pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

rumah jonggol
rumah bogor
rumah cibubur
rumah citra gran

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 6849 kali

Pacaran Boleh Ngga Ya?

Karya : Ust. Iman Sulaiman, Lc

 

tentang-pernikahan.com - Assalamu'alaikum

Saya seorang mahasiswi berusia 19th. Menurut satu sumber yang saya baca, Islam memprbolehkan 'pacaran' sejauh ingin mengenal pasangannya saja,benarkah??krn
begitulah keadaan saya skrg..sdgkan tmn saya mengatakan islam mengharamkan pacaran,dlm bntuk apapun, saya jd bingung sedangkan untuk menikah saya rasa saya belum siap, begitu jg dengan pacar saya (setahun lbh tua dari saya). Mohon saran dan solusinya. terimakasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Dita


Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.

Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Selama ini kita menganggap bahwa pacaran itu adalah metode untuk melakukan pendekatan untuk mengenal lebih dekat. Namun kenyataannya tujuan itu janrang yang tercapai. Karena umumnya alih-alih melakukan pendekatan, yang terjadi justru melakukan sekian banyak bentuk kemaksiatan.

Buktinya, berapa banyak pasangan muda yang sebelum menikah sempat pacaran bertahun-tahun, bahkan ada yang sampai 5 - 10 tahun, sayangnya begitu mereka menikah langsung cerai dan hancur berantakan rumah tangganya. Belum lagi meningkatnya kasus hamil di luar nikah oleh pasangan sendiri dan juga perilaku seks bebas di kalangan mahasiswa dan pelajar.

Istilah pacaran itu sendiri sudah merupakan kelaziman di tengah masyarakat dimana pasangan tidak sah melakukan serangkaian aktifitas bersama. Dan realitas
di tengah masyarakat sudah mengenal persis aktifitas pacaran itu yang identik dengan apel malam minggu (namanya apel sudah pasti berduaan, karena kalau
rame-rame namanya rombongan), juga nonton ke bioskop berdua, berboncengan sepeda motor, jalan-jalan berduaan, makan di restoran berduaan, tukar menukar
SMS, saling bertelepon siang dan malam dan semua aktifitas lain yang mengasyikkan. Intinya adalah kebersamaan dan berduaan. Hampir sulit dikatakan
pacaran bila semua itu dilakukan bersama-sama dalam kelompok besar.

Bahkan hakikat pacaran adalah pada keberduaannya itu. Inilah pacaran yang dikenal masyarakat dan bukan yang tertulis dalam kamus. Jadi dengan pengertian yang lazim dikenal masyarakat sekarang ini tentang pacaran, maka tidak bisa lain semua itu adalah khalwat yang diharamkan.

Islam sudah memperingatkan laki-laki dan wanita yang bukan mahram untuk tidak menyepi berduaan karena yang ketiganya adalah setan.

Rasulullah SAW bersabda,

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan sekali-kali dia bersendirian dengan seorang perempuan yang tidak bersama mahramnya, karena yang
ketiganya ialah syaitan." (Riwayat Ahmad)

"Jangan sekali-kali salah seorang di antara kamu menyendiri dengan seorang perempuan, kecuali bersama mahramnya."

Imam Qurthubi dalam menafsirkan firman Allah yang berkenaan dengan isteri-isteri Nabi, yaitu yang tersebut dalam surah al-Ahzab ayat 53, yang artinya:

"Apabila kamu minta sesuatu (makanan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari balik tabir. Karena yang demikian itu lebih dapat membersihkan
hati-hati kamu dan hati-hati mereka itu," mengatakan: maksudnya perasaan-perasaan yang timbul dari orang laki-laki terhadap orang perempuan, dan
perasaan-perasaan perempuan terhadap laki-laki. Yakni cara seperti itu lebih ampuh untuk meniadakan perasaan-perasaan bimbang dan lebih dapat menjauhkan
dari tuduhan yang bukan-bukan dan lebih positif untuk melindungi keluarga.

Ini berarti, bahwa manusia tidak boleh percaya pada diri sendiri dalam hubungannya dengan masalah bersendirian dengan seorang perempuan yang tidak halal baginya. Oleh karena itu menjauhi hal tersebut akan lebih baik dan lebih dapat melindungi serta lebih sempurna penjagaannya.

Istilah pacaran sebenarnya tidak ada batasan bakunya, namun umumnya yang namanya pacaran itu -apalagi di zaman permisif dan hedonis sekarang ini- tidak lain
adalah hubungan lain jenis non mahram dengan segala aktifitas maksiatnya dari khalwat, zina mata, zina telinga dan sampai zina kemaluan.

