pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

rumah jonggol
rumah bogor
rumah cibubur
rumah citra gran

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 14983 kali

Risalah Nikah

Karya : Milis Muslim-its

 

tentang-pernikahan.com - Istri yang paling baik adalah yang membahagiakanmu, saat kamu memandangnya, yang mematuhimu kala kamu menyuruhnya, dan memelihara kehormatan dirinya dan dirimu bila kamu tidak ada disisinya. Setelah Rasulullah SAW meninggal dunia, ada beberapa orang sahabat menemui Aisyah memintanya agar menceritakan perilaku Rasulullah. Aisyah sesaat tidak menjawab permintaan itu. Air matanya berderai, kemudian dengan nafas panjang ia berkata: ?Kaana Kullu Amrihi Ajaba? [Aah?semua perilakunya indah].

Allah berfirman:
?Diantara tanda-tanda keangungan Allah, ialah Dia ciptakan bagimu, dari jenis-jenismu sendiri, pasangan-pasangannya. Supaya kamu hidup tentram bersamanya, dan Allah jadikan bagimu cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya dalam hal itu ada tanda-tanda bagi orang-orang yang mau berfikir?. [QS 30 : 21]

Ayat ini ditempatkan Allah pada rangkaian ayat tentang tanda-tanda kebesaran Allah di alam semesta. Tentang tegaknya langit, terhamparnya bumi, gemuruh halilintar dann keajaiban penciptaan manusia. Dengan ayat ini Dia ingin mengajarkan kepada kita betapa Dia dengan sengaja menciptakan kekasih yang menjadi pasangan hidup manusia yang bersedia berdiri dengan setia disamping kita, yang mau mendengar bukan saja kata-kata yang diucapkan, melainkan juga jeritan hati yang tidak terungkapkan, yang mau menerima perasaan tanpa pura-pura, prasangka dan pamrih, yang mampu meniupkan kedamaian, mengobati luka, menopang tubuh lemah dan memperkuat hati.

Allah menetapkan suatu ikatan suci, yaitu Akad Nikah, agar hubungan antara pecinta dan kekasihnya itu menyuburkan ketentraman, cinta dan kasih sayang. Dengan dua kalimat yang sederhana ?Ijab dan Qabul? terjadilah perubahan besar: yang haram menjadi halal, yang maksiat menjadi ibadat, kekejian menjadi kesucian, dan kebebasan menjadi tanggung jawab. Maka nafsu pun berubah menjadi cinta dan kasih sayang. Begitu besarnya perubahan ini sehingga Al Qur?an menyebut Akad Nikah sebagai Mitsaqon Ghalidon [perjanjian yang berat]. Hanya 3 kali kata ini disebut dalam Al Qur?an. Pertama, ketika Allah membuat perjanjian dengan Nabi dan Rasul Ulul ?Azmi [QS 33 : 7]. Kedua, ketika Allah mengangkat bukit Tsur diatas kepala Bani Israil dan menyuruh mereka bersumpah setia di hadapan Allah [QS 4 : 154]. Dan Ketiga, ketika Allah menyatakan hubungan pernikahan [QS 4 : 21].

Peristiwa Akad Nikah bukanlah peristiwa kecil di hadapan Allah. Akad Nikah tidak saja disaksikan oleh kedua orang tuanya, saudara dan sahabat-sahabat tetapi juga disaksikan oleh para malaikat di langit yang tinggi dan terutama sekali disaksikan oleh Allah Rabbul Izzati [Penguasa Alam Semesta]. Maka apabila kamu sia-siakan perjanjian ini, ikatan yang sudah terbuhul, janji yang terpatri, kamu bukan hanya harus bertanggung jawab kepada mereka yang hadir, tetapi juga dihadapan Allah Rabbul Alamin.

