pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

rumah jonggol
rumah bogor
rumah cibubur
rumah citra gran

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 7799 kali

Pacaran Islami, Ngapusi !!!

Karya : Antosalafy.wordpress.com

 

tentang-pernikahan.com - Muda-mudi. Belia, energik, tapi sayang miskin ilmu (kamu nggak to ?, semoga enggak ya. Amin). Cuma nafsu dan emosi yang dipakai. Akhirnya, ‘yang-yangan’ (pacaran). Ada yang masih punya iman, trus mbikin istilah Pacaran Islami. Trus gimana tuh? Apa mulai pacarannya pake’ Bismillah & khutbatul hajah, di balik tabir, trus ditutup pake’ tahmid dan do’a kafaratul majlis? Gitu? Lucu ya … Hmmm… bener nggak sih? Mari kita simak bersama faktanya. Ada Dusta, Ada Fakta.

Hukum Pacaran dalam Islam

Pertanyaan: Apakah menurut Islam pacaran dibolehkan? Tolong dijawab.

Jawaban: Pacaran dilarang dan diharamkan dalam Islam. Cukuplah firman-firman Allah berikut ini yang menunjukkan akan keharamannya:

1. “Dan janganlah kalian mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi.” [Al-An’aam:151]
2. “Dan janganlah kalian mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” [Al-Israa`:32]
3. “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya.” [An-Nuur:30]
4. “Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya.” [An-Nuur:31]

Pacaran mengantarkan kepada perzinaan dan perbuatan keji lainnya. Perhatikanlah wahai orang-orang yang berakal! Wallahu A’lam.

Sumber: Buletin Al-Wala’ Wal-Bara’ edisi ke-33 Tahun ke-3 / 22 Juli 2005 M / 15 Jumadits Tsani 1426 H
dikutip dari www.antosalafy.wordpress.com


Komentar-komentar :

 riyotha - jakarta
Ass,..
Emang saya setuju bageds dengan artikel tersebut and ndukung bangeds..!!!
Tp jaman sekarang buat remaja2 khususnye d Jakarta dan kota besar laen yg terkenal dg pergaulan remaja2nya juga gk lepas dr pacaran kan??
Truusss langkah yg harus diambil bagemane buat yg udah terlanjur pacaran bahkan yg udah lama sekalipun dan cintanye udah dalem bangeds juga malah maw nikah,.
Makasih atas artikelnya,..
Sangat bermanfaat sekali buat yg belum pernah pacaran&pengen pacaran STOP dulu,.
Perhatikan Rambu2 di dalam hukum ISLAM bagi kaum muslimin,..
wass,.

 meiTa - Jakarta
Ass...
Sebelum nya saya miNta maaF ats comment saya..

kLo Memang di daLam iSLam paCaraN iTu diLarang dan di haramkan, bagaimana kita bisa mengenal pasanngan hidup kita kelak tanpa adanya proses pacaran...

sedangkan di dalam islam, ALLAH SWT sangat membenci yang namanya Perceraian...

Tolong bagaimana soLusinya,, agar tanpa adanya proses pacaran tapi kita bisa mengenal pasangan hidup kita lebih mendalam...dan menjadi keluarga yang sakinah dan selalu di ridhoi...

wass

 ukhti - PORJO
saya setuju!!!tapi apa mungkin muda-mudi sekarang sadar akan hal itu?g mungkin kan?ni cara pacaran islami...punya buku nikah,ikut harokah,OK!!!

 IKHWAN AGUNG - AKPER PORJO
KLW maksiat kok pakek bahasa islami..........???ya ga ada gitu loh...apa sih kegunaan pacaran..? pada hal namanya jodoh +

 Nuril M. - Nias Island
Semoga akan semakin banyak akhi dan ukhti yang sadar akan hal ini. Do'akan aku bisa istiqomah ya akhi dan ukhti! Ditempat kerjaku goda'annya besar and aku berinteraksi tiap hari dengan orang-orang yang tidak seaqidah. Was

 rudian - lumajang
assalamu'alaikum.wrwb
sy sangat setuju dengan pendapat diatas, berdasarkan dalil-dalil yang tertera. tetapi kita harus tahu apa sih pacaran itu dan apa sih 7an ada istilah pacaran. mohon boat Antosalafi untuk menjelasakan kepda kami tentang latar belakang kenapa ada pacaran.
wassalamu'alaikum.wrwb