Bahkan beberapa penelitian di berbagai tempat seperti di Yogyakarta beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa sebagian besar pasangan pacaran itu memang telah
melakukan hubungan tidak senonoh mulai dari bercumbu, berpelukan, berciuman sampai persetubuhan. Parahnya, semua itu umumnya dilakukan oleh para mahasiswa yang nota bene terpelajar dan calon pemimpin bangsa.

Jadi hampir bisa dikatakan bahwa pacaran itu tidak lain adalah zina atau minimal mendekati wilayah zina yang memang haram dan dilarang oleh semua agama.

Lalu bagaimana seorang laki-laki bisa mengenal calon pasangan hidupnya kalau bukan dengan cara pacaran ?

Islam sesungguhnya sejak awal sudah memperkenalkan istilah ta'aruf sebagai sarana yang objektif dalam melakukan pengenalan dan pendekatan. Ta'aruf sangat
berbeda dengan pacaran. Ta`aruf adalah sesuatu yang syar`i dan memang diperintahkan oleh Rasulullah SAW bagi pasangan yang ingin nikah. Perbedaan hakiki antara pacaran dengan ta'aruf adalah dari segi tujuan dan manfaat.

Tujuan pacaran lebih kepada kenikmatan sesaat, zina dan maksiat. Sedang ta'aruf jelas sekali tujuannya yaitu untuk mengetahui kriteria calon pasangan.

Dalam pacaran, mengenal dan mengetahui hal-hal tertentu calon pasangan dilakukan dengan cara yang sama sekali tidak memenuhi kriteria sebuah pengenalan.
Ibarat seorang yang ingin membeli mobil second tapi tidak melakukan pemeriksaan, dia cuma memegang atau mengelus mobil itu tanpa pernah tahu kondisi mesinnya.
Bahkan dia tidak menyalakan mesin atau membuka kap mesinnya. Bagaimana mungkin dia bisa tahu kelemahan dan kelebihan mobil itu.

Sedangkan taaruf adalah seperti seorang montir mobil ahli yang memeriksa mesin, sistem kemudi, sistem rem, sistem lampu dan elektrik, roda dan sebagainya. Bila
ternyata cocok, maka barulah dia melakukan tawar menawar.

Ketika melakukan ta'aruf, seseorang baik pihak laki atau wanita berhak untuk bertanya yang mendetail, seperti tentang penyakit, kebiasaan buruk dan baik,
sifat dan lainnya. Kedua belah pihak harus jujur dalam menyampaikannya. Karena bila tidak jujur, bisa berakibat fatal nantinya.

Namun secara teknis, untuk melakukan pengecekan, calon pembeli tidak pernah boleh untuk membawa pergi mobil itu sendiri. Silahkan periksa dengan baik dan kalau tertarik, mari bicara harga.

Dalam upaya ta'aruf dengan calon pasangan, pihak laki dan wanita dipersilahkan menanyakan apa saja yang kira-kira terkait dengan kepentingan masing-masing
nanti selama mengarungi kehidupan. Tapi tentu saja semua itu harus dilakukan dengan adab dan etikanya. Tidak boleh dilakukan cuma beruda saja. Harus ada yang
mendampingi dan yang utama adalah wali atau keluarganya. Jadi ta`aruf bukanlah bermesraan berdua, tapi lebih kepada pembicaraan yang bersifat realistis
untuk mempersiapkan sebuah perjalanan panjang berdua.

Disinilah letak perbedaan antara pacaran dengan taaruf. Pacaran adalah jalan-jalan asyik berdua, jajan, nonton, bermesraan dan bercumbu. Sama sekali
tidak ada porsi tentang persiapan real untuk hidup. Bahkan pacaran cenderung bohong dan menipu, karena umumnya masing-masing pihak ingin tampil 'wah' di
depan pasangannya. Bedak, gincu, parfum, pakaian bagus, mobil dan segala asesoris lainnya adalah sesuatu yang harus ditonjolkan. Semua sangat jauh dari
kehidupan real nanti dalam keluarga.

Padahal setelah menikah, justru semua itu akan ditinggalkan dan masing-masing baru akan tampil dengan wajah dan kelakuan aslinya. Padahal dahulu hal-hal
seperti itu tidak pernah dibahas dalam masa pacaran, karena semua waktunya tersita untuk jatuh cinta.

Taaruf adalah media syar`i yang dapat digunakan untuk melakukan pengenalan terhadap calon pasangan. Sisi yang dijadikan pengenalan tidak hanya terkait dengan data global, melainkan juga termasuk hal-hal kecil yang menurut masing-masing pihak cukup penting.

Misalnya masalah kecantikan calon istri, dibolehkan untuk melihat langsung wajahnya dengan cara yang seksama, bukan cuma sekedar curi-curi pandang atau
ngintip fotonya. Justru Islam telah memerintahkan seorang calon suami untuk mendatangi calon istrinya secara langsung face to face, bukan melalui media
foto, lukisan atau video.

