pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

citra-indah.com
citraindahbogor.com
citraindahcibubur.net
citragranciputra.com
citragrand.net
citracibubur.com
rumahcibubur.net
tentang-pernikahan.com

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 46575 kali

Ciri Istri Sholehah

 

tentang-pernikahan.com - Istri yang shalehah adalah yang mampu menghadirkan kebahagiaan di depan mata suaminya, walau hanya sekadar dengan pandangan mata kepadanya. Seorang istri diharapkan bisa menggali apa saja yang bisa menyempurnakan penampilannya, memperindah keadaannya di depan suami tercinta. Dengan demikian, suami akan merasa tenteram bila ada bersamanya.

Mendapatkan istri shalehah adalah idaman setiap lelaki. Karena memiliki istri yang shalehah lebih baik dari dunia beserta isinya. ''Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri shalehah.'' (HR Muslim dan Ibnu Majah).

Di antara ciri istri shalehah adalah, pertama, melegakan hati suami bila dilihat. Rasulullah bersabda, ''Bagi seorang mukmin laki-laki, sesudah takwa kepada Allah SWT, maka tidak ada sesuatu yang paling berguna bagi dirinya, selain istri yang shalehah. Yaitu, taat bila diperintah, melegakan bila dilihat, ridha bila diberi yang sedikit, dan menjaga kehormatan diri dan suaminya, ketika suaminya pergi.'' (HR Ibnu Majah).

Kedua, amanah. Rasulullah bersabda, ''Ada tiga macam keberuntungan (bagi seorang lelaki), yaitu: pertama, mempunyai istri yang shalehah, kalau kamu lihat melegakan dan kalau kamu tinggal pergi ia amanah serta menjaga kehormatan dirinya dan hartamu ...'' (HR Hakim).

Ketiga, istri shalehah mampu memberikan suasana teduh dan ketenangan berpikir dan berperasaan bagi suaminya. Allah SWT berfirman, ''Di antara tanda kekuasaan-Nya, yaitu Dia menciptakan pasangan untuk diri kamu dari jenis kamu sendiri, agar kamu dapat memperoleh ketenangan bersamanya. Sungguh di dalam hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berpikir.''(QS Ar Rum : 21).

Beruntunglah bagi setiap lelaki yang memiliki istri shalehah, sebab ia bisa membantu memelihara akidah dan ibadah suaminya. Rasulullah bersabda, ''Barangsiapa diberi istri yang shalehah, sesungguhnya ia telah diberi pertolongan (untuk) meraih separuh agamanya. Kemudian hendaklah ia bertakwa kepada Allah dalam memelihara separuh lainnya.'' (HR Thabrani dan Hakim).

Namun, istri shalehah hadir untuk mendampingi suami yang juga shaleh. Kita, para suami, tidak bisa menuntut istri menjadi 'yang terbaik', sementara kita sendiri berlaku tidak baik. Mari memperbaiki diri untuk menjadi imam ideal bagi keluarga kita masing-masing.

(tulisan seseorang yg sedang mencari istri shalehah)


Komentar-komentar :

 istri solehah holic - gresik
subhanallah....
betul itu istri sholeheh idaman setiap pria

 fitrah - jatim
askum, sy masih jauh dari embel2 wanita sholehah spt di atas..selalu berjuang utk memperbaiki diri terus-menerus. pertanyaannnya adakah laki2 sholeh di dunia ini yg bersedia menjadi imam tanpa memandang umur???

 gadis - semarang
sy belum lah seperti yg di sebutkan sebagai ciri istri solehah...
namun...masih dalam tahap belajar menjadi istri yang solehah...
terima kasih untuk artikelnya...semoga saya bisa menjalankannya...

 Sri - Sukabumi
Terimakasih ats artikelnya. Sy sdh menikah skitar 5 bln, dan sy merasa blm menjadi istri yg solehah seperti yg dituliskan diartikel anda. Sy tunggu artikel selanjutnya agar sy bs mendptkan referensi agar bs menjadi istri yg solehah.

 akhwat - kota raflesia
asslm'lkum. salam ukhuwah.....
subhanallah, istri sholehah adalah sebuah predikat yang sangat agung dan senantiasa di harapkan bagi semua wanita yang beriman. indah terdengar ditelinga dan mendamaikan hati tapi untuk itu seorang wanita harus senantiasa berusaha berbenah dan banyak belajar untuk menjadi lebih baik. menjadi seorang istri bukanlah pekerjaan mudah. tapi ini menjadi tugas besar dan PR buat kaum hawa bagaimana ia bisa menjadi istri sholehah dimata suami dan ibu terbaik buat anak2nya. trimakasih atas tulisannya, karna bisa dijadikan referensi dan renungan buat kami kaum hawa.