?Laki-laki adalah pemimpin di tengah keluarganya, dan ia harus mempertanggung jawabkan kepemimpinannya. Wanita adalah pemimpin di rumah suaminya dan ia harus mempertanggung jawabkan kepemimpinannya.? [HR Bukhori dan Muslim]

?Yang paling baik diantara kamu adalah yang paling baik dan lembut terhadap keluarganya?. [HR Bukhari]


Seorang isteri boleh memberi apa saja yang ia miliki. Tetapi, bagi seorang suami, tidak ada pemberian isteri yang paling membahagiakan selain hati yang selalu siap berbagi kesenangan dan penderitaan. Di luar rumah, sang suami boleh jadi diguncangkan oleh berbagai kesulitan, ia menemukan wajah-wajah tegar, mata-mata tajam, ucapan-ucapan kasar, dan pergumulan hidup yang berat. Ia ingin ketika pulang ke rumah, disitu ditemukan wajah yang ceria, mata yang sejuk, ucapan yang lembut dam berlindung dalam keteduhan kasih sayang sang isteri [seperti cerita puteri salju-nya Anderson]. Ia ingin mencairkan seluruh beban jiwanya dengan kehangatan air mata yang terbit dari samudera kasih sayang sang isteri.

Rasulullah bersabda:
?Isteri yang terbaik adalah isteri yang, membahagiakanmu saat kamu memandangnya, yang mematuhimu kalau kamu menyuruhnya, dan memelihara kehormatan dirinya san hartamu bila kamu tidak ada disisinya.?

Rasulullah bersabda bahwa surga terletak dibawah kaki kaum Ibu. Maka apakah rumah tangga yang dibangun hari ini akan menjadi surga atau neraka, tergantung pada sang ibu rumah tangga. Rumah tangga akan menjadi surga apabila disitu dihiaskan kesabaran, kesetiaan dan kesucian.

Allah SWT berfirman:
?Wahai wanita, ingatlah ayat-ayat Allah dan hikmah yang dibacakan di rumah-rumah kamu. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang dan Maha Mengetahui.? [QS 33 : 34]

Suatu saat, kelak bila perahu rumah tangga bertubrukan dengan kerikil tajam, bila impian remaja menjadi kenyataan yang pahit, bila bukit-bukit harapan diguncangkan gempa cobaan, tetaplah teguh disamping sang suami, tetaplah tersenyum walau langit semakin mendung.

Rasulullah SAW adalah manusia paling mulia. Dan Aisyah, ia bercerita bagaimana Rasulullah SAW memuliakannya: ?Di rumah, kata Aisyah, ?Rasulullah melayani keperluan isterinya, memasak, menyapu lantai, memerah sesu dan memebrsihkan pakaian. Dia memanggil isterinya dengan gelaran yang baik?. Setelah Rasulullah SAW meninggal dunia, ada bebarapa orang sahabat menemui Aisyah, memintanya agar menceritakan perilaku Rasulullah SAW. Aisyah sesaat tidak menjawab pertanyaan itu. Air matanya berderai kemudian dengan naafas panjang ia berkata: ?Kaana Kullu Amrihi Ajaba?? [Ah?semua perilakunya indah]. Ketika didesak untuk menceritakan perilaku Rasul yang paling mempesona, Aisyah kemudian menceritakan bagaimana Rasul yang mulia di tengah malam bangun dan meminta ijin kepada Aisyah untuk shalat malam ?Ijinkan aku beribadah kepada Rabb-ku? ujar Rasulullah SAW kepada Aisyah.

Rasulullah bersabda:
"Seandainya aku boleh memerintahkan kepada manusia bersujud kepada manusia lain, aku akan perintahkan para isteri untuk bersujud kepada suami mereka karena besarnya hak suami yang dianugerahkan Allah atas mereka.? [HR. Tirmidzi]

Banyak isteri yang menuntut agar suaminya membahagiakan mereka. Jarang terpikir oleh mereka bagaimana membahagiakan suami. Padahal cinta dan kasih sayang akan tumbuh dan subur dalam suasana ?memberi? bukan ?mengambil?. Cinta adalah ?sharing? saling membagi. Cinta tidak akan diperoleh kalau yang ditebarkan adalah kebencian. Kasih sayang tidak akan dapat diraih bila yang disuburkan adalah dendam dan kekecewaan.

Marie von Ebner Eschebach berkata:
?Bila di dunia ini ada surga, surga itu adalah pernikahan yang bahagia tetapi bila di dunia ini ada neraka, neraka adalah pernikahan yang gagal?. Karena itulah Islam dengan penuh perhatian mengatur urusan rumah tangga.