Karena pada hakikatnya wajah seorang wanita itu bukan aurat, jadi tidak ada salahnya untuk dilihat. Dan khusus dalam kasus ta`aruf, yang namanya melihat wajah itu bukan cuma melirik-melirik sekilas, tapi kalau perlu dipelototi dengan seksama. Periksalah apakah ada jerawat numpang tumbuh disana. Begitu juga dia boleh meminta diperlihatkan kedua tapak tangan calon istrinya. Juga bukan melihat sekilas, tapi melihat dengan seksama. Karena tapak tangan wanita pun bukan termasuk aurat.

Lalu bagaimana dengan keharusan ghadhdhul bashar ? Bab ghadhdhul bashar tempatnya bukan saat ta`aruf, karena pada saat ta`aruf, secara khusus Rasulullah SAW memang memerintahkan untuk melihat dengan seksama dan teliti. Kalau sekali melihat ternyata belum yakin, boleh melihat lagi dan lagi hingga betul-betul kuat motivasi untuk menikahinya.

Selain urusan melihat pisik, taaruf juga harus menghasilkan data yang berkaitan dengan sikap, perilaku, pengalaman, cara kehidupan dan lain-lainnya. Hanya semua itu harus dilakukan dengan cara yang benar dan dalam koridor syari`ah Islam. Minimal harus ditemani orang lain baik dari keluarga calon istri atau dari calon suami. Sehingga tidak dibenarkan untuk pergi jalan-jalan berdua, nonton, boncengan, kencan, ngedate dan seterusnya dengan menggunakan alasan ta`aruf. Janganlah ta`aruf menjadi pacaran. Sehingga tidak terjadi khalwat dan ikhtilath antara pasangan yang belum jadi suami istri ini.

Khusus berkaitan dengan foto wjah seseorang, sebenarnya bukan media yang 100 % bisa dipercaya, apalagi bila foto itu cuma ukuran 2x3 hitam putih. Sama sekali tidak memberi gambaran apa-apa. Begitu juga dengan CV yang ditulis di atas kertas selembar yang isinya cuma nama, alamat, hobi dan warna kesukaan. Jelas bukan informasi untuk ta`aruf pada sebuah pernikahan. Kalau cuma pas poto dan selembar kertas bio data, fungsinya buat bikin KTP atau untuk jadi sahabat pena di majalah anak-anak. Dus, itu bukan sarana yang tepat untuk sebuah ta`aruf.

---------
tambahan saya: "pertukaran CV atau biodata+foto yang lengkap dan jujur dilakukan hanya pada proses awal ta'aruf sebelum masing-masing calon bertemu. Untuk
menjaga perasaan masing2. Tentunya diiringi pula salat istikhoroh berdoa mohon petunjuk 4JJI." Begitu kata ustadz & kata yang sudah pernah.
---------

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,

Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Pusat Konsultasi Syariah

Diasuh oleh SyariahOnline.com dan Ust. Iman Sulaiman, Lc.

Sumber : www.eramuslim.com


Komentar-komentar :

 iiiii - iiii
iiih serem mending jangan pacaran tapi langsung kawin

 Y - Jakarta
Kawin?????
Nikah Kalee.....

 VirtueOfWisdom - Melb.
Very interesting article.......

 xxxx - xxx
eh kalo kita milih pasangan harus seperti beli mobil brarti kita harus bongkar mesin n smuanya dong asik dong kloo gituh dicoba dulu baru di beliiii hihihihhiiiiiiiiiiii

 digen - bandug
apa ya? saya setuju saya sich apa yang dikatakan oleh pa ustad. maklum saya tuh orangnya dingin banget sama perempuan. jadi so buat apa mesti pacaran kalo toh, ada salah seorang diantara laki2 to perempuan ada yang sakit hati. emang mau sakit hati. engggggggggggak khhhhhhhhhaaaaaaaaannnnnnnnn!

 Red-Z - Sby
Intinyaaaa,...Islam itu indah n guampang. Kok qtanya sj yg nyulit-nyulitin diri. Tapi, klo yg ortunya si akhwat yg byk nuntut gimana ya???

 zain - yk
alhmdulillah.....aku baru temuin jawabannya yang selama ini aku cari,cz sekarang aku lagi naksir sama seseorang....so aku harus undurin diri untuk pacaran but TA'ARUF ja yach.....!!mudah-mudahan berhasil....do'ain ya....!!!:)wassalam

 LH - Jakarta
Menurut saya....memang kata2 pacaran dlm islam itu tdk ada...tp dinamakan pendekatan, apabila ia mau menikah..agar kedua belah pihak mengetahui sifat masing2....jd bukan dinamakan pacaran...