 Imawaddati - Semarang
Assalamualaikim,
menurut saya istri sholekhah adl syurga dunia, menjadi kriteria&mencari yg spt itu sangatlah sulit apalagi dizaman era modern ini.
Istri sholekhah menghantarkan para kaum Adam menuju syurga, sungguh mulia para kaum hawa,
Seandainya suami tercinta msuk syurga/neraka maka para Istripun ikut kpdY,
Istri sholekhah ikhlas dgn Kehidupan dunia&akhirat.
Selalu menjaga kehormatan keluarganya dgn tulus ikhlas tanpa mengharapkan suatu imbalan.
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

 abi - jakarta
Subhanallah...Isteri sholeh....Alhamdulillah, isteri ane ckp dekat dg kriteria tsb. Amien...utk sharing pengalaman & wawasan silakan ke www.jangankedip.blogspot.com

 nurul fajri - Tangerang
Asslkm,
Subhanallah... Istri sholehah... bnr2 dambaan setiap laki2.mdh2an saya bisa belajar untuk menjadi istri yang sholehah& bisa mendapat suami yang bertakwa agar dapat membimbing saya..

 chandra - pati
ass,.
subhanallah...besar harapan saya menjadi istri sholehah yang taat pada suami,.
terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat bagi keluarga saya dan mendapat syafaat di yaumul kiamah nt,..amin..

 mukminin - Padang
Istri yang sholeh adalh dambaan semua elaki. Tentunya juga laki-laki yang sholeh. Wanita yang baik untuk laki-laki yang baik. syukran

 Sofyan Sori - Bengkulu
Saya pernah hampir memilikinya namun allah lebih menyayanginya dan ia dipanggil 1 minggu sebelum ijab kami
mudah2 ia ditempatkan disisinya yang paling indah

 aam - bekasi
untuk menjadi wanita yang sholehah perlu perjuangan, walaupun tak sedikit cobaan yang datang.
untuk saat ini pun saya masih belajar untuk menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.amiiiiin

 Khaidir - Depok
Saya memiliki seorang keponakan perempuan.
Nama : anggita
Umur:20 thn
Penddikn: lulusan pondok pesantren.
Sifat:pemalu
Kulit :putih (orang yg paling putih dkluarga)
Ia pandai, tapi pemalu dan besar di ponpes
Kalau ada pria sholeh hub khaidirizm@gmmail.com

 dewi MR - yogya
Subhanallah....
aku banget......

 Rina - balungbendo
Masya Allah....
Mbak Dewi Ke_PeDe-an....
mbak pake cermin apa??/
kok ngaku - ngaku...
dah pernah jadi istri p???

 dewi MR - yogya
ya maap...
tapi itu kata suamiku lho...
kan suamiku orang sholeh..
masak suamiku boongin aku...

 shirly noor n - surabaya
subhanallah, luar biasa indahnya menjadi istri yang sholehah, jadi deg deg an menanti saat2 itu.coz 4 bulan lagi, saya akan menikah dengan belahan jiwa saya _abdul latif_, he is very special...Mudah2an dialah orang yang tepat yang di pilihkan Allah u saya, jawaban dari doa2 sy slm ini. insya Allah bs menjadi qowwam yang baik u saya dan anak2 kami kelak.amiin....
mohon doanya.....

 andika - jakarta
saya sangat setuju pendapat tersebut diatas tetapi pada jaman sekarang sangat susah cari istri dengan ciri2 tersebut diatas.

 choy - semarang
trimakash artikelnya.10hari lg sy mo nikh,smoga istriku adl org yg sholihah.

 RATIH KHALIFAH - INDONESIA
Mau donk jadi istri shalehah....

 bendrie - jakarta
Saya setuju dengan artikel yang anda buat sungguh luar biasa...

 onni - jogja
bagi para cewek jogja yang mo knalan ma aku,ya sukur2 jadi temen hidup,hub KU 081805397319

 Ginanjar - Bekasi
Subhana allah, alangkah bahagianya kalau lagi dianugrahkan seorang istri yang sholehah.

Bagaimana sih caranya agar bisa mendapatkan istri yang sholehah itu?

 editra - Yogya
menurut sy, isteri yang sholehah adalah istri yang tidak hanya mencintai suaminya tapi juga mencintai keluarga suaminya.

