pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

rumah jonggol
rumah bogor
rumah cibubur
rumah citra gran

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 14528 kali

Jodoh Antara Doa Dan Usaha

laporan : Ifa Aviant

 

tentang-pernikahan.com - Tingginya usia kadang tak selalu dibarengi dengan banyaknya anak atau adanya pendamping hidup di sisi. Banyak orang yang masih wira-wiri sendirian bahkan di usia yang nyaris 'magrib'. Bila dihadapi dengan sabar dan santai, tak jadi masalah, apalagi bila sang lajang juga punya banyak aktivitas positif.

Berbagai alasan diberikan para lajang seputar keterlambatan menikah, paling klasik tentu "belum jodoh". Masih banyak alasan lain yang mewakili pikirkan .tentang sang jodoh. Alasan pertama yang paling banyak diajukan adalah, belum mapan, baik oleh para laki-laki atau para perempuan. Belum mapan di sini tak hanya seputar kemapanan finansial, seperti sudah punya pekerjaan tetap, rumah, mobil, deposito, sampai biaya penyelenggaraan pernikahan yang kian hari memang kian membengkak saja. Kemapanan di sini juga termasuk kemapanan psikologis. Banyak yang masih ingin have fun dulu. Pacaran saja dulu, kata mereka. Alasannya, kalau buru-buru nikah nanti cepat bosan. Atau masih merasa egois, belum dapat berbagi hidup dengan orang lain. Nah, pada saat kita merasa sudah cukup mapan, usia sudah berangkat senja.

Ada juga yang beralasan masih ingin berburu karir dan pendidikan. Masih ingin S3 dulu, atau nanti kalau sudah level manajer baru memikirkan nikah. Setelah itu semua tercapai, bukan ketenangan yang didqpat, malah kegelisahan, karena merasa terlambat menikah. Apa lagi bila ia perempuan.

Sebagian kecil ada juga yang mengemukakan alasan telat nikahnya karena minder. Merasa belum pantas dan tidak punya apa-apa yang bisa dibanggakan. "Ah, saya kan nggak cantik, mana ada orang yang mau sama saya", mungkin itu satu dalilnya. KH. Cholid Fadillah, salah seorang ketua MUI Pusat pernah berkomentar tentang masalah jodoh ini. "Orang yang belum mendapat jodoh bukan berarti Allah tidak menyediakan pasangan baginya. Allah menghargai ikhtiar seseorang. Usia tiga puluh belum menikah itu kasuistis, dan mereka yang mengalaminya perlu pergaulan yang lebih luas lagi. Allah sudah menentukan jodoh tapi manusia harus tetap berusaha dan berdoa. Jika sudah berusaha dan berdoa belum juga dapat, itu mungkin ujian dari Allah. Dan Allah tidak menguji manusia di luar kemampuan manusia itu."

Senada dengan itu, seorang psikolog dan penulis buku-buku best seller tentang pernikahan dan pendidikan anak, Muhammad Fauzil Adhim, berkomentar tentang perlunya masyarakat memahami bahwa Islam tidak melarang perempuan berinisiatif dalam mencari jodoh. "Selama ini kan sikap seperti ini dipandang tabu oleh masyarakat kita. Sebagai manusia kita perlu ikhtiar dan konsisten dengan ikhtiar itu. Misalnya kita berdoa ingin diberikan suami yang baik. Eh datang laki-laki yang baik malah ditolak. Bisa jadi nanti Allah melambatkan jodoh kita. Kalau sudah begini, mohonkanlah ampunan pada Allah," katanya.

Jadi, sebetulnya menikah itu hanya soal waktu, berdoa dan ikhtiar. Rasa gelisah dan cemas yang sering menyerang bisa disiasati dengan banyak hal yang justru membuat kita makin bijak. Walaupun seandainya kita menikah di usia senja, kita tetap membawa kebaikan dan malah tambah bijaksana.

Yang perlu adalah meyakinkan diri bahwa jodoh adalah hak prerogatif Allah tanpa mengurangi usaha kita. Mulailah melihat keberadaan seseorang bukan dari segi fisiknya belaka, tapi lebih pada agamanya. Setiap kali kita menemukan kelemahan yang tidak prinsipil, cobalah untuk memahami bahwa setiap orang pasti .punya kelemahan dan itu bisa diperbaiki. Jangan pula kita bersaing secara tidak sehat demi berburu jodoh. Jodoh tidak didapat, malah putus hubungan pertemanan. Jangan lupa banyak berdoa, zikir, puasa sunnah dan membaca Al Quran, di samping kegiatan yang positif dan bukan kegiatan sia-sia yang menghabiskan uang dan mengandung unsur maksiat. Akan sangat baik pula bila mau mengikuti majelis pengajian, siapa tahu di situ anda bisa dapat ketenangan ilmu, wawasan, teman, dan (mungkin jodoh. Perbanyaklah silaturahmi baik dengan teman-teman maupun keluarga sekali-kali mampirlah ke rumah kenalan dan menolong orang yang kesusahan serta belajar mempersiapkan diri berumahtangga.