 indra - jakarta
Menurut saya, pacaran tuh boleh2 aja. selama orgnya bisa menjaga norma2 agama dan kesusilaan. tapi sayangnya di jaman sekarang ini dah jarang bgt org yg pacaran tp ttp jaga norna2 agama dan kesusilaan. klo anda2 yg bilang pacaran tuh haram, ya itu hak kalian. cuma klo menurut aku, nikah tanpa pacaran tuh ga musti secara taaruf yang selama ini dipraktekkan kalangan aktivis dakwah. tp cari teman lawan jenis sebanyak-banyaknya. bertemanlahakrab dgn mereka selama masih bisa menjaga batas2 yang diatur agama. klo ada yg kira2 sreg, segera PDKT, klo dia jg respon, katakan : I love you. If you love me, may you marry me? klo gtu kan lebih berkesan nantinya, dan bisa menjadi kenangan indah klo nostalgia nanti ketika ulang tahun pernikahan. daripada nikah sama org yg baru kenal,dan belun tau apa dia tuh cocok sama kita apa nggak. ntar, klo nggak cocok, bisa ilfil deh! dan cintannya tuh tumbuhnya dipaksain (daripada cerai yang ngurusnya aja ribet bgt), lebih enak klo kita nikah dengan org yang sudah lama kita kenal, dan kita tau persis orangnya kayak gimana. tp batas2 hubungan persahabatan lawan jenis yg bukan muhrim secara agama musti bnr2 dijaga. mas yoga, saya tunggu komentar anda di email saya

 DWI - WONOGIRI
NIKAH DULU YOK,BARU PACARAN.o.k!

 dadang - rsud bontang
pacaran sih... di liat dari segi mana aza sih banyak zinanya, coba liat tuh yang pacaran ....... emang kelihatan mengasikkan, berduaan, bonceng sana sini, belum kena gosip ......., truss ...... putus deh .... klo gosipnya ga` bener, masing- masing menonjolkan egonya masing-masing. mendingan taaruf deh..., dijamin deh ga` nyesel dunia - akherat .......

 RonOceast - http://genericcial.com
Clomid Acheter Franche Comte Acheter Cialis Ligne France Baclofene Cp viagra Online German Pharmacies Cialis Sale Us Pharmacy

 RonOceast - http://howtogetvia.com
Buy Generic Viagra Online Usa cialis online Canadian Pharmacy 1 Levitra Without Rx In The United States Propecia Para El Cabello

 RonOceast - http://cheapestcial.com
Kamagra Oral Jelly 50 Mg Priligy Website Buy Zyban 150 Without A Script viagra cialis Doxycyline No Rx Uas Pharmacy Online

 Charlesanwab - http://cialisle.com/
beipackzettel cialis 20mg lilly
http://cialisle.com
use of cialis for bph
buy cialis
cialis singapore where to buy

 Thomasertup - http://viagrabs.com/
viagra stuck in my throat
http://viagrabs.com/
can flomax and viagra be taken together
viagra
add of viagra

 Hearcedyept - http://kaivanrosendaal.com/#Cheap-Cialis
pfizer cialis acquisti cheap generic cialis sales uk only today cialis costs cialis in usa cialis generic canada buy cialis cialis in pazienti diabetici tadalafil generic

 Jasonsluby - http://cialisoni.com/
ed cialis pills
buy cialis online
where to buy cialis vancouver
tadalafil online
taking cialis on a full stomach

 Brcedyept - http://kaivanrosendaal.com/#Cialis-Cheap-Buy-Online
cialis price thailand click now buy cialis brand
Buy Cheap Cialis achat cialis en europe cialis generique 5 mg

 Brcedyept - http://kaivanrosendaal.com/#Cialis-Cheap-Buy-Online
cialis 20mg preis cf price cialis wal mart pharmacy
buy cialis online we recommend cheapest cialis generic cialis in vietnam

 Brcedyept - http://kaivanrosendaal.com
where to buy cialis in ontario look here cialis order on line
buy cialis we like it safe cheap cialis cialis uk next day

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#what+is+cialis
cialis barato para venta en uk visit our site sales cialis tesco cialis price 100mg cialis over the counter pfizer cialis acquisti cialis kamagra gu is cialis safe for teenagers
ceallas cialis shopping italia cheap cialis sale online cialis blood in urine
http://jvrimages.com/#tadalafil+generic cialis fminin cialis 50 mg sans ordonnance comprar cialis internet for

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#viagra+vs+cialis
100mg cialis price cialis farmacia barcelona compre en la tienda cialis lilly cialis sample request quanto costa cialis cialis no longer effective to uk where cialis cheap in
cialis from india cialis australia express cialis no prescription us generic cialis 100mg pharmacy
http://jvrimages.com/#side+effects+for+cialis cialis in ghana best tablet cialis cialis duracion del efecto

