pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

rumah jonggol
rumah bogor
rumah cibubur
rumah citra gran

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 15427 kali

Menguak Tabir Hari Dan Bulan Baik Pernikahan 1

taken from : majalah Anggun edisi 08 / 1 / Januari 2006

 

tentang-pernikahan.com - Pernikahan menjadi momen sakral. Saking sakralnya, sekelompok masyara­kat meyakini pemilih­an hari dan bulan ter­tentu untuk pernikah­an dapat menentukan pasang-surut kehi­dupan .pasangan suami istri keIak. Namun, sebagian orang malah abai dan tak mempercayai. Kepercayaan akan adanya hari dan bulan baik atau naas dicap sarat mitos. Adakalanya tabir magis yang menyelimuti dan bertengger di balik tradisi keagamaan dan kepercayaan semacam itu .

Di usia yang ke-24, Naj­wa (bukan nama se­benarnya) berniat menggenapkan sete­ngah agama dengan menikah. Calon pendamping sudah ada, namun sedang me­nempuh studi di luar daerah. Rencananya, pernikahan bakal dilangsungkan segera setelah sang calon menyelesaikan studi­ nya. Namun, begitu mendekati bulan-bulan perhelatan akad nikah, masalah pun tiba-tiba muncul membayangi. Sang calon sua­mi berselisih pendapat dengan orang tuanya soal penentuan hari dan bulan pernikahan.

Si orang tua yang Kejawen tu­len itu menginginkan agar perni­kahan anaknya dilangsungkan tanggal 5 bulan Safar yang jatuh pada hari Selasa. Padahal, sejak semula, ancang-ancang perni­kahan bakal digelar bulan Muha­ram. Rencana itu pun harus di­tunda. Dengan alasan, bulan Muharam bukan bulan yang baik untuk pernikahan, dan sebelum tanggal 5, hari-harinya masih di­anggap terpengaruh bulan Mu­haratn. Dengan agak alot, penen­tuan bulan pun akhimya disepa­kati ditunda bulan berikutnya, yaitu Safar, namun mesti agak ce­pat.

Najwa dan calon sendiri me­nginginkan menikah pada 3 Sa­far yang jatuh pada hari Minggu. Alasannya, Najwa bekerja non shift dan kalau ambil cuti terlalu banyak pasti tak memungkin­kan. Teman-teman mereka ber­dua kebanyakan bekerja non shift yang hari liburnya jatuh pada hari Sabtu dan Minggu.

Keinginan tinggallah keingi­nan. Sang orang tua yang terje­bak mempercayai primbon me­mutuskan pernikahan keduanya digelar hari Selasa esoknya. Lan­taran pihak orang tua tidak ridha jika menikah di hari Minggu, ke­duanya pun menurut saja. Tak ayal, otak-atik hari pernikahan sampai 3 kali mengalami peruba­han. Dari Selasa, menjadi Minggu dan Selasa lagi.

bersambung ...


Komentar-komentar :

 RONY - bogor
Jujur... Saya sih gak paham mengenai mana tanggal/bulan atau mgkin tahun yang bagus untuk pernikahan, yang pasti ISLAM tidak menyulitkan umatnya, kita sendirilah sebagai manusia yg kadang menyulitkan diri sendiri.... saya kwatir, pernikahan gak akan jadi gara2 pemahaman yang salah... :-( huwaaaa...

 fatah - banjarmasin
saat ini saya juga dalam situasi demikian,tgl yg sudah km berdua tentukan secara matang..tiba2 ditentang olah para org tua dan mengatakan bhwa tgl tersebut tdk baik utk pernikahan...katanya tidak berkah!!padahal apa hubungannya...!!!namun ak masih bingung apa dasarnya ya..belum dpt jwbannya.(secara pribadi sy tdk setuju)

 nanang - serang
mengenai hari baik dalam melangsukan pernikahan...menurut saya tidak da bedanya...masalahnya semua hari dan tanggal itu baik...jadi pemilihan hari H..bagi saya tidak penting.karena yg paling penting kesiapan kita tuk melangsungkan pernikahan.saya insyaAllah jga akan melangsungkan pernikahan bulan april ini.untuk hari mah alhamdulillah ga da perbedaan persepsi dri kedua pihak kluarga ..so hari baik dan tanggal hanya kepercayaan kolot yang tidak ada dasarnya...

