik itu lebuh baik,,.entah hanya karena ingin mendapat yang baik ato melaksanakan ajaran yang telah ada...tapi itu semua kembali pada tiap individu yang menilai.terimakasih.

 ade - sleman
assalamu'alaikum..
baru masuk,, copy ya..
jzk

 wtk - balikpapan
Alhamdulilah, ada refensi yg bagus, difilter ah, diambil yg terbaiknya, syukron to the author.

 angga - wonosari
bidadariku, mas punya poposal nich, wah langsung di ajuin aja tuch, moga Allah meridhoi, Amin

 zi - cirebon
woy.....
klo yang kaya ginian ja banyak banget yang koment....

 ahmad - pingin menikah
BISMILLAH, siapa pun ahwat dan dari mana pun dia dan dari kalangan apapu dia tapi dia bermanhaj salafi(ahlisunnah waljamaah) yang mengikuti kitabulloh dan alhadis maka akan ana terimana! anak punya pengusa dan umr ana baru 20 tahun ini alamat fs abukholid_veteran@yahoo.com sikan ke alamat ini apa bila ada ahwat yang telah siap menikah

 f3 - pekanbaru
subhanallah kajiannya bagus bgt.kapan ya Alloh mempertemukan f3 dgn teman sejati

 zhifa - jakarta
aku dah siap untuk nikah tapi gimana aku ma calon aku belum cukup dana.

 zonapikir - Banjarmasin
Pernikahan adalah gerbang menuju keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah, sehinngga untuk mewujudkan hal tersebut harus tahu ilmunya terlebih dahulu, dan jalan menuju pernikahan pun harus dengan jalan yg diriodhoi Allah Swt, bukan dengan jalan yang sering dilakukan oleh anakmuda/ orang yg mengaku dewasa sekarang yaitu dengan berpacaran. Trimakasih artikelnya..

 mas mat - bengkulu
aslm, jurus jitu ngadapin ortu ya............, gak usah pkai proposal dong kalu emang dah ngebet ya lgsung aj kaley..................................he..e.. tpi gak salah jga kalau dicoba.mkin antum wa antuna gak pada deket ma ortu.

 shifa syafarany - Baturaja
Asslm...subhnallah, ternyata Alloh sangat menyayangi umatNya..tapi, mengapa benyakan ikhwan masih ragu untuk memutuskan menikah, padahal kalau dilihat dari segi pekerjaan dan usia dia sudah mampu. well, kenapa harus ragu? bukankah Alloh telah menegaskan "jika engkau tidak mampu, maka Alloh akan memampuanmu".
sebenarnya ketika kita memutuskan untuk menikah 7 pintu rezeki telah dibukakan untuk kita, so nikah dini? kenapa nggak! hehe....^

 marwantoni - tg.balai karimun
menjauhi diri dari perbuatan zina..................
evton teluk - uma karimun red.

 anton - semarang
mau nikah sih boleh aja asal jangan poligami, selain melanggar janji setia juga dah pasti gak adil, istri lebih dari satu kok adil, gimana jika sebaliknya suami lebih dari satu ? ajaran poli gami tuh sesaat !

 dian amalia - malang
nikah itu asyik juga ya?hehehehehe
doain aq cepet nyusul ya teman2

 keliek - yogyakarta
buat yg mw married di jogja..visit ke www.tembi.net atawa www.tembi.org...
konsep culture natural,venuenya ok jadi satu ama museum jawa,resort dgn view persawahan,,,en g ngira harganya sangat terjangkau...
for example utk paket YUDHONEGARAN II dgn Rp.18jt'an udah dapat:
-pendopo yudhonegaran+seperangkat gamelan
-pelaminan+dekorasi manten
_Sound sysytem,
_400 kursi
_dinner/launch dng menu pilihan+gubuk makan,untuk 400 pack
_Tenda VIP,Ruang rias,MC(jawa,indonesia,internasional),
_meja penerima tamu
_flower arrangement dll.kita jg bs melayani foto/video pre wedding,
utk keterangan bs email saya ke kkyulianto@yahoo.com atau ke www.tembi.net
atau telp ke 0274 368000 atau ke 08157918439 up:kelik

atau mau paket Yudhonegaran I denga Rp.22jt'an udah dapet:
-pendopo yudhonegaran+seperangkat gamelan
-pelaminan+dekorasi manten
_Sound sysytem,
_300 kursi biasa
_100 kursi VIP
_antar jemput mempelai dengan limo/mercy
_Menginap di Honeymooner's resort kami
_meja penerima tamu
_video shooting+transfer DVD
_Souvenir
_Entertainment Solo electone+1 singer
_snack utk Panitia 20box
_antar jemput keluarga pp(1mobil)
_dinner/launch dng menu pilihan+gubuk makan,untuk 400 pack
_Tenda VIP,Ruang rias,MC(jawa,indonesia,internasional),
_flower arrangement

semua fasilitas berstandart resort
utk keterangan bs email saya ke kkyulianto@yahoo.com atau ke www.tembi.net
atau telp ke 0274 368000

 al-hug0'S - bumi jihad
subhanallah bagus aa' sampe ad yg masang iklan segala hehe...
semoga barokah tulisannya

 an akhowat - calon anak UI..
Subhanallah... banyak ya yang komentar...
jadi mau ikut komen... ^^
insya Allah ana satu setengah tahun lagi, di usia 19...
insya Allah... aamiin... Allahumma aamiin...
Saat ini sudah mulai sosialisasi sama ortu (baru ibu sih...), sudah menyatakan rencana juga ke Abang, sudah ditawarkan seorang ikhwan juga...
Mohon do'anya ya! SST...SST... SST...
Satu Setengah Tahun lagi... >_< insya Allah... aamiin...

 abdul - Kelana
Aku pengen nikah........................

 bowo - solo
secara lahiriah aku dah siap nikah, tapi masih bingung!!!
coz belum ketemu akhwat yang mo di nikahi he..........

 hanif - surabaya
saya juga jadi pingin nikah nih!!

 muh ismail - klaten
siiip...tetanggaku jd ustadz.salute buat proposal nikah.