 TIKA - bandung
ass... salam kenal tux smua, saya juga termasuk orang yang setuju dengan pendapat d atas, coz ngk kebanyakan dari kita ngk kan bisa mencegah perbuatan keji "zina" pa bila sudah menjalin komitmen tux pacaran. banyk temen2q yng bisa dibilang dalam bidang agama sudah mengerti tapi karna pergaulan yg kelewat batas maka dia pun terjerembab dalam jurang yang dalam.................YA ALLAH MOGA MEREKA PARA GENERASI MUDA JANGAN TERGODA DENGAN KESENANGAN SESAAT..........AMIN,,,,....wasallam

 aLEyAnA - RIAU
aSS. Salam kenal 2 smuanya.
Sebelumya mohon maaf. Pada saat sekarang ini banyak remaja yang (mohon maaf) kurang baik perilakunya. memang tidak semuanya tapi seperti yang kita ketahui sendiri bagaimana kehidupan para remaja saat ini. lantas bagaimana kita bisa mencari orang yang bisa untuk menjadi pasangan hidup yang akan mendampingi kita. pasti setiap orang ingin pasangan hidupnya adalah seorang baik, bertanggung jawab dan sebagainya. lalu apakah salah kita mengenal seseorang melalui cara yang dinamakan pacaran ini selama mereka tidak duduk berduaan atau berzina atau juga melakukan perbuatan yang telah dilarang dalam Islam itu sendiri? Semoga Allah selalu melindungi kita semua yang kejahatan yang nyata. AmiEeEn..........
Wassalam

 islah - Depok
pacaran islami ada kok.............
hanya saja masanya yang berbeda... iya seperti artikel-artikel sebelumnya bahwa pacaran ada itu setelah nikah itulah yang disebut pacaran islami, kalau pacaran anak muda sekarang sih biasanya dan seringnya dilandasi oleh nafsu... ya nafsu syahwat dan itu pasti nggak mungkin nggak!
awalnya sih malu cuma bisa saling pandang, terus berbagi rasa lewat kata lama-lama......bisa ditebak sendiri???
pokoknya pacaran itu ada tapi setelah nikah (end commend)

 zied - pontianak
Ass..wr...wb....
mewnurut saya pacaran itu boleh bagi orang yang belum mengetahui/orang yang emang gak mau tau(awam). tapi bagi mereka yang udah mengenal n udah menetahui apalagi udang mengenal apa itu tarbiyah(kaum Ikhwan n akhwat), kalau masih pacaran patut dipertanyakan status mereka bener-bener ikhwan or akhwat atau setengah-setengah.
atau malahan menjadi virus yang merusak nama ikhwah... semoga dengan artikel ini kita (yang udah paham) bisa sebisa mungkin menjauhi yang namanya pacaran...
Syukron Katsier Jazakumullah Khair

 islah - depok
sebelumnya maaf nih kembali berkomentar
Untuk saudara Zied....
sekali lagi sesuatu yang menjerumuskan bahkan cinderung mengacu pada perbuatan dosa seperti pacaran tadi jelas tidak boleh baik bagi yang mnegetahui maupun tidak, alasan mereka tidak mengethaui atau emang tidak mau tahu jangan sampai di BOLEHkan melakukan pacaran itu, karena bisa saja akan dijadikan untuk alasan-alasan maksiat yang lainnya seperti orang mau minum khomer, seumpama saja dia tidak tahu lantas apa diperbolehkan? tentu saja tidak, apalagi kalau dianya tidak mau tahu...mmmm lebih-lebih tidak boleh :)

 nengky - Jakarta
Ass...
mo ikut ksh mskn niy, blh y...?
mmg siy ad bnrx ma artikel diatas tp tkadang bwt ank2 remaja skrg agak susah, mgk krn pengaruh perubahan global yang identik dengan budaya luar, jd yg bsx cm ikut2 az tp itu semua kembali lagi sama pribadi masing2 mo dbawa kmn, gaya ta'aruf mrka?! asal ingat jgn melampaui batas, krn yg akn rugi adalah pihak perempuan, aku sndri jg cm manusia biasa tkdng suka khilaf tp untuk skrg aku lg bljr pcrn scra islami ato biasa diblg ta'aruf, moga az perkenalan aku ma dia bs smp jenjeng pernikahan, nengky minta doanya dr smu...key..thx...
wass.....