 diah novikha - semarang
saya sih ga percaya dengan tanggalan jawa, saya menentukan hari pernikahan saya yang pasti tanggal muda,jadi tamu undangannya masih pada punya duit soalnya tanggal muda kan habis gajian tu.., dan harinya
yang pasti hari libur kalo ga sabtu ya minggu,ok kan
dan aku calon suamiku serta keluarga juga percaya semua hari itu baik kita serahkan aja semuanya pada Tuhan Yesus

 Erwin - pekanbaru
kentut lah kalian semua...kalau mau kawin kawin aja yang paling penting itu hepeng....bukan hari... semua hari itu baik bro..... kalau ada hari ga ada uang mana bisa kawin.......... ya kan....?

 siiTy.. - palembang
Allah maha mengetahui semuanya, mungkin nurut kiat gak baik, tapi menurut Allah itu baik....
soooo,,
gak usah pusing... tanggal,bulan n tahu pernikahan biarlah allah yang merencanakannya.

 Ion - Tuban
Di tempatku kebanyakan memang memakai itungan itu, dan bahkan sekarang ini aku juga mengalami itu, pedihh.. ini gak cuma hari pernikahan, bahkan sampai weton kita di hitung juga sebelumnya dan katanya kurang cocok, gak tau apa yang mendasarinya, tapi kami berdua sampai sekarang masih memperthankan hubungan kita, kami berusaha menjelaskan tentang itu semua, dan kami pun yakin kepada Allah, kalau kita punya niat untuk pernikahan itu dengan tulus dan mengharap ridhoNya Insya Allah akan memberikan jalan yang terbaik juga, Amiin... kami memohon do'a dari kalian semua untuk tujuan suci kami

 Elly - Kudus
Iya...aku juga sempet bingung, habis keluargaku kejawen...
katanya menikah bertepatan dengan hari pasaran salah satu keluarga meninggal sih gak bagus....apa dasarnya coba?! tapi akhirnya keluargaku bilang gak masalah yang penting di doain sebelumnya...

 Wahyu Hidayat - BENGKULU
klo gw sh.....ga percaya sma itg2ngan gtu..... yang penting kita pya niat tuk suci n sikond memungkinkan....ya tancap aja....n serahkan semuanya sma Allah....kan cuma Allah yang bisa mengabulkan rencana kita.

 Citro - Tulung agung
Bwt aq sih prcya g prcya... Krn smua in udh ad yg ngtur. D tmptq bnyk kl ad prnkhn sll ad ssorng yg d sruh menolak hjan. Bìar nnt wkt hr H g ujan.. Ee...kbtuln wkt it bnyk jg sih yg melangsungkn prnikahan. Lha abs magrib hujan dras. In yg slah dukuny ap hriny. Knp g mnikah kmrn wkt cuaca cerah aj... Kan lbh baik..

 LarlutSpese - http://cheapcheapvia.com
Cialis Without Prescription Canada Amoxicillin Chewable Peppermint Tablets Ingredients buy viagra online Keflex For Strep Throat Vardenafil Side Effects 20mg Center Kamagra Oral Jelly

 LarlutSpese - http://sildenafdosage.com
Le Viagra Fatigue Cialis Und Generika Viagra Paris Boutique viagra Prix Levitra 10 Mg Orange Cipro Recall

 LarlutSpese - http://buygenericvia.com
Prix Cialis Pharmacie Maroc Code For Amoxicillin viagra Viagra Frankreich Levitra 10 Mg Forum Cialis For Sale Canada