Ribuan tahun yang silam, di Padang Arafah, saat haji wada? Rasulullah menyampaikan khotbah perpisahannya & perhatikan apa yang diwasiatkannya pada waktu itu, ?Wahai manusia, takutlah kepada Allah dalam urusan wanita, Sesungguhnya kamu telah mengambil mereka sebagai isteri dengan amanat Allah. Dia halal-kan kehormatan mereka dengan kalimat-Nya. Sesungguhnya kamu mempunyai hak atas isterimu, dan isterimupun berhak atas kamu. Ketahuilah aku wasiatkan kepada kalian untuk berbuat baik terhadap isteri kalian. Mereka adalah penolong kalian. Mereka tidak memilih apa-apa untuk dirinya dan kamupun tidak memilih apa-apa dari diri mereka selain dari itu. Jika mereka patuh kepadamu, janganlah kamu berbuat aniaya kepada mereka?. [HR. Muslim dan Turmudzi]

Rasulullah bersabda:
?Ada dua dosa yang akan didahulukan Allah siksanya di dunia ini juga, yaitu: Al-bagyu dan durhaka kepada orang tua?. [HR. Turmudzi, Bukhari dan Thabrani]

Al-bagyu adalah berbuat sewenang-wenang, berbuat dzalim/aniaya terhadap orang lain. Al-bagyu yang paling dimurkai Allah adalah berbuat dzalim kepada isteri sendiri, yaitu menelantarkan isteri, menyakiti hatinya, merampas kehangatan cintanya, merendahkan kehormatannya, mengabaikan dalam mengambil keputusan, dan mencabut haknya untuk memperoleh kebahagiaan hidup bersama-sama. Karena itulah Rasulullah mengukur tinggi rendahnya martabat seorang laki-laki dari cara ia bergaul dengan isterinya, Nabi yang mulia bersabda: ?Tidak akan memuliakan wanita kecualli laki-laki yang mulia, dan tidak akan merendahkan wanita kecuali laki-laki yang rendah pula?.

Pada saat perahu rumah tangga bertubrukan dengan kerikil tajam, impian remaja telah berganti menjadi kenyataan yang pahit, dan bukti-bukti harapan diguncangkan gempa cobaan, tidak ada yang paling menyejukkan sang suami selain pemandangan yang mengharukan. Ia bangun di malam hari, di dapatinya sang isteri tidak ada di sampingnya. Tetapi, kemudian ia dengar suara yang sangat dikenalnya. Diatas sajadah, diatas lantai yang dingin, ia menyaksikan seorang wanita bersujud. Suaranya bergetar. Ia memohon agar Allah menganugerahkan pertolongan bagi suaminya. Pada saat seperti itu sang suami akan mengangkat tangannya ke langit dan bersamaan tetes-tetes air matanya ia berdoa:

?Ya Allah, karuniakan kepada kami isteri dan keturunan yang menentramkan hati kami, dan jadikanlah kami penghulu orang-orang yang bertaqwa?.

Suatu saat Aisyah ra bercerita lama, setelah meninggalnya Khadijah ra. ?Hampir setiap kali Rasulullah akan keluar rumah, beliau meyebutkan nama Khadijah seraya memujinya. Sehingga pada suatu hari ketika beliau menyebutkan lagi, timbul rasa cemburuku dan kukatakan kepadanya, ?Bukankah ia hanya seorang wanita yang sudah tua, sedangkan Allah telah memberi pengganti yang lebih baik dari dia?? Mendengar itu Rasulullah kelihatan sangat marah, sehingga bagian depan rambutnya bergetar karenanya. Lalu ia berkata, ?Tidak demi Allah! Aku tidak mendapat pengganti yang lebih baik dari dia?! Dia beriman kepadaku ketika orang lainn mendustakanku. Dia membantu dengan hartaku ketika tak seorangpun selain dia memberiku sesuatu dan Allah telah menganugerahkan keturunan daripadanya dan tidak dari isteri-isteriku yang lain? [Al Hadits]

?Bila seorang wanita meninggal dunia, dan suaminya ridho sekali dengan tingkah lakunya semasa hidupnya, maka wanita itu masuk surga?. [HR. Turmudzi dan Ibnu Majah]

Ya Allah?
Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan cinta hanya kepada-Mu, bertemu untuk taat kepada-Mu, bersatu dalam rangka menyeru [di jalan]-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu maka kuatkanlah ikatan pertaliannya.