 Mita - banjarmasin
Syukran...,
artikelnya bagus bgt !! Na jd ada modal nich bwt nikah di taon ini. ^_^

 nia - lampung
good deh, tapi ada yang buat mertua ga ( maksud nya spy d AAC mertua gichuu

 hanifah - jogja
sy mohon bantuany dlm bntuk meteri dan non materi unt segera menikah, krn saat ni sy sedang kesulitan unt biaya menikah. jazakallah khairan katsiran. ni no sy 081804367370

 UKH.LIDIYA - NGABANG, KALBAR
Mo nanya nih, sebenernya proposalnya dikasi kan ama siapa sih....?

 UKH.LIDIYA - NGABANG, KALBAR
Mo nanya nih, sebenernya proposalnya dikasi kan ama siapa sih....?

 UKH,SKW - singkawang,KALBAR
Subhanallah, bgs bnget ya artikelnya, mo nanya nih...gmina cranya klo qta mo jodohin (temen,kakak) yg belum punya calon.jazakillah ats jwbannya.blz di email ya......

 aditri - ponorogo
alhmdlh ijin copy paste ya....proposalnya jadi punya ide nih...

 luthfi - semarang
saya memiliki calon seorang wanita non muslim yang sangat2 ingin mempelajari agama islam lebih dalam dan mnjadi seorang muslimah (almarhum ayahnya seorang muslim). ttp kedua orang tua saya melarang hubungan kami. mohon saran dan pendapat rekan2 sekalian ke imel saya di luthfiaffandi@gmail.com. atas sumbang sarannya saya ucapkan jazakumullah khairan katsiira

 ahmad - cari istri sholeha
BISMILLAH, ana ihwan salafi,ahlisunnah waljamaah, ustaz ana abdulmu'ti almaidani. ana ngaji di alhasanah dan di MPR yogyakarta ana mencari ahwat yang semanhad jadi kalau ada tolong dong di wasilahin no hp ana 081915555783

 asmiratul jannah - medan
Subhan Allah.... bagus bgt tu... di mantapkan dulu niatnya...

 ana - kuningan
subhanawloh bgus banget

 topi_miring - jkt
ma pa kebelet beol...eh ga ada hubungannya ye.. ? heheheh

 Viron - dd
nikah itu enak ...... pas malam pertama aja yang enak >....HEhehe ^^^

 sitti - jatim
nikalah kepada oang yan belum mempunyai istri atau suami biar kalian tidak kualat, dan jangan menyakiti sesama karena dosa besar karena istri/suami siapa yang relah kalau kalian nikah sama suami /istri yang dah punya pasangan ,apalagi anda seorang pendidik dan ilmu yang tinggi tapi kok otaknya di dengkul mau enaknya sendiri mau2nya menyakiti hati sesama smoga hukum karma masih berlaku saya doakan. dan Allah tidak buta masalah ini

 abdikarya - comal
Yaa Allah di bulan Ranadhan ini 1430 H hamba memohon untuk diberikan kekuatan, kemampuan, di mudahkan, disgerakan, dan disampaikan kepada pernikahan, untuk bisa menikahinya (dia yang kusebut dalam do'a hamba) Kbulkanlah Yaa Allah Yaa Rahman, Yaa Rakhim, Yaa Khakim, Lakhaula wa la kuwwata illa billah.....

 apavsp - Plembang
Wah wah wah, apo dio apo dio apo dio....
Cerdas nian proposalnyo....
Smoga pacak dijadike salah satu sumber pe de ka te, he he he, Insya Allah.... :P

 Nisa - Bandung
Pengen Nikah tapi calonnya gak ada gimana dong?,,,hehehe

 aidin - sumsel
trima kasih da menambah pengetahuan saya tentang nikah.semoga menjadi manfaat buat kita semua

 Ade - Bogor
Wah........... boleh juga nih! Dijamin diterima gak yah?????

 azis - depok
Subhanallah..menambah referensi..dan kemantapan diri..
Insya Allah..Mei 2010..Mohon doanya..

 irwin - jakarta
pengen sih nikah cepat2 tapi biaya pernikahan nya masih kurang gmana dong.....tertunda lgi deh,,,ada yg mau nambahin ngga..ya...ntar gw anggap sodara deh..he..he

 nta - subang, jabar
do'ain yah,,, 11 oktober 2009 mau ada yang dateng...!!!

 yayu - gegerkalong girang bandung
subhanalloh, islam memang agama yang menjungjung kesucian 2 insan

 ary - padang
subhanallah.....hebat,itulah yg sebenernya insya Allah,bagi yg sdh waktunya jgn tunda2 lg deh

 gentong - plembang
manTab.......pRoposal manatab e....

 dawi ramadhan - bandung
pgn dpt istri yg selalu ada dihati ini,nyaman berada disampingnya,dan trdpt ikatan bathin yg kuat...hmm kapaann ktm yg sprti itu.. segerakanlah ya Allah,skrg aku dh siap! gakan nunggu cicilan lunas dulu..hehe
bu olla...minta no hp nya atuwh..

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image



~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah © Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com

Sponsored by : citra-indah.com - citraindahbogor.com - citragranciptra.com Kota Nuansa Alam Timur Cibubur Rumah Idaman Mulai 93 Juta