pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

citra-indah.com
citraindahbogor.com
citraindahcibubur.net
citragranciputra.com
citragrand.net
citracibubur.com
rumahcibubur.net
tentang-pernikahan.com

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 13357 kali

Menguak Tabir Hari Dan Bulan Baik Pernikahan 1

taken from : majalah Anggun edisi 08 / 1 / Januari 2006

 

tentang-pernikahan.com - Pernikahan menjadi momen sakral. Saking sakralnya, sekelompok masyara­kat meyakini pemilih­an hari dan bulan ter­tentu untuk pernikah­an dapat menentukan pasang-surut kehi­dupan .pasangan suami istri keIak. Namun, sebagian orang malah abai dan tak mempercayai. Kepercayaan akan adanya hari dan bulan baik atau naas dicap sarat mitos. Adakalanya tabir magis yang menyelimuti dan bertengger di balik tradisi keagamaan dan kepercayaan semacam itu .

Di usia yang ke-24, Naj­wa (bukan nama se­benarnya) berniat menggenapkan sete­ngah agama dengan menikah. Calon pendamping sudah ada, namun sedang me­nempuh studi di luar daerah. Rencananya, pernikahan bakal dilangsungkan segera setelah sang calon menyelesaikan studi­ nya. Namun, begitu mendekati bulan-bulan perhelatan akad nikah, masalah pun tiba-tiba muncul membayangi. Sang calon sua­mi berselisih pendapat dengan orang tuanya soal penentuan hari dan bulan pernikahan.

Si orang tua yang Kejawen tu­len itu menginginkan agar perni­kahan anaknya dilangsungkan tanggal 5 bulan Safar yang jatuh pada hari Selasa. Padahal, sejak semula, ancang-ancang perni­kahan bakal digelar bulan Muha­ram. Rencana itu pun harus di­tunda. Dengan alasan, bulan Muharam bukan bulan yang baik untuk pernikahan, dan sebelum tanggal 5, hari-harinya masih di­anggap terpengaruh bulan Mu­haratn. Dengan agak alot, penen­tuan bulan pun akhimya disepa­kati ditunda bulan berikutnya, yaitu Safar, namun mesti agak ce­pat.

Najwa dan calon sendiri me­nginginkan menikah pada 3 Sa­far yang jatuh pada hari Minggu. Alasannya, Najwa bekerja non shift dan kalau ambil cuti terlalu banyak pasti tak memungkin­kan. Teman-teman mereka ber­dua kebanyakan bekerja non shift yang hari liburnya jatuh pada hari Sabtu dan Minggu.

Keinginan tinggallah keingi­nan. Sang orang tua yang terje­bak mempercayai primbon me­mutuskan pernikahan keduanya digelar hari Selasa esoknya. Lan­taran pihak orang tua tidak ridha jika menikah di hari Minggu, ke­duanya pun menurut saja. Tak ayal, otak-atik hari pernikahan sampai 3 kali mengalami peruba­han. Dari Selasa, menjadi Minggu dan Selasa lagi.

bersambung ...


Komentar-komentar :

 RONY - bogor
Jujur... Saya sih gak paham mengenai mana tanggal/bulan atau mgkin tahun yang bagus untuk pernikahan, yang pasti ISLAM tidak menyulitkan umatnya, kita sendirilah sebagai manusia yg kadang menyulitkan diri sendiri.... saya kwatir, pernikahan gak akan jadi gara2 pemahaman yang salah... :-( huwaaaa...

 fatah - banjarmasin
saat ini saya juga dalam situasi demikian,tgl yg sudah km berdua tentukan secara matang..tiba2 ditentang olah para org tua dan mengatakan bhwa tgl tersebut tdk baik utk pernikahan...katanya tidak berkah!!padahal apa hubungannya...!!!namun ak masih bingung apa dasarnya ya..belum dpt jwbannya.(secara pribadi sy tdk setuju)

 nanang - serang
mengenai hari baik dalam melangsukan pernikahan...menurut saya tidak da bedanya...masalahnya semua hari dan tanggal itu baik...jadi pemilihan hari H..bagi saya tidak penting.karena yg paling penting kesiapan kita tuk melangsungkan pernikahan.saya insyaAllah jga akan melangsungkan pernikahan bulan april ini.untuk hari mah alhamdulillah ga da perbedaan persepsi dri kedua pihak kluarga ..so hari baik dan tanggal hanya kepercayaan kolot yang tidak ada dasarnya...