Demikian banyak hal yang bisa di lakukan seorang lajang dalam mengisi masa sendirinya. Insya Allah sebelum menikah ataupun sesudah menikah anda tetap bisa jadi orang yang bermanfaat tidak hanya buat diri sendiri tapi juga buat orang lain. Mudah-mudahan dengan ini, Allah melapangkan jalanNya bagi kita dan anda, para lajang.

Sumber : www.amanah.or.id


Komentar-komentar :

 Aa yoga -
makanya ada istilah MENJEMPUT jodoh, bukan MENUNGGU jodoh. emangnya uang bisa jatuh dari langit ? :)

 FREBUMI ARI - SEKAYU
gmana qta tahu kalo itu yang terbaik utk qt?
terjwabnya istikharah seperti apa?

 ida - bandung
saya sholat Istikharah memohon petunjuk untuk hubungan saya dengan pacar yang tidak direstui orang tuanya..pada saat sholat saya benar2 memasrahkan diri..minta diberi petunjuk untuk hati saya kalo dia memang baik untuk saya mohon diberi terang bagi hubungan kami, besoknya saya bermimpi orang tuanya datang ke rumah dengan penuh senyum..bahkan memeluk saya. adakah yang bisa memberi tahu saya bahwa mimpi itu bukanlah hanya bunga tidur karna alam bawah sadar saya mengharapkan hubungan kami direstui? ataukah itu kabar baik dari Allah..?

 indah - medan
saya dengan pacar saya sedang bingung karena hubngan kami tidak di restui ortu saya. padahal kami punya rencana menikah tahun depan. alasan ortu saya karena pekerjaan nya hanya sebagai marketing.

 dyan - Sekayu
Saya bingung dengan hubungan tanpa status. Dia hanya menginginkan diriQ, hanya d saat dy butuh dan perlu.
daSAr parA Leleki aNeh

 asti - jakarta
Saya skarang lagi bimbang sama co saya. Saya udah jalin hubungan dengannya slama 4 bulan . Tapi sekarang dia minta saya lupain dia. Dia bilang cari aja pasangan yang sederajat sama saya. Dia begitu karena merasa minder dia belum kerja padahal saya gak keberatan. Teman-teman mohon doanya supaya kami bisa langgeng.

 arin - jokja
banyak orang yg terkadang merasa bahwa dia tdk mgkn mendapat jodoh yg baik,cnthny saja ,jika ingin seorang pria dg tipe yg gini ato gitu kembali ke kita...apa bisa dpt yg kyak gt,smtr qt ndiri jg gag cantk amat,otak pas2an,kaya jg gag,akibatny mereka menerima sp saja pria yg mendekat tnp mlht apakh dia baik unt jd imam bg kelwrga yg akn dbngunx..saya pun juga pernah minder spt itu.tp saya kembalikan,saya memang pny kekurangan yg saya merasa gag akan ada satu pria pun yg bakal maw menerima kekurangan saya.tapi saya memiliki keyakinan bahwa saya hanya butuh seorang pria yg sholeh..dimana dia menikahi saya karena agama saya,dan saya tahu pria yg baik agamany akan memperlakukan saya dg baik jg.karna yg kita bthkn adalh teman menuju akhirat,teman unt sling memperkuat iman.dan saya sadar ,bahwa seorang pria yang baik itu hny unt wanita yg baik pula.kini saya jd termotivasi unt mnjd wanita yg di idamkn PRIA SHOLEH.semoga...saya berhasil dg misi saya....jazakumulllah

 3nd4ng - pasuruan
saat ini mungkin sedih yang kurasa,usaha2 dan do`a da aku jalani tapi jodoh tak kunjung datang.s`mg aku sabar dan istiqomah dalam menjemput jodoh

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Stop !!! Gaul Bebas

 Di Balik Tabir Pernikahan

 Biaya Pernikahan

 Nak, Kapan Kau Menikah?

 Persiapan Muslimah Menjelang Pernikahan

 Resep Menikah - Kue Perkawinan

 Ada Apa Dibalik Pernikahan????

 Menikah Ala Islam, Mudah, Murah Dan Berkah!

 Ada Jomblo Di Tengah Kita

 Hanya Kau Yang Bisa....,,,,,,,,,,!!!!!

 Pengharapan

 Do'a Untuk Kekasihku

 Menikah Bukan Dengan Angan-angan

 Maafkan Saya Adam...

 Nikah Versus Maisyah

 Ta'aruf Unik

 Pelajaran Tentang Mahar (mas Kawin) Dari Seorang Mu'alaf

 Terus Terang Saja, Cintaku Belum Pernah Ditolak

 Perbedaan Ta'aruf Dan Pacaran

 Saat Pacaran, Berapa Kali Ketemunya?

 Bila Cinta Harus Memilih

 Gadis Pujaan

 Sex In The Tipi

 Biru Untuk Langit, Hitam Untuk Malam

 Kuch Kuch Hota Hai

 Takdir

 Saat Kuingat...

 Surti-tedjo

 Titanic

 Nikah; Separoh Dari Agama




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com