Ya Allah?
Abadikan kasih sayangnya, tunjukkanlah jalannya dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tidak pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakal kepada-Mu, hidupkanlah dengan ma?rifat-Mu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Amin. Dan semoga shalawat seta salam selalu tercurah kepada Mudammad SAW, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya.

Ya Allah?
Hari ini dua hamba-Mu yang dhaif mematri janji di hadapan kebesaran-Mu. Kami tahu tidak mudah untuk memelihara ikatan suci ini dalam naungan ridha dan maghfirah-Mu. Kami tahu, amat berat bagi kami untuk mengayuh perahu rumah tangga kami menghadapi taufan godaan di hadapan kami. Karena itulah, kami datang memohon rahman dan rahim-Mu.

Tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang lebih Engkau anugerahi kenikmatan, bukan-nya jalan orang-orang yang Engkau timpai kemurkaan, bukan pula jalan orang-orang yang Engkau tenggelam dalam kesesatan. Sinarilah hati kami dengan cahaya petunjuk-Mu.

Terangilah jalan kami dengan sinar taufik-Mu. Kalau Engkau berkenan menganugerahkan nikmat-Mu atas kami, bantulah kami untuk banyak berdzikir dan bersyukur atas nikmat-Mu itu. Hindari kami dari orang-orang yang terlena dalam kemewahan dunia. Lembutkan hati kami untuk merasakan curahan rahmat-Mu.

Ya Allah?
Indahkanlah rumah kami dengan kalimat-kalimat-Mu yang suci. Suburkanlah kami dengan keturunan yang membesarkan asma-Mu. Penuhi kami dengan amal shaleh yang Engkau ridhai. Jadikan mereka Yaa?Allah teladan yang baik bagi manusia.

YaAllah?
Damaikanlah pertengkaran di antara kami, pertautkan hati kami, dan tunjukkan kepada kami jalan-jalan keselamatan. Selamatkan kami dari kegelapan kepada cahaya. Jauhkan kami dari kejelekan yang tampak dan tersembunyi.

Ya Allah?
Berkatilah pendengaran kami, penglihatan kami, hati kami, suami/isteri kami, keturunan kami dan ampunilah kami.

Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Amiin?



Komentar-komentar :

 Taimiyah -
Insyaa Allooh ini sangaaat bermanfaat skali bagi mereka yang mo nikah!!
Amiieen....

 aminah -
syukron tuk Aa Yoga, alhamdulillah aminah jadi tambah pengetahuannya tentang keindahan dan tanggung jawab pernikahan

 taimiyah -
yups tul ukh. aminah

 ibnu -
wah bagus sekali artikel ini...
sungguh ya allah mohon jadikan ia istri sholehah bagi diriku

 dinz -
subhanallah..semoga dapat kuraih surga yang dapat mengantarku ke surga yang lebih kekal

 Dwi Fajar D -
sukron
artikel ini sgt bgs
smg bisa nambah wawasanku

 Zahro -
Artikel nya keren abizzz, zahro jadi lebih tahu kewajiban istri terhadap suaminya, pengetahuan yang luar biasa...

 Al Qoribbi -
artikelnya keren Abiss

 fajar - Bandung
Allohu Akbar..
ya 4JJI smoga diri ini mampu meraihnya..
allhamdulillah..

 teddy - new orleans-usa
alhamdulillah...
semoga apa yang diharapkan gan direncanakan kami sejalan dengan jalan Islami..

 Al Furqoni - Surabaya
Hmmmm... ternyata gak semudah itu. No more comment...