 diah novikha - semarang
saya sih ga percaya dengan tanggalan jawa, saya menentukan hari pernikahan saya yang pasti tanggal muda,jadi tamu undangannya masih pada punya duit soalnya tanggal muda kan habis gajian tu.., dan harinya
yang pasti hari libur kalo ga sabtu ya minggu,ok kan
dan aku calon suamiku serta keluarga juga percaya semua hari itu baik kita serahkan aja semuanya pada Tuhan Yesus

 Erwin - pekanbaru
kentut lah kalian semua...kalau mau kawin kawin aja yang paling penting itu hepeng....bukan hari... semua hari itu baik bro..... kalau ada hari ga ada uang mana bisa kawin.......... ya kan....?

 siiTy.. - palembang
Allah maha mengetahui semuanya, mungkin nurut kiat gak baik, tapi menurut Allah itu baik....
soooo,,
gak usah pusing... tanggal,bulan n tahu pernikahan biarlah allah yang merencanakannya.

 Ion - Tuban
Di tempatku kebanyakan memang memakai itungan itu, dan bahkan sekarang ini aku juga mengalami itu, pedihh.. ini gak cuma hari pernikahan, bahkan sampai weton kita di hitung juga sebelumnya dan katanya kurang cocok, gak tau apa yang mendasarinya, tapi kami berdua sampai sekarang masih memperthankan hubungan kita, kami berusaha menjelaskan tentang itu semua, dan kami pun yakin kepada Allah, kalau kita punya niat untuk pernikahan itu dengan tulus dan mengharap ridhoNya Insya Allah akan memberikan jalan yang terbaik juga, Amiin... kami memohon do'a dari kalian semua untuk tujuan suci kami

 Elly - Kudus
Iya...aku juga sempet bingung, habis keluargaku kejawen...
katanya menikah bertepatan dengan hari pasaran salah satu keluarga meninggal sih gak bagus....apa dasarnya coba?! tapi akhirnya keluargaku bilang gak masalah yang penting di doain sebelumnya...

 Wahyu Hidayat - BENGKULU
klo gw sh.....ga percaya sma itg2ngan gtu..... yang penting kita pya niat tuk suci n sikond memungkinkan....ya tancap aja....n serahkan semuanya sma Allah....kan cuma Allah yang bisa mengabulkan rencana kita.

 Citro - Tulung agung
Bwt aq sih prcya g prcya... Krn smua in udh ad yg ngtur. D tmptq bnyk kl ad prnkhn sll ad ssorng yg d sruh menolak hjan. Bìar nnt wkt hr H g ujan.. Ee...kbtuln wkt it bnyk jg sih yg melangsungkn prnikahan. Lha abs magrib hujan dras. In yg slah dukuny ap hriny. Knp g mnikah kmrn wkt cuaca cerah aj... Kan lbh baik..

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Ta'aruf Gagal Terus?

 Perawatan Menjelang Pernikahan

 Wedding Planner, Membantu Mewujudkan Hari Bersejarah

 Pernikahan Menuju Kebebasan

 Kala Cinta Meranggas Aqidah

 Membolehkan Pacaran? Sebuah Pendekatan Positif

 Kalau Asmara Terbentur Dinding

 Nikah Sebuah Dilema

 Pelangi Nggombal.lagi!

 Rumah Tangga Samara




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah © Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com

Sponsored by : citra-indah.com - citraindahbogor.com - citragranciptra.com Kota Nuansa Alam Timur Cibubur Rumah Idaman Mulai 93 Juta