 Frans Hidayat - Duri, Riau
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Ikhwah fillah rahimakumullah....
di dalam Islam, tidak ada dan tidak dikenal dengan istilah "PACARAN", yang ada adalah "TA'ARUF". Mohon saudara sekalian agar bisa memahami tentang hal ini.
"Pacaran", sekali zina, tetap zina...
Islam telah mengatur semuanya. Semuanya akan terasa indah jika kita bisa mempelajari, memahami dan mempraktekkan hukum-hukum Islam tersebut.
Cobalah wahai sadara-saudaraku, berpikirlah dengan akal sehat. Jangan terus mengikuti hawa nafsu.
Kembalilah kepada Al-Qur'an dan As-Sunah...
Allahu Akbar...!!!
Afwan
Jazakallah Khairan
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 no name - medan
sabelumnya...berterima kasih karena artikel ini sudah menambah ilmu saya. saya setuju, tapi boleh kasih saran ke saya gimana caranya menutusi hubungan yang haram itu tanpa merusak tali silahturahmi kita sebagai umat muslim? tq

 adhe_cOoL - Tegal
menurut pndapatQ pacaran tu tidak boleh wlpn sy inginkan itu,,hehehe yaa namanya jg pemuda ya psti da keinginan ntuk tu,^_^ tp sya sllu brusaha tuk menghndari walopun tu veryyy syusyyahh,,, tp yang jlas tu DOSA!! gampang ja pokoknya yg pacaran dpat blzan-NYA

 ndiek - sby
Wahai jiwa-jiwa yang tenang..jangan sekalikali kamu..
Mencoba jadi Tuhan dengan mengadili dan menghakimi
Bahwasanya kamu memang tak punya daya dan upaya.
Serta kekuatan untuk menentukan kebenaran yg sejati..
Bukankah kita memang tercipta laki laki & wanita
dan menjadi suku suku bangsa.. yang pasti berbeda
bukankah kita harus saling mengenal dan menghormati
Bukan untuk saling bercerai berai dan berperang angkat senjata

 NN - semarang
betul bgt..!! kan mengenal pasangan g harus pacaran ya..tp dg ta'aruf beberapa wkt kan bisa mengenal...ya walaupun g byk yg kita ketahui..bukankah lebih enak, klo semuanya di ketahui setelah menikah dg begitu akan byk kejutan...walaupun nantinya kejutan nya ada yg nggak menggembirakan...wajar lha karena tu termasuk warna warni pernikahan...betul..!???

 eva - Rengat,pekanbaru
Assalamualaikum
Islam mengajarkan hal - hal baik,pacaran bukanlah budaya islam...
saya ingin tanya..apakah saling tukar fikiran,juga diskusi islami antara dua orang yang hanya mengenal melalui seluler disebut dg pacaran?trus apa hukum orang yang berkholwat di cyber?
mohon penjelasannya,Trimakasih
Wassalamualaikum

 liz - jambi
assalamualaikum semuanya

saya cma mw tanya TA'ARUF itu sendiri gmn?
truz klo qta pcaran jarak jauh boleh pa g?
saya pernah pacaran jarak jauh tapi belum prnah ketemu sekalipun..itu jg bagaimana ya


trima kasih
wss

 jaka - 436801
tau gak,,,
pacaran tu paling enak ya sama cewek yang dicintai,,,
trus ML..wuiiihhh..
astagfirulloh....
kata2 ntu tu yang bisa mempengaruhi qt sebagai kaum muda..
ya gak?
terus gmn ya caranya jauhin mrk2 yang sering mengatakan hal itu?
kan rata2 kaum muda di indonesia udah mengenal yang namanya ML

 fHeBie_Cute - samarinda
asssalamu'alaikum ikhwah fillah...
yhippie...ane s7 bgt klo pcrn haram.....
napa haram?
kata bang roma jg yg enak2 kan itulah yg d larang,,,,itulah perangkap setan....
okley cuy..jelas kan dlm QS.AL-Israa:32 pst bisa jd rujukan bwt lo biar stop pacaran....mumpung msh ngirup udara dunia sob,,,,tobat dah...buruan,,,dunia dah mo kiamad lho..

 d - dggg
fsrtert

 buhari muslim - xxxxxx
no coment

 desi - padang
CINTA YANG DATANG SEBELUM MENIKAH ADALAH SYAHWAT SEMATA

CINTA PASANGAN YANG TELAH DIHALALKAN ALLAH SWT
ITULAH CINTA SEBENAR

Kenali si dia lewat orang-orang terdekatnya.karena mereka ga bakal bo'ong.

 andar - yogyakarta
PACARAN NO, TEMENAN YES!!!!

 mutia - jombang
yupz stuju bagetz....

mank kyakx enak liat orang lain jalani pcran
tp....gk kyak gtu adax
klo da yg blg bs jaga pcran dr prbuatan zina
aq gk ykin
krn setan akan slalu menggoda smpe qt dpt terjerumus
di dalamx

 widi raspito utomo - Bekasi
Pacaran NO, Nikah Muda YESS!!!
Poligami YESSS JUGA!!!
Hidup Sunnah Rasul!!!

 rahas - medan fii rahmatillah
ya______
kalau gitu ane nikah muda aja lah,,,,,,,
walaupun ane masih berumur 19 tahun…
soalnya tanya punya tanya ada juga akhwat yang mau nerima alasan syar’i ini…

 leyman ali - di bumi-Nya
subhaanallah...........
ya Rabb...
kuatkan hati hamba-Mu ini untuk mencari keHALALan yang Engkau redhoi.......
syukran jazilan atas artikelnya
ana menjadi yakin untuk segera menikah muda.....
bismillah
wa
bi idznillah.....