 Achmad - Ende, Flores, NTT
Subhanallah, smoga aku bisa mendapat isteri sholehah, bagi muslimah yang mau tuk jadi pendamping ku ni email q, matte95@rocketmail.com ni no HP q 085339014533

 Khoirul - Jatim
Terima kasih semua artikelnya. Kalo dipernenankan minta artikel tips untuk menjadi isteri karier yang sholekhah. Terima kasih.

 M.Kholid Riza M,SE - Surabaya
asslmualkum, subhanallah sy lajang usia 28 th, pengen cari isteri yg sholehah bagaimana caranya ya,,,

 Nur Rohman - Demak
Assalamualaikum, saya perjaka 27 Th mencari istri dengan kriteria SETIA, BERKULIT PUTIH, DAN BERJILBAB, umur sekitar 20 th. No HP saya : 0852 5560 5086.

 amat muhlisin - bandung
subhannallah..... jika kita memiliki istri yang sholehah,mungkin hati menjadi tentran dan pekerjaan menjadi jujur dan bearti.

 Eel - Bekasi
Subhanallah,
andaikan saja saya segera menikah & dikaruniai seorang istri yang sholehah.
Amin...

 fikri - Serang
saya pernah menikah dan cerai, saat itu kami masih di bilang terlalu muda, lebih mementingkan egois, rumah tangga kami tidak bisa tipertahankan lagi, lantaran saya belum mapan, sehingga hidup kami selalu di warnai dengan bertengkar, sekarang saya melanjutkan studi di luar kota. hasil dari pengalaman pahit itu, aku sadar betul, bahwa yang bisa membawaku lebih baik tidak lain adalah saya harus mempunyai istri sesuai dengan yang di syari'atkan. Jujur aku merindukan itu. Subhanallah jika Allah memilihkan untuk aku Istri yang Sholehah. Mohon Do'a dari kalian wahai saudaraku semuanya.

 dewi - bandung
buat fikri diserang, pengalaman adalah sebuah harta yang paling berharga. kamu bisa mendapatkan pelajaran yang amat berarti untuk hidup. setiap wanita ingin menjadi seorang istri yang solehah tapi jalan untuk mendapatkannya sangatlah sulit. km bisa mendapatkan seorang istri yang km dambakan. yang perlu km ingt bhwa kita tidak berhak menjudge bahwa seseorang itu solehah ataupun tidak. karena kita tahu sendiri bahwasannya mata manusia amatlah terbatas. hanya dialah yang pantas memberikan titel itu. jgnka laki-laki, wanitapun sama mengharapkan kehadiran suami uang solehah yang dapat membimbingnya k jalan yang lebih baik lg.

 ganteng - solo
wanita sholehah itu hampir dikatakan tak ada, istri sholehah itu 1:9 sangatlah langka, kadang sebuah cover yang islami ga bisa jamin sholehah. istri yang sholehah adalah istri yang menentramkan hati. saya belum menemukan itu??

 rislina - serang banten
ingin sekali kelak aku menjadi istri dan ibu yang sholehah bagi suami dan anak2ku yang bisa menyejukkan hati mereka dan selalu bisa menentramkan hati mereka .semoga Allah SWT mendengar keinginanku ini.amiiin

 shafiyah - lampung
assalamu'alaikum,
perkenankan ana untuk menorehkan sepenggal kata,,

insya ALLAH ana berdoa semoga ana dianugrahkan suami yang sholeh, dan semoga ia pun mendoakan ana menjadi istri yang sholehah,,
ketika kita berdoa semoga dianugrahkan jodoh yang sholeh n sholehah maka sama saja kita mendoakan yang tadinya tidak sholeh n sholehah menjadi sholeh n sholehah,,
n jgn lupa hanya orang yang baik" ayng akan mendptkan jodoh yang baik' pula,,

sedikit puisi dari ana,,
untuk pangeran ku,,,

duhai pengeran ku,,
aku rindu ingin bersua..
namun sang waktu belum dapat mengahntarkan kita..

duhai pangeran ku..
tetaplah menunggu ku..
sampai aku menjadi yang terbaik untuk mu..



wassalamu.alaikum,,,

 nox - jatim
dapat dimana istri sholihah

 ocha - Duri
Subhanallah,,mdh2n sy bs menjadi istri yang sholehah...

 budi saputra - padang
assalammualaikum..salam ukhuwah

syukran artikelnya.
saya masih 19 tahun,mudah2an Allah mengabulkan niatku kelak mendapat istri yang sholehah...