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#tadalafil+tablets
cialis femminile corriere cialis jakarta cialis wirkung verstarken callus we use it cialis costs only today order cialis canada fast shipping cialis cheap
cialis manufacturer coupon cheap cialis 150mg on line cialis farmacia barcelona il cialis delle donne
http://jvrimages.com/#tadalafil+tablets try it buy cialis cheapest cialis cialis medicamentos cialis shop erfahrung

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#generic+cialis
cialis online bestellen paypal wow look it cialis equivalent test cialis online kaufen
buy cialic generic cialis calgary cialis 100mg canada cialis patent expiry uk
available will version cialis only now cheap cialis discount what is the cheapest cialis
http://jvrimages.com/#cialis+30+day+sample shop for cialis cheap cialis free com erfahrungen cialis pfizer price in germany

 Michaeltault - http://kamagradyn.com/
kamagra 100 gold ajanta
buy kamagra 100mg
kamagra oral jelly vs cialis
buy kamagra
kamagra 100mg chewables
http://kamagradyn.com/
kamagra forum srbija

 Jefferynum - http://airvietnamairline.com/
cialis 20mg coupons at kroger
buy cialis
best prices on generic cialis
buy generic cialis online
once daily use generic cialis
http://airvietnamairline.com/
cialis 20 mg 30 lu adet tablet

 Robertsnamp - http://amsboatyard.com/
viagra dosage recommendations generic
buy viagra
price viagra vs cialis vs levitra
buy generic viagra
name of woman in viagra commercial blue dress
http://amsboatyard.com/
brand viagra canadian pharmacy

 Keithspump - http://kamagraonl.com/
buy kamagra oral jelly online in india
buy kamagra
kamagra 100mg oral jelly suppliers indiana
buy kamagra 100 mg
kamagra 100mg tablets side effects
http://kamagraonl.com/
kamagra 100 mg green tablets

 Altonnor - http://airvietnamairline.com/
maximum safe dosage of cialis
buy generic cialis
when does cialis go generic in usa
cialis
cialis side effects long term use
http://airvietnamairline.com/
generic cialis soft tabs

 HowardBep - http://amsboatyard.com/
viagra coupons 2016
generic viagra
medical use of viagra
viagra generic
viagra generic canada discount code
http://amsboatyard.com/
viagra car commercial youtube

 Jeremymaf - http://kamagraonl.com/
kamagra shop erfahrungsberichte
buy kamagra 100mg
kamagra 100mg tablets side effects
kamagra 100mg
kamagra 100 gold upotreba
http://kamagraonl.com/
kamagra novi sad

 Williamnox - http://airvietnamairline.com/
walmart cialis 5mg price
generic cialis online
cialis generic in 2018
buy cialis
coupons for cialis generic
http://airvietnamairline.com/
cialis cena

 DarwinSwell - http://amsboatyard.com/
viagra generic availability date
viagra generic
generic cialis levitra viagra
generic viagra
viagra generic manufacturer
http://amsboatyard.com/
natural viagra foods in urdu

 Brandonces - http://kamagraonl.com/
kamagra oral jelly directions use
buy kamagra 100mg
kamagra chew tablets - 100 mg
buy kamagra 100 mg oral jelly
kamagra 100mg tablets for sale in used cars
http://kamagraonl.com/
chewable kamagra polo 100mg

 DustyDiaws - http://airvietnamairline.com/
cialis generic side effects
cialis generic
cialis dangerous side effects
generic cialis
cialis directions for 20mg tablet
http://airvietnamairline.com/
webmd drug cialis side effects

 Robertwrery - http://amsboatyard.com/
viagra cost in us
generic viagra
generic viagra professional 100mg
generic viagra
cost of generic viagra at costco
http://amsboatyard.com/
cheap viagra uk next day

 CecilEdifs - http://sildenafilviagrap.com/
sildenafil citrate pricing
buy viagra online
sildenafil citrate
buy sildenafil citrate
wholesale sildenafil citrate tablets 100mg
http://sildenafilviagrap.com/
sildenafil citrate tablets ip 100 mg india

 Williamcoali - http://buylevitraonl.com/
levitra 20 mg cost
levitra online
viagra vs cialis vs levitra price comparison
levitra online
levitra prices at walmart
http://buylevitraonl.com/
levitra prices at cvs

 WarrenHag - http://kamagraonl.com/
kamagra oral jelly for sale in usa illegal
buy kamagra 100mg
kamagra 100mg oral jelly suppliers india
buy kamagra 100 mg oral jelly
kamagra oral jelly cost in india
http://kamagraonl.com/
kamagra oral jelly 100mg pouzitie