 BLUEGIRL - MAGELANG
SUBHANALLAH...
YANG PLG PENTING iStiqomah..
banyak lo temen" ane yG tadiNya no no no way ama pacaran taPi sEiring berJalanaya Waktu tiba tiba.... thoengngng....gandengAn,bOncengaN...
gak NgerTI juga KeNAPA.sO...Yg PENTING ISTIQoMAH!!!

 BLUEGIRL - MAGELANG
OIYa...ADA tIPS gAK BIAR IsTIQOmAH GaK PaCAraN...
Cz,KADaNG KAdAng...SUkA KEPINgIN N YaKIN GaK BAkALAN 'ANeH-ANeH'

 manur - jaksel
lucu juga setelah membaca semua koment dan pendapat antum dan anti semua, saya memang pernah yg namanya pacaran, dan benar juga yg dsampaikan oleh salah satu sodara kita bagi mereka yg awam mungkin gak bakal terpengaruh dengan isi topik kita, namun bagi mereka yg sudah mengerti HARUS segera mengakhiri petualangan cintanya dan segera menunaikan separuh agama..

 dede sulaeman - bekasi
saya setuju pacaran hanya menjerumuskan ke dalam jurang perzinahan kenalilah pasangan mu melalui orang-orang terdekatnnya

 arief hidayat - magelang
saya pernah pacaran 2 kali... apa yang saya dapet... tidak lebih hanya sekedar sia sia semata...menghamburkan uang, waktu pikiran, perhatian...hufft...sulit...dan akhirnya putus juga...

so jangan pacara dewh... betul pacaran mendekatkan diri pada zina...alhamdulillah mata saya sudah terbuka untuk tidak pacaran...alhamdulillah...

 Robert - Gresik
Yang ada tuntunannya itukan bukan "pacaran", tapi untuk memilih jodoh.
Pacaran adalah tahapan yang tidak ada dalam perjodohan islami.
Pacaran hanyalah sebuah tuntutan naluri dalam mencari pasangan. Seiring dengan tumbuhnya rasa tertarik pada lawan jenis. Yang apabila tidak mengarah pada pernikahan, atau tidak segera diakhiri dengan pernikahan, maka yang ada adalah "having fun" saja. Dan di situlah masalahnya. masa yang penuh dengan bahaya dunia akhirat.
Namun ..(semoga tidak salah paham) kalau jaman sudah seperti ini, bagi yang kebelet pacaran ato yang udh terlanjur menjalin asmara... Pertebal iman, Ngono yo ngono Ning ojo ngono. artinya jangan kelewatan / melebihi batas, baik di lihat orang ataupun tidak.
Dan bagi yang udah kebelet gituan, ya kepenghulu aja.....
Beres. So... wujudkan fantasimu ampe...... he he he

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Pacaran Islami, Adakah?

 Nggak Ada Pacaran Islami !

 Pacaran Islami, Memang Ada?

 Mengapa?? Karena Dia Manusia Biasa

 Aku Akan Menikah

 Menemukan Kelebihan Dalam Kekurangan Pasangan

 Pasangan Hidup

 Untuk Calon Istriku

 Jangan Tangisi Apa Yang Bukan Milikmu

 Pesan Ajal Di Pesta Pernikahan

 Menguak Tabir Hari Dan Bulan Baik Pernikahan 2

 Menguak Tabir Hari Dan Bulan Baik Pernikahan 1

 Ta'aruf Gagal Terus?

 Perawatan Menjelang Pernikahan

 Wedding Planner, Membantu Mewujudkan Hari Bersejarah

 Pernikahan Menuju Kebebasan

 Kala Cinta Meranggas Aqidah

 Membolehkan Pacaran? Sebuah Pendekatan Positif

 Kalau Asmara Terbentur Dinding

 Nikah Sebuah Dilema

 Pelangi Nggombal.lagi!

 Rumah Tangga Samara

 Ketika Derita Mengabadikan Cinta

 Deg-degan Saat Dilamar

 Raihana 3 - Pudarnya Cahaya Cleopatra

 Raihana 2 - Pudarnya Pesona Cleopatra

 Raihana 1 - Pudarnya Cahaya Cleopatra

 Ar-royan - Ayo Menikah

 Mengapa Cincin Pernikahan Harus Ditaruh Di Jari Manis??

 When I Met My Future Wife




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah © Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com