 Alfi Yusuf - Samarinda
subhanallah...
artikel ini sangat baik buat pendidikan keluarga (suami/isteri) dan para remaja sebelum menikah

 Salmidi - Surabaya
artikel ini sangat baik buat semua golongan

 yuni - srby
artikelnya cocok banget buat yang mo nikah nich....^-^

 Tsabita - Kolaka - Sulawesi Tenggara
Subhanallah...artikel ini sangat bangus N menambah pemahaman sy ttg Pernikahan.....jd pengen cepat nikah.....

 rinosuke - bekasi
Subhanallah... semoga dengan artikel ini makin banyak keluarga yang mampu melahirkan generasi yang akan memberatkan bumi dengan kalimat Laa ilaaha illallaah

 rhoel - Bogor
Artikel ini sangat menyentuh, dan semoga jd pelajaran bg yg membaca, mdah2han juga ka Tamara bisa baca jg artikel ini supaya berfikir lagi untk cerai dari ka Rafli

 ifa - kampus UNJ,jakarta
subhana4JJI, bagus sekali isinya..sampai merinding bacanya,semoga kelak aku bisa jadi istri solekhah,amin..btw kapan aku nikah ya..

 devi - yogyakarta
alhamdulillah saya jadi merasa tenang, sungguh maha benar allah dengan segala firmannya, serta begitu besar rahmaNYA untuk umat muslim.

 Zaky Al-Samudy - Palangka Raya
Saya sgt puas dgn apa yg tlh disajikan, n saran saya spy lbh banyak lg ditambah artikel yg berkenaan dgn problematika sekarang.

 aldin - upg
Jazakumullah bi ahsanil jaza buat kerja keras webmaster telah menyediakan seputar info nikah ini via web yang subhanallah dapat dijadikan sumber tambahan ilmu...
Akhi wal ukhti, mohon doakan ana, insya Allah Syawal depan ana bakal nikah nih.. :-)

 raihan - samarinda
baik

 idharta - japan
alhamdilillah mudahan dengan membaca artyikel ini, saya menjadi orang2 yang termasuk di dalam lindunganya

 Agus Gen 2 - Indonesia
SUBHANALLAH!!!!!

 Lina Zainuddin - cimahi
Allahuakbar...Ya Allah, mampukah hamba? sepertinya tuk meraih itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi, Insya Allah dgn RahmatMu jua...akan kurasakan syurga dunia itu. Amiiin.

 pevly - Tegal
Subhanallah, saya sempat merinding membacanya, 2 bulan lagi status saya yang masih single, akan berubah menjadi seorang istri, semoga artikel ini akan bermanfaat bagi hamba dan calon suami hamba, hamba mohon doa dari rekan2 semua, semoga rumah tangga kami kelak akan langgeng, dan menjadi keluarga yang sakinah.Amien

 clo - BDG
two thumbs up....!!!

 indra - surabaya
ikhwan baik jodohnya akhwat yang baik pula example jodohnya Ali bin Abi Thalib adalah Siti Fatimah

 uusman ses - indonesia
subhanallah,..YA RABB,izin kan hamba menjadi pemimpin keluarga hamba kelak, bersama hambamu yg hamba cintai,..aminnn !! DAN lindungilah kami dari segala maksiat yg senantiasa membayangi ..

 digen - bandung
subhanallah, allahuakbar........ saya sempet meneteskan air mata, ketika membaca artikel ini, sungguh indah dan menyentuh..... tapi apakah semudah itu????????? semoga hamba dapat meraihnya....

 eka - Tangerang
Subhanallah
semoga artikelnya bermanfaat saya dan saudara, serta saudariku yang lain, dapat memetik hikmah serta ibrah ini. jakumullah khairan katsirah. semoga kita diberikan hati yang senantiasa diterangi cahaya hidayahnya agar mampu melaksanakan segala titahNya.

 Andy - mataram
MasyaAllah, indah betul artikelnya.
Ana jadi kepngen cepet nikah neh..Udah ada niat sih..

 yayat - jambi
Do'akan agar saya mendapatkan istri yang sholehah

 yayat - jambi
Do'akan agar saya mendapatkan istri yang sholehah

 wardatuljannah - bdg
subhanallah (3x) ....

 iman - bandung
nice... banyak pelajaran yang bisa aku ambil.
aku rasa artikel ini bermanfaat buat byk org... semoga...

