pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

rumah jonggol
rumah bogor
rumah cibubur
rumah citra gran

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 8265 kali

Menikahi Wanita Yang Punya Pacar, Berdosakah?

Karya : Rr Anita Widayanti

 

tentang-pernikahan.com - Assalamu'alaikum wr. wb.

Ibu, saya seorang laki-laki berusia 23 tahun, ingin menikahi seorang muslimah 21 tahun. Berdosakah saya jika saya menikahinya sedangkan ia masih punya hubungan (pacaran) dengan laki-laki lain, tetapi ia tidak berniat untuk menikah dengan laki-laki itu (pacarnya). Saya pernah menjalin hubungan dengan muslimah ini, lalu sempat kandas di tengah jalan, dan setelah 5 tahun saya datang lagi untuk melanjutkan hubungan yang telah terputus itu ke arah pernikahan..

Alhamdulillah, di setiap sujud dan doa saya, saya senantiasa berdoa pada Allah, seandainya ia terbaik buat saya, mudahkan dan tunjukkanlah jalannya. Subhanallah, berkat kesabaran dan izin Allah, saya bisa kembali menjalin hubungan dengannya. Jujur ibu, perasaan saya ke dia tidak hanya sesaat tetapi udah membatin dalam diri saya. Alhamdulillah dia juga masih sangat mencintai saya. Kita terpisah hanya karena keegoan kita sewaktu dulu. Berdosakah kami ibu, pada laki-laki tadi (pacarnya), karena saya tidak ingin melukai perasaan orang lain. Atas jawaban saya ucapkan ribuan terima kasih,

Wassalam,
U

Jawaban:

Assalammu'alaikum wr.wb.

Saudara U yang baik, rasanya memang tidak enak ya melamar wanita yang masih memiliki pacar, meskipun wanita tersebut bersedia menerima lamaran anda. Sebenarnya pacaran sendiri dalam islam memang tidak diakui sebagai satu bentuk hubungan yang sah, berbeda dengan proses mengkhitbah seseorang. Oleh karena itu dalam hal ini jika anda bertanya dosa atau tidak, nampaknya tidak ada hubungannya dengan dosa dalam kacamata hukum islam. Kecuali jika anda melamar wanita tersebut pada saat si wanita sedang dalam proses khitbah dan si wanita belum memutuskan, maka itu jelas tidak diperbolehkan.

Jadi sah-sah saja bagi anda untuk menikahi wanita yang sedang punya pacar, bahkan bagi si wanita sebenarnya lebih baik untuk menikah saja daripada harus melanjutkan proses pacaran yang tak jelas status dan ikatannya. Hanya dalam hubungan antar manusia memang dapat menimbulkan konflik. Oleh karena itu sebaiknya wanita tersebut memang mengakhiri dulu hubungannya dengan pacarnya tersebut, setelah menyelesaikan secara baik-baik baru kemudian ia melanjutkan proses yang lebih baik yaitu pernikahan.

Meskipun saya juga heran bagaimana ia bisa tiba-tiba memutuskan menikah dengan anda sedangkan ia masih mempunyai hubungan khusus dengan seseorang. Jika hubungan yang dilakukannya memang cuma sekedar iseng dan tak berniat untuk mengakhirinya dengan pernikahan, maka menikahinya memang membantunya keluar dari hubungan yang dekat dengan zina tersebut. Setelah menjalani pernikahan bimbinglah istri anda agar dapat senantiasa menjaga nilai-nilai ke-Islaman dalam dirinya dan mendidik anak-anaknya sesuai ajaran islam.

Wassalammu'alaikum wr. wb.
Rr. Anita W.

Sumber : www.eramuslim.com


Komentar-komentar :

 Leila - Cipanas-puncak
Kyaknya...sah-sah aja dech, sebelum ada janur kuning. Allah udah ngatur jodoh kita masing-masing. Nikah adalah suatu keajaiban.

 may - Jakarta
Kyanya sah2 aja asalkan niatnya memang benar2karena Allah bukan karena hawa nafsu jadi intinya Luruskan Niat

 abang - sangatta
Insya Allah, niat Akhi untuk menikahi wanita tersebut tidak dosa dalam kacamata Islam. Dan untuk menjaga ukhuwah, memang lebih baik jika hubungan wanita idaman anda dengan pacarnya diselesaikan terlebih dahulu. Selamat menempuh hidup baru, barakallahu lakum.