bahwasanya istri itu ibarat diri sendiri..
dengan ketaqwaan seorang pemuda pada Allah dan selalu menjaga kehormatan dan kemaluan..

dan mudah2an saya mendapatkannya..kehormatannya yang selalu terjaga dan perawan hatinya

dan Allah bukanlah dzat yang pernah lengah..

sebuah kenyataan,,,kebanyakan laki2 lemah iman dan miskin jiwa dan moral,miskin makna hidup,miskin bacaan kehidupan yang kritis,miskin zikir juga akan mendapat istri yang setimpal...

sungguh Allah Maha Adil

WAHAI sahabatku muslim dan muslimah,dengarlah..

penyebab utama wanita yang terkutukadalah pengaruh setan , ghazwul fikri dan tontonan murahan.dan tentunya miskin iman.banyak orang sekarang lebih mengejar dunia dari pada akhirat.sehingga anak2nya terlantar dari siraman islam..mulai dari masalah hijab..membelikan anak pakaian kafir dan bermegahan dengan perhiasan...dll.wallahualam

salah satu buku pustakaku,dialog dengan jin muslim,sungguh2 berarti..

 budi saputra - padang
dan sungguh sangat menggelikan melihat wanita berpakai hijab sekarang ini,,kebanyakan mereka memakai jilbab gaul,hasil desain bodoh,bercelana panjang,terutama jeans ketat dan baju melihatkan bongkahan terkutuk yang di nikmati orang di tengah keramaian..mereka menggangap ini tren dan bangga"saya muslimah sejati'..padahal iman itu sungguh bisa dilihat dari hal berpakaian dan berhias dan terutama sekali aura wajah yang mengambarkan muslimah sejati yang utuh dengan islam yang kaffah...

maka lihatlah zaman ini,simak kiamat dalam keterasingan.

wahai ikhwan raihlah ukhtiy sesungguhnya..

 budi saputra - padang
WAHAI sahabatku apakah kau tak rindu menangis di hadapan pendamping idamanmu saat ijab kabul nanti.kau mencintainya karena Allah dan sungguh akhlaknya yang menyejukkan mata,iman yang kokoh dan melewati suka duka hidup baru dalam balutan kasih yang sakinah,mawaddah dan warahmah.

taman hati yang bewarna,seperti Rasulullah dengan para istrinya atau siti hajar dan nabi ibrahim.wallahualam

 titik - jakarta
duhai bhgianya jk aq bs mjd wnt sholehah. Ya Allah bimbing aq tuk mwjdkn keingnan itu. Mksh ref. tuk aq bljr jd wnt idmn laki2 n Allah.

 dzakira - banten
istri sholehah tergantung bagaimana suami membimbingnya bukan? karena istri adl makmun, semuanya tergantung imam. Suami sholeh sgt mendukung terbentuknya istri sholehah

 nurma - Aceh Selatan
subhanallah...begitu banyak saudara kita yg laki-laki mendambakan istri yg sholehah...begitu juga dengan kaum hawa, semua kaum hawa mengharapkan menjadi istri yg sholehah dan bersuamikan laki-laki sholeh...
bagi kaum hawa dimana saja berada...jgn hanya sekedar berharap untuk jd istri sholehah tetapi berusahalah...

jangan menunggu untuk berubah, tetapi berubahlah menjadi seseorang yg ditunggu-tunggu...

begitu juga dengan kaum adam...

lelaki yg baik-baik adalah untuk perempuan yg baik-baik dan perempuan yg baik-baik adalah untuk laki-laki yg baik pula, begitu juga sebaliknya....

so, jika kita semua ingin mendapatkan istri atau suami yg sholehah atau sholeh...maka mari kita sholehahkan atau sholehkan dulu diri kita, Insaya Allah, Allah akan memberikan sesuai dengan harapan...aamin...

wallahu'alam...syukron atas artikelnya...

 Akang-sukabumi - Ya Alloh, mgkinkah aku yg seorang ahli maksiat ini bisa mendapatkan istri sholehah...? Aku hanya bis
Amiin...

 paryanto - tegalsari adimulyo kebumen
Assalamu"alaikum......jadilah wanita sholehah yang benar-benar menjaga kehormatannya sesuai yang ada di dalam al-Quran surat al ahzab ayat 59 , jadi jangan sampai ketaatan itu masih ternegosiasi . Dan yakinlah hanya dengan ketaatan kita kepada Allah SWT sepenuhnya yang akan membawa kita kebahagiaan dunia maupun di akherat , yakinlah dengan janji Allah yang tak pernah ingkar sedikitpun. Belajar kita yakin dengan Al-Quran surat al-Baqoroh ayat 1-2. Wassalam.