 Dur_Rauf - Bandung
Kapan ya teori bs jd nyata.. :)

 izul - gunung-dingin
aamiin..............

 msranto - Bekasi
Subhanallah,
Artikel yang bagus dan banyak memberi pelajaran
Semoga membawa barokah

 UUS SUSANTO - BANDUNG
Alhmdulillah itu pengetahuan yang luar biasa bagi saya yang insya Allah akan menikahi seorang akhwat yang sholehah

 UUS SUSANTO - BANDUNG
Alhmdulillah itu pengetahuan yang luar biasa bagi saya yang insya Allah akan menikahi seorang akhwat yang sholehah

 UUS SUSANTO - BANDUNG
Alhmdulillah itu pengetahuan yang luar biasa bagi saya yang insya Allah akan menikahi seorang akhwat yang sholehah

 Solihin - Bandung
Subhaanallah, ternyata untuk membangun suatu keluarga yang sakinah mawwaddah warrohmah memang sulit. Akan tetapi apabila semuanya terbina, maka kebahagiaan dunia dan akhirat akan tercapai, Insya Allah. La'allaallah ja'alana minassu'ada fiddunya walaakhiroh, amiin.

 adri - jakarta
subhanallah..artikel yang banyak manfaatnya. semoga bisa di jadikan bekal buat ana untuk menjadi istri yang sholihah, amiin.

 fahnaz - Banda Aceh
Subhanallah....amazing... semoga saya kelak bisa mewujudkan impian untuk membahagiakan seseorang yag akan menjadi pendamping saya kelak. Amin ya Allah

 Jamilah - Bogor
Subhanallah ...
Bisa gk yah ana seperti itu kelak, ??
Bismillah ...

 danang her_broothers - jakarta
subhanallah, mudah-mudahan bisa menjadi spirit untuk antum yang ingin menyempurnakan agama ini. yang pasti suatu saat artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua

 wulan - palembang
website-nya qren bgt...alhamdulillah bs nyejukin ati....!

 hikmah - bandung
subhanalloh sangat bermamfaat, semoga Alloh memberikan Rahmat bagi yang membuat artikel ini, Aminn. saya yakin semua memerlukan artikel ini. syukron.....

 hikmah - bandung
subhanalloh sangat bermamfaat, semoga Alloh memberikan Rahmat bagi yang membuat artikel ini, Aminn. saya yakin semua memerlukan artikel ini. syukron.....

 hikmah - bandung
subhanalloh sangat bermamfaat, semoga Alloh memberikan Rahmat bagi yang membuat artikel ini, Aminn. saya yakin semua memerlukan artikel ini. syukron.....

 irawati - Batam
Subhanallah.....banyak pelajaran yang bisa dipetik agar pernikahan dapat bernilai ibadah

 tri - jkt
iya seandainya manusia di duni ini tau hakikinya betapa nikmatnya bersama2 dgn lawan jenisnya uh pastilah kita ngga berpikiran yg aneh2. padahal diantara mahluq2Nya yg di cintai adalah manusia ,Alloh SWt senang sekali dgn cinta kasih maka marilah kita tumbuhkan cinta kasih wlpn blom nikah tp kita belajar menggunakan contoh dr cinta kasih seorang suami istri .tp jgn kita salah gunakan arti cinta kasih dgn bermesra2an dgn bukan muhrimnya (pacaran/yayangan) yg di mn kita lihat diberbagai sudut jln sudah layaknya suami istri aja padahal emang cinta kasih yg klo kita pandang sih indah akan tetapi lebih indah klo dah bener2 /dah jadi yg sebener2nya iya ngga hai orang2 yg merasa beriman!!! eh minta maaf atas kekuranag ajran aku yg ngga ngerasaain indahnya saaat2 berpacaran

 al Hassan - Jakarta
Surga itu adalah tempat dimana tidak ada perkataan dan perbuatan yang sia-sia... jadikanlah baiti jannati... dengan menegakkan KALIMATILLAH dan cita-cita hanya mencari keridaanNya...