 Harrysok - http://buyviagrapw.com/
viagra generico prezzo
viagra
cost per pill for generic viagra at costco
generic viagra online
cost of generic viagra by teva canada
http://buyviagrapw.com/
effectiveness of cialis vs viagra

 ElmerBop - http://airvietnamairline.com/
walmart drug price for cialis
generic cialis online
cialis costco pharmacy
buy cialis
comprar cialis generico foro
http://airvietnamairline.com/
is there a generic cialis available in canada

 Jamesgible - http://amsboatyard.com/
dose of viagra for men
generic viagra online
walmart viagra price 2016
buy generic viagra online
buy viagra cheapest price
http://amsboatyard.com/
viagra precisa de receita médica portugal

 Vaughnpep - http://kamagraonl.com/
kamagra 100mg reviews
kamagra 100 mg
kamagra oral jelly in india
kamagra 100 mg oral jelly
kamagra oral jelly uses
http://kamagraonl.com/
super kamagra opinie forum

 LarryAlaky - http://sildenafilcitratepw.com/
sildenafil citrate dosage recommendations
buy generic viagra
sildenafil citrate 100mg tab cost per pill
sildenafil citrate 100mg
sildenafil citrate usp
http://sildenafilcitratepw.com/
us sildenafil citrate pricing

 Raymondviope - http://levitraonlq.com/
levitra prices at cvs
levitra online
levitra 20mg tablets
buy levitra online
generic names for levitra
http://levitraonlq.com/
levitra price at walmart pharmacy

 Matthewvar - http://genericviagrasu.com/
genericos de viagra y cialis
buy generic viagra online
levitra vs cialis vs viagra drinking
buy generic viagra
asian woman doing viagra commercial
http://genericviagrasu.com/
gold max female viagra review

 Jamesduh - http://airvietnamairline.com/
cialis tadalafil 20mg dosage
generic cialis
kamagra oral jelly vs cialis
cialis generic
cost viagra versus cialis
http://airvietnamairline.com/
20mg dosage of cialis

 DanielBrile - http://amsboatyard.com/
brand viagra online
buy viagra
reviews of viagra super active
buy viagra
black girl in viagra commercial 2015
http://amsboatyard.com/
viagra prices usa

 ElroygriSy - http://kamagraonl.com/
the kamagra store coupon
buy kamagra
buy kamagra uk review
kamagra 100 mg
kamagra store filagra
http://kamagraonl.com/
kamagra jelly reviews

 WilliamMoogy - http://fildenaonl.com/
fildena 50 side effects
buy fildena
fildena 100 purple for sale
sildenafil citrate
fildena 100 mg side effects
http://fildenaonl.com/
cheapest fildena 100 for sale

 Kelvinmak - http://cialisgenericmg.com/
cost of cialis versus generic
cialis generic
cialis soft tabs australia
buy cialis online
cialis dosage
http://cialisgenericmg.com/
buy generic viagra and cialis online uk

 Robertsam - http://buycialisonl.com/
cialis side effects blurry vision
buy generic cialis
viagra stendra cialis levitra side effects
buy cialis online
cialis pharmacy usa
http://buycialisonl.com/
viagra vs cialis vs levitra price comparison between

 Brianvoits - http://airvietnamairline.com/
generic cialis in us when
generic cialis
viagra cialis levitra dosage
buy generic cialis online
viagra cialis compare
http://airvietnamairline.com/
cialis 20mg price at walmart

 ThomasShelm - http://amsboatyard.com/
levitra side effects vs viagra
buy generic viagra
generic viagra (sildenafil) 100mg
generic viagra
viagra caseiro de melancia funciona
http://amsboatyard.com/
cheapest price on generic viagra

 Williewep - http://kamagraonl.com/
kamagra customer reviews
kamagra 100 mg
kamagra oral jelly 100mg for sale
kamagra 100 mg oral jelly
india kamagra 100mg chewable tablets
http://kamagraonl.com/
kamagra oral jelly for sale in usare

 ThomasCar - http://sildenafilcitratepw.com/
sildenafil citrate usage
generic viagra online
sildenafil citrate 100mg cost
sildenafil citrate 20mg
sildenafil citrate generic viagra
http://sildenafilcitratepw.com/
sildenafil citrate tablets

 DominicMed - http://levitraonlq.com/
generic levitra 20mg tablets price
levitra online
levitra 20 mg cost
levitra 10mg
generic levitra available in usa news
http://levitraonlq.com/
levitra 20 mg cost walmart generic

 Georgeitabs - http://airvietnamairline.com/
cialis brand 10mg
cialis generic
cialis tadalafil 10mg tablets
buy cialis
levitra vs sildenafil vs cialis
http://airvietnamairline.com/
cialis soft gels

