pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

rumah jonggol
rumah bogor
rumah cibubur
rumah citra gran

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 6359 kali

Membolehkan Pacaran? Sebuah Pendekatan Positif

Karya : Ustadzcinta_manajemen

 

tentang-pernikahan.com - 1. Silahkan pacaran asal jangan ketahuan Tuhan
Ya, silahkan si remaja pacaran asal tidak ketahuan Tuhan. Mau di dalam gua, di tengah hutan, di puncak gunung yang sepi, di kuburan tengah malam, terserah. Pokoknya tempat yang tidak Tuhan ketahui.

2. Silahkan pacaran asal jangan asyik berdua
Silahkan pacaran saja tapi jangan pernah berduaan. Ajaklah adik, kakak, orang tua, om, tante, kakek, nenek, tetangga, pokoknya rame-rame. Jika cuma ingin berdua, lebih baik di rumah saja bersama mama dan papa.

Setelah menguraikan dua syarat ini, mungkin remaja akan mengeluh, "Ye... sama aja bohong."

Memang. Dua syarat di atas hanyalah taktik. Sebuah pendekatan yang lebih bersahabat. Pesan yang ingin disampaikan juga larangan, tapi disampaikan lebih manis. Si remaja akan tersenyum setelah mendengar nasehat ini. Bandingkan jika belum apa-apa si remaja sudah dilarang, dihakimi, dimarahi. Ia akan memasang jarak dan enggan curhat lagi dengan orang yang melarang.

Mungkin pendekatan positif masih terasa asing bagi kita. Sejak kecil kita terbiasa dididik dengan pendekatan negatif:

"Jangan nakal! Nanti ditangkap polisi."
"Kalau bandel nggak akan mama kasih uang Jajan."
"Shalat yang bener! Kalau nggak, kamu bisa masuk neraka!"

Padahal kita bisa menasehati dengan bijak. Memilih kata dan kalimat yang tepat, disampaikan dengan penuh kelembutan.
"Jadi anak manis, ya. Supaya Mama dan Papa tambah sayang sama kamu"
"Ayo yang rajin. Nanti uang jajannya dikasih lebih"
"Shalat ya, Sayang. Biar kita sama-sama masuk surga."

Pendekatan positif. Memang masih asing. Tapi jika hasilnya lebih baik, kenapa kita tak mencobanya. Selamat mencoba! (Koko Nata)


Komentar-komentar :

 abdul kohar - jakarta
saya sangat setuju dengan apa yang ustadz katakan, karena bahasa bisa mempengaruhi psikologi seseorang. begitulah yang terdapat dalam psikolinguistik

 zieds - pontianak
Ass...wr..wb...
subhanallah.... jika semua orang tua, remaja(calon ortu), atau semua orang mengetahi cara ini... bisa dibayangkan kedepannya (ana gak bisa membayangkan beta indahnya kehidupan yang islami akan tecipta) bahwa inilah keindahan islam...
wasalam....wr..wb

 Aryo - Tangerang
Assalamu'alaikum.. Wr Wb
Terkadang seseorang yg memberikan arahan memang sebagai seorang anak saya akui 80% itu dengan nada bicara tinggi kenapa ??
Karena regenerasi zaman.. orang2 yang dilahirkan lebih dahulu dri kita itu kebanyakan di didik oleh tingkat disiplin yang tinggi hingga pada akhirnya menjadi sebuah acuan dia pada anak2 nya nanti...
Tapi didikan itu tidak optimal di masa sekarang yang sudah maju apalagi bendera demokrasi telah berkibar..
Seharusnya sianak itu mengerti akan bagaimana si orang tua memberi arahan.. ya walaupun dengan nada sedikit agak tinggi.. (cobalah mengerti karakter orang tua)
Si orang tua juga harus mengerti akan bagaimana anaknya..
ada anak memang yang harus di beri arahan agak dengan nada marah ada pula anak yang harus diberi arahan dengan baik2 (kenali kepribadian si anak terlebih dahulu) ciptakan rumah tangga yang satu sama lain saling membutuhkan...
Sorry.. kebanyakan
Waasalamu'alaikum

 vey - sukabumi
ass..kum
Pacaran?memang dalam agama tidak diperbolehkan.Ya,lebih baik berta'aruf dan jika hati sudah mantap menikah saja.insya allah kebahagiaan akan berkah.sebenarnya pacaran itu menguras waktu,tenaga,fikiran dll.orang yang berpacaran lalu menikah maka kemesraan dalam rumah tangga kelak hanya sebentar saja.bagamana jika beso kita meninggal sedangkan kita dalam keadaan maksiat alias pacaran?hayooo mau sirga atau neraka?love from some one can will be die but love fro allah SWt its never die because its the true love.
wassalamu'alaikum

 abdy - lampung
Assalamualaikum wr.wb
Subhannallah.maha suci Allah yang telah menciptakan hati,jika kita menyampaikannya dengan penuh kasih sayang sekalipun itu sesuatu yang buruk dengan maksud yang baik maka insya Allah akan membuahkan hasil yang baik pula. wallahu a'lam
wassalamualaikum wr.wb

 laylin - jambi
assalamualaikum semuanya.
yupz. aku s7 banget ma artikel ini, kayaknya "PACARAN" udah mewabah di jiwa muda-mudi kita, apalagi BAGI IKHWAN AKHWAT Kita, sungguh di syangkan sekali ya...!!!
dan sungguh terpuji bagi mereka yang mengamalkan "Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan".
semoga para pembaca semua dapat mengamalkannya yach, amiin...!

 k42 - jogja
i now
i nw
i now

 khusnul - solo
he..he...q setuju ajah...btl jg dgn artikelnya, no pacaran yes married......

mg qt bs mengamalkan nya...

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Kalau Asmara Terbentur Dinding

 Nikah Sebuah Dilema

 Pelangi Nggombal.lagi!

 Rumah Tangga Samara

 Ketika Derita Mengabadikan Cinta

 Deg-degan Saat Dilamar

 Raihana 3 - Pudarnya Cahaya Cleopatra

 Raihana 2 - Pudarnya Pesona Cleopatra

 Raihana 1 - Pudarnya Cahaya Cleopatra

 Ar-royan - Ayo Menikah

 Mengapa Cincin Pernikahan Harus Ditaruh Di Jari Manis??

 When I Met My Future Wife

 Setelah Putus Pacaran

 Kiat Mengenal Calon Tanpa Pacaran

 Engkau Memang Jodohku

 Mencari Yang Sempurna

 Ana Sudah Siap....taaruf Ahhh!!!

 Karena Membuka Rekening Di Bank Syariah

 Jodoh Oh Jodoh...

 Sabar Menyongsong Pernikahan

 Menikahlah Dengan Perasaan Dan Hati Bukan Logika

 Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah

 Tetaplah Putih Seputih Melati

 Apakah Menikah Harus Didasari Rasa Cinta

 Kami Yang Belum Menikah

 Soul Mate: Where Are You?

 Antara Menikah Dan Sumber Penghasilan

 Biarlah Ku Kembalikan Cinta Ini Pada-nya

 Di Usia Tiga Puluhan

 Nasihat Perkawinan 6




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com