 paryanto - tegalsari adimulyo kebumen
Assalamu"alaikum......jadilah wanita sholehah yang benar-benar menjaga kehormatannya sesuai yang ada di dalam al-Quran surat al ahzab ayat 59 , jadi jangan sampai ketaatan itu masih ternegosiasi . Dan yakinlah hanya dengan ketaatan kita kepada Allah SWT sepenuhnya yang akan membawa kita kebahagiaan dunia maupun di akherat , yakinlah dengan janji Allah yang tak pernah ingkar sedikitpun. Belajar kita yakin dengan Al-Quran surat al-Baqoroh ayat 1-2. Wassalam.

 purnomo - surabaya
asalamualaikum, terima kasih atas infonya. ingin sekali saya punya istri yg saleha seperti di atas. dan ingin sekali saya menjadi imam bagi dia

 yuli - jakarta
saya seorang istri yg mungkin jauh dari predikat sholehah, tapi selama saya masih hidup. Saya akan terus memperbaiki diri, paling tidak bisa membahagiakan suami.Saat ini mungkin ALLAH sedang memberikan cobaan pada rumah tanggaku,tapi selama ALLAH masih mengijinkanku u/ menjdi istri dari suamiku.Akan akan tetap sabar, tawakal dan ikhtiar u/ mempertahankan rumah tanggaku. Atas ijinNYA pula akan selalu belajar & berusaha jadi istri yg baik u/ suamiku... Tolong doakan ya, semoga kita bisa melewati cobaan ini, dan ALLAH memberikan yg terbaik u/ kita!amin

 dhillul - surabaya
ass...pingin sekali minimal menjadi istri yang baik_lah...sya merasa blum spenuhnya mnjadi seorang istri yg sholehah.. krn dlm RT itu g smudah yg dlihat...mdah2an sya bsa belajr mnjdi istri yg sholehah.."DMNA ADA KEMAUAN DSTU PSTI ADA JALAN" AMIEN YA ROBBAL ALAMIN........

 nessa - bogor
teringat salah satu tulisan teman...

“Mar’atus Sholihah” mahligai a’laa lilmuslimah. Perhiasan terindah di atas dunia. Salah satu pilar Kejayaan Dienul Islam.

Untuk menggapai predikat 'khairu mataa'id dunya' juga gak gampang.
pertama, Menjadi Amatullah (Hamba Allah)
kedua, Menjadi Zaujah Sholihah (Istri Sholihah)
ketiga, Menjadi Ummu Sholihah (Ibu Sholihah)
keampat, Menjadi “Udhwu Al-Jama’ah Al-Qowiyah” (anggota jama’ah yang kuat)

yup, istri solihah baru tahap kedua untuk menjadikan seorang muslimah menjadi sebaik-baik perhiasan dunia. Terus memperbaiki diri hingga 'saat'nya tiba nanti.

Dalam buku “Kaifa Takuuniina Zaujatan Shoolihatan” diringkaskan ciri khas seorang istri yang baik ialah :

1. Sholihah, melaksanakan perintah dan hak Rabb-Nya.
2. Muthii’ah qoonitah, taat pada suami selama tidak mengundang murka Ilahi..
3. Muhaafadzoh, menjaga dirinya dan harta suami bila ia pergi.

“maka wanita yang sholihah ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada..” (Al-Quran Al-Karim Surah Al-Nisa’ [4] : ayat 34)

inget2 QS 24:26,".... perempuan" yang baik untuk laki" yang baik, dan laki" yang baik untuk perempuan" yang baik (pula)...."

^^

 marsa - salatiga
assalamu'alaikum wr.wb
aku ingin menjadi istri yang solehah,biar tidak di tinggal suami............!!!!!!!!!!!!!!!!
wassalamu'alaikum wr.wb

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Istri Shalihah Penyejuk Hati

 Surat Sederhana Untuk Suamiku

 Istri Untuk Suamiku

 Pahala Menafkahi Keluarga

 Isteriku Tetap Yang Paling Cantik

 Kemenangan Cinta

 Ketika Cinta Bersemi Kembali

 Suamiku, Bacakan Riyadlush Shalihiin Untukku

 Siapa Berdoa Untuk Saya?

 Mencintaimu Karena Allah Swt




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah © Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com

Sponsored by : citra-indah.com - citraindahbogor.com - citragranciptra.com Kota Nuansa Alam Timur Cibubur Rumah Idaman Mulai 93 Juta