 Yud - Jambi
saya tidak mengerti pola pikir sang wanita, kenapa dia masih berpacaran sementara dia telah menerima lamaran dari sang lelaki, saya harap ini dapat menjadi pertimbangan bagi sang lelaki yang sholeh

 ys - dimana mana
Halo.. saya disini kamu disana kenapa tak pernah bertemu?

 hamba alloh - jogja
ya.......sedih lah.....tapi baik juga deeeeh aku juga ikut dukung aah....

 lenie - palembang-jogja
ass...saya dukung deh,,,soal nya..pacar ga ngejamin bakalan ngebahagiain dunia akherat..kan yang bisa ngebawa cuma amal sholeh ma suami yang bisa...
ehm...kapan yah bisa begitu..
insya allah

 wassaw - Indramayu
Bagus lah, tapi apakah sang lelaki tak merasa rugi?
Tap menkahi orang yang sedang menuju jalan yang tak benar itu memenag membantunya untuk keluar dari pintu menuju zinah. Semoga yang lagi pada pacaran mengerti akan semua itu.
Nikah aja deh, k'lo belum sanggup jangan pacaran dong OK!!!

 arvin - sby
ya kasihan juga cih pacarnya, khan dia di khianati

 fefe - bandung
wah jangan suudzon dulu :D siapa tau temen laki-lakinya itu emang udah niat buat nikah ..., mas udah tanya belum ke laki-laki itu ... luruskan dulu masalahnya sapa tau dia udah mo khitbah :D ..

 angga - yogya
wah bagus itu, tapi harus diselesaikan/ putusin dulu pacar ceweknya biar tidak ada masalah ntar. selagi janur kuning belum melengkung dan tidak ada anak yang dikandung, why not?

 Andai - tasikmalaya
asslmkm, menurutku karena ini sama dengan pengalamanku. jikalau niat antum tulus untuk menikahi wanita tersebut. berjuanglah sekuat tenaga.....sok lah mendingan menikah saja.

 Angga Darma - Jakarta
Assalamualaikum wr wb. waaaah ceritanya sama banget dengan yang aku alami, makasih ya buat orang orang yang udah ngebantuin utk menjawab pertanyaan dari yang nanya, aku juga merasa terbantu sekali.

 gus syauqi - kendal
boleh -boleh saja asal pihak wanita dan pria setuju,dan juga mendapat reestu ortu

 rinty - pdg
boleh aja...asal g' berlaku buat gw,he...he...

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Awalnya Tidak Suka Tapi Akhirnya Berharap

 Antara Nikah Dan Thalabul 'ilmi

 Status Si Dia: Adik, Sahabat, Pacar?

 Berencana Untuk Menikah Tapi Hidup Terpisah

 Ini Adalah Kisah Yang Sudah Sangat Melegenda : Atas Nama Cinta

 Jauh Jodoh Karena Tanda Lahir Di Pipi

 Belum Ada Jodoh, Mas...

 Bersediakah Engkau Menjadi Isteri Saya

 Jangan Ada Dusta

 Saya Di Amerika Dan Calon Istri Di Indonesia, Bisakah Menikah Jarak Jauh?

 Nikah Jakarta Mesir Melalui Media Komunikasi, Bagaimana Caranya?

 When You're Falling In Love

 Keluarga Calon Suami Ingin Melamar Seminggu Sebelum Menikah

 Ingin Bertaubah Nasuha Dan Menikahi Bekas Pacar

 Calon Isteri Sudah Tidak Perawan

 Mencintai Seseorang Yang Sudah Menikah

 Diskusi Jomblo Dengan Non Jomblo

 Pacaran Yang Syar'i, Mungkinkah?

 Bolehkah Perempuan Melamar Terlebih Dahulu?

 Makna Sakinah, Mawaddah Dan Rahmah

 Rahasia Jodoh

 Masuk Islam Untuk Menikah Tidak Direstui Orang Tua, Apakah Termasuk Durhaka?

 Pengantin Bidadari

 Berlebih-lebihan Dalam Meminta Mahar

 Kenapa Harus Menikah?

 Diteror Mantan Pacar Menjelang Pernikahan

 Ya Allah, Alangkah Bahagianya Calon Suamiku Itu...

 Malam Pertama Dengan Bidadari Surgaku

 Pacaran Boleh Ngga Ya?

 Pernikahan Rosululloh Saw Dengan Siti Khodijah




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com