 Jadmiko - Yogyakarta
subhanallah , artikel ini sangat menggetarkan ane yang mau menikah , afwan ,jika ane mohon bantuan ,minta artikel tentang nikah ,kalau bisa lengkap kap kap, karena ane mau menuju ke pelabuhan pernikahan , sebelum dan sesudahnya ane minta maaf ,afwan jidan ,syukron ,jzkh

 Vivi - Palembang
Artikelnya bagus bgt!!!
Jd pengen cpt nikah neeh...
wawasan Islami saya jd bertambah,,,
syukron y :>

 aa put - banda aceh juga
subhanallah....
ruaaarrrr biasaaaa !!!
waduh....koq tiba2 ana tertular virus nickhaholic???
tolongin dong

 almubarock - cilacap
saya sngt senang blm lama ini nemuin situs ini yg isinya hal2 sngt bermanfaat sekali .salam knal haii muslimin2 sejati.

 amir abdurrohman - comal - pemalang
subhanallah wal hamdulillah,,,,

setelah membaca artikel ini, ane pengen cepet2 nikah

syukron akh,,jazakallah

 huda - surabaya
jauh sekali, jauh ....mungkinkah aku bisa menjadi seperti khadijah, juga aisyah atau fatimah....sungguh aku bukan apa2 dibanding mereka...artinya aq tidak bisa berharap suamiku seperti Muhammad juga Ali karena aku bukan siapa2...seorang yg dholim ...semoga Allah merahmati sehingga aku bisa menjadi seperti Khadijah, Aisyah dan fatimah

 esta - bandung
subhanallah..
mdh2an an bisa jd istri yang sholehah,,
amin!!

 esta - bandung
subhanallah..
mdh2an an bisa jd istri yang sholehah,,
amin!!

 Esa - Bandung-Indonesia
Subhanalloh..syukron jazilan ilmunya. Sy lg nyari ilmu ttg pra nikah, dan alhamdulillah cukup banyak dsini. Klo bisa doa yg di akhir artikel ada bahasa arabnya..*soalnya ada beberapa yg sy blm hafal* jadi lbh afdhol gituh nge doa nya :D

 marul - sampit
Subhanallah, Yuk Doa bersama, semoga umat muslim-muslimah yg ada di Bumi Allah ini bisa menjadi Umat yg benar2 kaffah, dari sebuah negeri kecil pernikahan yg Sakinah, semoga Generasi yg akan datang lebih baik dari yg sekarang. Aminnn

 sinua - bandung
aq tertegun ktika bca artikel ini.....
4JJI mnciptkan smuanya dg indah dan sempurna.....
amiin...

 opick - bandung
insya Allah..

 Windi - Ciledug
Ya Allah... setelah membaca artikel ini, mata hatiku jadi lebih terbuka terhadap sebuah kata yang di sebut dengan "PERNIKAHAN"..
ya Allah.. bila kelak aku menikah, jadikanlah aku Istri yang sholehah dan berbakti kepada suamiku.. serta dapat menjadi wakil kepala keluarga yang dapat dijadikan panutan untuk keturunanku kelak.. Amieen..
terimakasih ya artikelnya... bagus bangeeet... =)

 yudit - yogyakarta
seandainya istriku seperti yang duraikan di atas alangkah bahagianya diriku. subhanalloh! ya alloh, jadikanlah istri kami istri yang menentramkan hati. amin!

 DATSU - karawang
mudah2han banyak akhwat yang baca terus di pake deh semua wejangannya,danmudah mudahan jadi istri solehah doanya bagus juga

 Muhammad Mukhlasin - jogjakarta
Istri sholekhah adalah perhiasan dunia, begitulah dalam lagu dangdutnya Bang H. Rhoma Irama. Bagi akhwat2 jadilah istri yang sholekhah. Istri sholekhah adalah dambaan setiap kaum adam.

 datuk - bandung
kapan ya ???
persiapan mental udah,
fisik udah
ruhiyah udah
nafkah udah
psikologis udah
????
semoga Allah mendekatkan dia kepada ku....

 ringgo - bdg
insya Allah dalam waktu dekat.....

 supriadi - palembang(alfurqon)
wuahhhh.....artikelnya keren bangeeeet...kang fauzil ana jadi tambah semangat tuk nikah dini,doain ya kang....biar mantap meneguhkan pendirian ini