 LarlutSpese - http://cheapviafast.com
Amoxicillin For Ear Infections Levitra Duracion Efecto viagra Is Amoxicillin Safe For Dogs

 Jeffcopy - http://tadalaf20mg.com
Achat Cialis Discount Best Price For Generic Cialis cialis Secure Viagra Where To Buy Valtrex Online Priligy Ohne Rezept Bestellen

 LarlutSpese - http://genericcial.com
Prevacid Discount Card Orlistat Generique Xenical viagra Brand Name Cialis In Hong Kong Zithromax Long Qt Generic Fda Propecia Dosage

 LarlutSpese - http://realviaonline.com
For Sale Discount Generic Acticin Real Acheter Viagra Ou viagra Cialis 10mg Nebenwirkungen Cheap Viagra Online Usa

 LarlutSpese - http://realviaonline.com
Kamagra Sabores Comprar Discount Where To Buy Secure Ordering Hydrochlorothiazide Internet Medication Swansea Cialis Online Kaufen viagra Order Diflucan Online Canada Pastilla Cialis Con Alcohol

 Hearcedyept - http://kaivanrosendaal.com/
can u buy cialis online cialis nz le meilleur prix original cialis ohne rezept cialis in usa best price cialis 20 mg Buy Cheap Cialis usa only here buy generic cialis cial

 Hearcedyept - http://kaivanrosendaal.com/
comparatif prix cialis cialis cialis e un farmaco try it scam cialis from candad Buy Cheap Cialis in us cialis generic italia Buy Cheap Cialis in usa cialis chez fille cialis 20mg

 Brcedyept - http://kaivanrosendaal.com
cialis professional yohimbe prix cialis once a da
Buy Cheap Cialis 5 mg cialis pharmacie en ligne compare prices cialis uk

 Brcedyept - http://kaivanrosendaal.com/#Cialis-Cheap-Buy-Online
il cialis quanto costa buying cialis overnight
cheap cialis cialis australia org buy cialis online nz

 Brcedyept - http://kaivanrosendaal.com/#Cialis-Cheap-Buy-Online
only here cialis pills we choice free trial of cialis
Buy Cheap Cialis in usa buying cialis in colombia generic cialis pill online

 Brcedyept - http://kaivanrosendaal.com/#Cialis-Cheap-Buy-Online
cialis pas cher paris cialis herbs
Buy Cheap Cialis usa chinese cialis 50 mg fast cialis online

 Brcedyept - http://kaivanrosendaal.com/#Cheap-Cialis
precios cialis peru enter site 20 mg cialis cost
Buy Cheap Cialis usa cialis online get cheap cialis

 Brcedyept - http://kaivanrosendaal.com/#Cheap-Cialis
safe site to buy cialis online order cialis from india
buy cialis online cialis 5 mg buy buy cialis cheap 10 mg

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#generic+for+cialis
we use it cialis costs compra de cialis generica cialis price 4 pills package cheap cialis cost of cialis australia cialis mission statement achat cialis original en ligne
what is cialis cost levitra cialis i took 200 mg of cialis good choice dosage cialis
http://jvrimages.com/#cialis+5mg espn radio cialis promotion female cialis discounts retail cost cialis

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#cilas
womens cialis for sale uk australian cialis suppliers enter site certified cialis cialis canada is cialis a prescription drug cialis free com erfahrungen alternatives sale cialis
jvrimages.com cialis france pu cialis achat de toronto get cialis las vegas
http://jvrimages.com/#canadian+cialis vente de cialis en ligne cialis kamagra gu wow look it mexico cialis

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#cialis+for+sale
cialis in usa cheap very good site cialis no rx how to get cialis in tokyo canadian cialis usefull link best cialis buy comprar cialis argentina cialis plus stay hard
low cost cialis 20mg cialis for sale cheap ireland cialis in denver cialis shops in singapore
http://jvrimages.com/#cialis+free+trial cialis barato para venta en uk cialis 50 mg sans ordonnance before and after cialis use