 Nicolasembob - http://buyviagrapw.com/
viagra side effects hearing
viagra
cialis vs viagra dosage
generic viagra
cialis vs viagra for bph
http://buyviagrapw.com/
viagra professional 100mg ebay

 Walterkiz - http://amsboatyard.com/
generic viagra just as good
viagra
cialis price versus viagra which is better
viagra generic
viagra prices at cvs pharmacy
http://amsboatyard.com/
generic viagra (sildenafil citrate) 100mg

 Nathansot - http://kamagraonl.com/
kamagra forum pl
kamagra 100 mg
how to use kamagra 100mg tablets
buy kamagra online
kamagra 100mg tablets for sale in uses
http://kamagraonl.com/
kamagra oral jelly amazon

 MichaelPreli - http://sildenafilcitratepw.com/
sildenafil citrate tablets
buy generic viagra online
sildenafil citrate generic walmart
buy generic viagra
sildenafil citrate usage
http://sildenafilcitratepw.com/
sildenafil citrate used for

 DonaldtuM - http://levitraonlq.com/
levitra vs viagra
buy levitra
levitra generic drug
levitra online
levitra 20 mg cost
http://levitraonlq.com/
levitra prices kaiser

 JeffreyTum - http://airvietnamairline.com/
cialis tv commercial bathtubs
buy cialis online
cialis generic name
generic cialis online
cost of viagra versus cialis
http://airvietnamairline.com/
cialis black vs professional cialis

 RichardFrons - http://genericviagrasu.com/
viagra prices cvs for express scripts
viagra
buy viagra soft tabs
viagra
benefits of generic extra super viagra
http://genericviagrasu.com/
viagra for women pink pill

 Charlesbaw - http://kamagraonl.com/
kamagra oral jelly kopen amsterdam
buy kamagra 100 mg
kamagra oral jelly 5gm sildenafil
buy kamagra 100 mg oral jelly
kamagra 100mg tablets usa 247 pills
http://kamagraonl.com/
india kamagra 100mg chewable tablets

 Phillipdeaph - http://amsboatyard.com/
viagra super active plus pharmacy rx
generic viagra online
viagra soft 100 mg x 30 pills
generic viagra online
levitra vs cialis vs viagra cost
http://amsboatyard.com/
compare price of cialis and viagra

 Barryflers - http://airvietnamairline.com/
247 overnight pharmacy buy cialis usa
generic cialis
cialis generic release date
buy generic cialis
cialis side effects hip pain
http://airvietnamairline.com/
cialis 5 mg or 20 mg

 Franciselola - http://fildenaonl.com/
fildena online india
fildena
fildena do they work
buy fildena online
fildena 150mg dose from fortune healthcare
http://fildenaonl.com/
fildena citrate 50mg

 DexterSkeme - http://cialisgenericmg.com/
viagra vs cialis vs levitra reviews
buy cialis
cialis commercial bathroom
cialis
is generic cialis available in united states
http://cialisgenericmg.com/
cialis 10mg dosage

 CharlesAsype - http://kamagraonl.com/
kamagra cost
buy kamagra online
kamagra bestellen nederland
buy kamagra
kamagra forum srpski
http://kamagraonl.com/
kamagra 100mg amazon

 Clydemasot - http://amsboatyard.com/
youtube viagra commercial 2015 date night
generic viagra online
woman in blue dress in new viagra commercial
buy generic viagra
viagra soft pill
http://amsboatyard.com/
viagra natural sandia y limon

 MichaelRef - http://airvietnamairline.com/
cialis coupons 2017
buy generic cialis
cialis viagra comparison
cialis generic
side effects viagra cialis levitra
http://airvietnamairline.com/
levitra vs viagra vs cialis forum

 LarryJem - http://sildenafilcitratepw.com/
sildenafil citrate generic walmart
viagra generic
sildenafil citrate suspension package insert
sildenafil citrate 20mg
sildenafil citrate 100mg
http://sildenafilcitratepw.com/
sildenafil citrate 100mg how does it work

 RonaldRiz - http://levitraonlq.com/
levitra vs viagra forum
buy levitra
generic levitra available in usa
buy levitra online
viagra vs cialis vs levitra price comparison
http://levitraonlq.com/
cost of levitra vs cialis vs viagra

 ThomasGak - http://buyviagrapw.com/
viagra medicine in hindi
buy viagra
venta de viagra generico en mexico
buy viagra online
buy viagra uk forum
http://buyviagrapw.com/
cialis price vs viagra cost comparison

 Petertam - http://kamagraonl.com/
kamagra jelly reviews
kamagra 100 mg
effectiveness of cialis vs viagra vs levitra vs kamagra
buy kamagra
kamagra store
http://kamagraonl.com/
kamagra oral jelly novi sad