 Dodo Azka - Yogyakarta
hmmm..subhanalloh sudah saatnya ikhwan dan akhwat untuk menetapkan hati dan berlabuh di samudara kehidupan yang lebih mulia dengan menikah....^_^...

 andi - kendari - sultra
jazakumullah . . .artikelnya sangat menambah wawasan saya tentang sekelumit pernikahan. . .
insya allah dekat2 ini saya akan mengarungi samudera pernikahan

 fatkur - Surabaya
Siapapun kita (suami/istri/calon suami/calon istri), yakinilah jika kita melakukan kewajiban kita insyaAllah hak pasangan kita akan tertunaikan, begitu sebaliknya. Sebelum mendambakan pasangan kita berbuat, dambakanlah terlebih dahulu rentetan amal yang akan kita perbuat. Salam semangat untuk semua. (http://fatkur.pks-surabaya.or.id)

 Ebhiet - Kendari
berjuanglah menjadi istri sholehah.......................
nggak ada ruginya tuch....
nikmat nikmat dan nikmat....!
hidup istri sholehah!!!!

 izzah - padang
Ass....terimakasih atas artkelnya....menambah pengetahuan ana tentang pernikahan...doakan saya untuk segera menggenapkan setengah dien....amiin

 antara - surabaya
Thank's....tambah mantab

 yatna - jakarta
ini merupakan suatu ilmu yang tak ternilai harganya.bermanfaat bngt buat org yg mau menikah,seperti aku.mohon doa restunya...

 ery ahmad - jakarta
menikah buruan.. jgn di tunda keburu tsunami lhoo..?

 Kreshna Iceheart - http://myworld.ebay.com/kreshna_iceheart
Nice show, but I'm not buying. There ain't no such thing as happy marriage, get over it.

 nurul - Balikpapan
Subhanallah..Artikelnya baguuuus bgt..thanks yah..banyak plajaran yg dapt qt ambil dr situ..

 esti - jakarta
terimakasih, saya jadi tahu betapa beraninya saya terhadap suami.betapa berdosanya saya terhadapnya, padahal segala keringtanya telah dicucurkan untuk saya, tapi saya selalu minta berlebih sehingga dia merasa tidak mampu lagi,,, thanx 4 the article

 Agung - Jakarta
Artikel ini sangat bagus, namun alangkah indahnya jika sumbernya dicantumkan dong untuk menghargai hasil karya seseorang. Setahu saya tulisan ini karya Dr. Jalaluddin Rakhmat, dosen Unpad. dalam buku Khotbah-Khotbah di Amerika, Penerbit CV Rosda Bandung.

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Kupinang Engkau Dengan Hamdalah

 Ukiran Dalam Samudera Harapku

 Meriahkan Dunia Dengan Menikah

 Sighat Taklik Aa Yoga

 Menikah Adalah Keajaiban

 Ukhti, Selamatkanlah Aku!!

 Benarkah Menikah Didasari Oleh Kecocokan?

 Keinginan Bertemu Pasangan Jiwa

 Nikah Jarak Jauh Via Teleconference

 Pengantin Sederhana

 Menggapai Mahligai Cinta Melalui Pernikahan Barokah

 Saat (non) Ikhwan Harapkan Akhwat

 Detik-detik Menjelang Pernikahan

 Urgensi Niat Dalam Pernikahan

 System Upgrade

 Agar Bisa Lebih Menghargai

 Betapa Indahnya Berumah Tangga

 Agar Tidak (asal) Menikah Dini

 Pernahkah Kamu....

 Pesan Moral Untuk Ikhwan & Akhwat

 Menikah Mengapa Takut?

 Jodoh Antara Doa Dan Usaha

 Stop !!! Gaul Bebas

 Di Balik Tabir Pernikahan

 Biaya Pernikahan

 Nak, Kapan Kau Menikah?

 Persiapan Muslimah Menjelang Pernikahan

 Resep Menikah - Kue Perkawinan

 Ada Apa Dibalik Pernikahan????

 Menikah Ala Islam, Mudah, Murah Dan Berkah!




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com