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#tadalafil+generic
ever use cialis pldoras cialis muy baratas how to get cialis in windsor cialis 200 dollar savings card i where get cialis cialis 100mg canada cialis occh
cialis 30 day trial coupon cialis por orden telefnica cialis barato profesional comprar female cialis 100
http://jvrimages.com/#cialis+manufacturer+coupon ipad cialis online sicher australian cialis suppliers effetti cialis femminil

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#cialis+free+trial
schweiz cialis verkaufen cialis kaufen paypal generic cialis look like celias cialis purchase in melbourne cialis pricing in canada the price of 25 cialis 100mg
cialis pills jual cialis online cialis cialis prices cialis trial coupon
http://jvrimages.com/#generic+cialis+tadalafil enter site 100mg cialis offerte cialis cialis bestellen cialis kaufen

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#cilas
discount generic cialis uk ville achat cialis can i buy cialis in soho cialis coupons printable cialis kamagra 100 discount 50 mg generic cialis wow look it cialis price
calluses on feet pills for girls cialis cialis by phone click here buy cialis tablet
http://jvrimages.com/#callus+formation cialis on line generic generic cialis prices 50 mg test cialis online kaufen

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#cialis+vs+viagra
only now cialis sale cheap only here cheap pfizer cialis tesco cialis price 100mg
cialis 20 mg cialis reseptilke wow cialis from canada soft generic cialis in dollar
do do what cialis get cialis nigeria lowest price cialis 10 pills
http://jvrimages.com/#celias is 10mg cialis enough cialis in canada how to get cialis in windsor

 Hrafdcedyept - http://jvrimages.com/#cialis+from+canada
cialis bumper stickers best tablet cialis cialis e cialis
cialis 20 mg colour cialis tablets cialis efficacy cialis patent expiry uk
jual cialis online cialis y dolor de cabez look there cialis canadian
http://jvrimages.com/#generic+cialis+at+walmart ordre par cialis wow look it cialis equivalent finecialis

 Elbertabuts - http://comprar-cialis-generico.net/
precio cialis venta cialis online
http://comprar-cialis-generico.net/
cialis cialis

 BlakeMib - http://acquistarecialisitalia.net/
acquistare cialis cialis compresse
cialis online cialis online

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Ta'aruf Gagal Terus?

 Perawatan Menjelang Pernikahan

 Wedding Planner, Membantu Mewujudkan Hari Bersejarah

 Pernikahan Menuju Kebebasan

 Kala Cinta Meranggas Aqidah

 Membolehkan Pacaran? Sebuah Pendekatan Positif

 Kalau Asmara Terbentur Dinding

 Nikah Sebuah Dilema

 Pelangi Nggombal.lagi!

 Rumah Tangga Samara

 Ketika Derita Mengabadikan Cinta

 Deg-degan Saat Dilamar

 Raihana 3 - Pudarnya Cahaya Cleopatra

 Raihana 2 - Pudarnya Pesona Cleopatra

 Raihana 1 - Pudarnya Cahaya Cleopatra

 Ar-royan - Ayo Menikah

 Mengapa Cincin Pernikahan Harus Ditaruh Di Jari Manis??

 When I Met My Future Wife

 Setelah Putus Pacaran

 Kiat Mengenal Calon Tanpa Pacaran

 Engkau Memang Jodohku

 Mencari Yang Sempurna

 Ana Sudah Siap....taaruf Ahhh!!!

 Karena Membuka Rekening Di Bank Syariah

 Jodoh Oh Jodoh...

 Sabar Menyongsong Pernikahan

 Menikahlah Dengan Perasaan Dan Hati Bukan Logika

 Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah

 Tetaplah Putih Seputih Melati

 Apakah Menikah Harus Didasari Rasa Cinta




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah © Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com