 KeithBiomi - http://amsboatyard.com/
viagra cialis levitra dosage
viagra generic
cialis price versus viagra which is better
viagra generic
pfizer viagra coupons samples
http://amsboatyard.com/
generic name for viagra joke

 Georgemok - http://airvietnamairline.com/
cost for cialis 20mg
generic cialis online
cialis generico en mexico df
cialis
generic cialis soft reviews
http://airvietnamairline.com/
cost of generic cialis 5 mg tablets

 WesleyKen - http://levitraonlq.com/
levitra generic available
buy levitra
levitra 20 mg tablet
levitra
levitra dosage
http://levitraonlq.com/
levitra coupons 2017

 FrankDon - http://genericviagrasu.com/
pfizer viagra coupons from pfizer
buy viagra
viagra side effects headache
generic viagra
viagra tablet uses in tamil
http://genericviagrasu.com/
viagra generic name

 CesarZef - http://kamagraonl.com/
kamagra 100mg tablets for sale in use
buy kamagra 100 mg
kamagra jelly 100mg
kamagra 100mg
kamagra 100 chewable review
http://kamagraonl.com/
kamagra stores

 DonaldAmoro - http://amsboatyard.com/
cost of generic viagra by teva generics
viagra
price comparison viagra vs cialis
generic viagra online
viagra commercial actress 2014
http://amsboatyard.com/
viagra generic price at cvs pharmacy

 ThomasClisy - http://airvietnamairline.com/
comprar cialis generico no brasil
generic cialis online
cialis 5mg price walgreens
generic cialis online
cialis generic available us
http://airvietnamairline.com/
cialis vs levitra reviews

 Michaelaleva - http://fildenaonl.com/
fildena 100 purple for sale
fildena
fildena 100 mg fruit chew
fildena
fildena 100 mg cheap
http://fildenaonl.com/
buy fildena 100 cheap india

 Rickeyceapy - http://cialisgenericmg.com/
cialis tadalafil 10mg prix
generic cialis online
cialis coupon at walgreens
generic cialis online
generic cialis cheapest price
http://cialisgenericmg.com/
cialis 2.5 mg price comparison

 Kennethanisp - http://buycialisonl.com/
cost of cialis or viagra
generic cialis
generic cialis soft reviews
cialis
cialis side effects blurry vision
http://buycialisonl.com/
cialis 20mg price in india

 Dennisbom - http://amsboatyard.com/
viagra 100mg or cialis 20mg
buy generic viagra online
herbal viagra side effects
buy viagra
fda approved viagra for women
http://amsboatyard.com/
viagra soft gel

 Edgarmog - http://kamagraonl.com/
kamagra chewable 100 mg reviews
buy kamagra online
kamagra oral jelly amazon nederlande
buy kamagra 100 mg oral jelly
kamagra 100mg oral jelly in india
http://kamagraonl.com/
kamagra oral jelly günstig kaufen paypal

 WalterPag - http://airvietnamairline.com/
cialis soft tabs dosage
buy generic cialis online
best time to take viagra and cialis
buy generic cialis
viagra and cialis best price
http://airvietnamairline.com/
best prices for cialis 5mg

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Pernikahan Rosululloh Saw Dengan Siti Khodijah

 Pernikahan Nabi Yusuf Dengan Zulaikha

 Pernikahan Nabi Sulaiman Dengan Ratu Bulqis

 Pernikahan Nabi Musa Dengan Puteri Syafura

 Pernikahan Nabi Adam

 Gaun Pengantin Untuk Muslim

 Tidak Perawan Lagi, Haruskah Diberitahukan Kepada Calon Suami?

 Biaya Pernikahan

 Tidak Perawan Lagi, Haruskah Diberitahukan Kepada Calon Suami?

 Pertunangan, Lebih Singkat Lebih Baik

 Memilih Ibu Atau Kekasih Yang Non Muslim

 Merit Dulu, Pacaran Kemudian

 Buat Yg Belum, Akan & Telah Menikah

 Nasehat Qur'ani Tentang Pernikahan

 Ketika Ajakan Menikah Ditolak

 Persiapan Mental Untuk Menikah Itu Seperti Apa?

 Janji Allah Bagi Orang Yang Akan Menikah

 Berani Menikah

 Apakah Bisa Menikah Tanpa Cinta?

 Tidak Menikah Dengan Foto, Please

 Doa Keluarga Sakinah

 Izinkan Aku Meminangmu

 Kepada Calon Istriku Where Ever U R

 Antara Nikah Dan Hutang

 Surat Terakhir Untuk Mantan Pacarku

 Periksa Kesehatan Pra Nikah - Sedia Payung Sebelum Hujan

 Rumahtangga Berkah

 Jeritan Seorang Perawan Tua

 Bila Aku Jatuh Cinta

 Arjuna Dan Sang Bidadari




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com