pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

rumah jonggol
rumah bogor
rumah cibubur
rumah citra gran

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 610 kali

Bekal Pra Nikah

 

tentang-pernikahan.com - Persiapan Pra Nikah terutama terkait dengan Financial plan, memang selalu menarik, bukan berarti kita "irit dan pelit" namun ada upaya dari kita untuk merencanakan, mengatur, demi kepentingan masa depan bersama calon pasangan idaman...

Ada beberapa tulisan dari Teh febi, seorang financial planner, tentang persiapan keuangan pra nikah, kali ini beliau membahas tentang "Titik Kritis Keuangan Pra Nikah"

Cekidot yah, ilmu bermanfaat insyaallah ^-^

Memulai dengan langkah baik, dan tidak salah langkah dari awal, merupakan salah satu kunci dari keuangan #pranikah. Walaupun kita yakin tidak ada kesalahan yang tidak bisa diperbaiki sama, ada baiknya kita berupaya supaya tidak salah langkah dalam merencanakan keuangan #pranikah, menghindari terbuangnya waktu dan energi untuk kesalahan yang sebenarnya bisa kita ambil hikmahnya dari pengalaman orang – orang lain sebelum kita dan juga dari ilmu yang bisa dipelajari.
Persiapan keuangan #pranikah tidak berhenti sampai merencanakan ijab kabul dan melaksanakan perta pernikahan saja. Ouwhhh…no…no…no ! Saat para saksi mengucap “Sah !” maka itulah kehidupan baru yang sesungguhnya dimulai. Perjalanan baru, tugas dan tanggung jawab baru, dinamika kehidupan yang baru. Dan perjalanan hidup baru ini akan diisi oleh banyak peristiwa yang perlu diantisipasi, pengalaman yang harus dijalani dan mungkin juga kesalahan – kesalahan yang bisa dipelajari dan diambil hikmahnya.

Memasuki pernikahan bukan memasuki zona bebas masalah, akan tetapi memasuki zona mencari solusi, zona belajar, zona mencinta dan zona ibadah. Be ready Enjoy the journey ! Bismillah….

Ada 3 titik kritis keuangan #pranikah, dimana ketiganya perlu untuk dipikirkan saat calon pasangan sudah mantap ingin menikah. Untuk yang single berkualitas, simak juga neeeh…heheheh….siap tidak siap sebaiknya siap. Itu deh semboyan kita Siapa tahu Allah kasih jodoh cepat dan segera…nah, sudah siap, deh…

Apa saja titik kritis keuangan #pranikah itu ? Ada 3, yaitu :
Titik Kritis #1 : Biaya Pesta Pernikahan
Biaya ijab kabul resmi dari pemerintah relatif terjangkau. Mau menikah mudah, murah dan tidak harus repot cari jadwal penghulu ? Menikah hari kerja langsung di di kantor KUA nya. Seriously, Daripada weekend, tunggu jadwal penghulu yang penuh apalagi di bulan – bulan ramai pernikahan. Sekedar saran, lho
Mahar yang wajib diberikan, untuk pihak wanita sudah ada tuntunan, kan ? Jangan yang memberatkan. Intip tuh kemampuan calon suami. Jangan meminta yang di luar kemampuan dia.
Kalau mengambil pendekatan yang basic banget, 2 biaya inti sebenarnya tidak mahal. Nah keseruan dimulai saat merencanakan pesta pernikahan. Disinilah salah satu lirik lagi Bengawan Solo berubah bunyi :…uang mengalir sampai jauuuuuuh…..hehehehe….
Tidak sedikit yang merencanakan pesta pernikahan berdasarkan gengsi dan bukan berdasarkan kemampuan. Tidak sedikit yang melaksanakan pesta pernikahan berbalut hutang. Tidak sedikit yang setelah pesta pernikahan usai, maka kegembiraan berganti dengan kepusingan dalam membayar pengeluaran yang sudah dilakukan untuk pesta.
Buatlah pesta pernikahan sesuai kemampuan dan secukupnya saja. Jangan sampai jatuh kepada berlebih – lebihan. Jangan sampai terdapat banyak kemubadziran didalamnya. Banyak yang bilang, pesta pernikahan kan sekali seumur hidup ! HArus yang terbaik ! Ya, mari kita tinjau lagi kriteria yang terbaik itu seperti apa ? Kalau sampai memaksakan diri, apalagi kemudian malah di luar kemampuan, maka itu bukan pesta pernikahan terbaik. Sebaliknya, itu jalan “terbaik” untuk menghampiri masalah setelah pernikahan. Satu pintu masalah sudah terbuka lebar.

Titik Kritis #2 : Biaya Tahun Pertama Pernikahan
Memasuki hidup baru. Pasti banyak perubahan. Itu tidak bisa dihindari. Dari 2 orang yang terpisah, menjadi 2 orang yang bersama. Dari status sebagai anak, sekarang sudah ada tanggung jawab istri & mengurus suami. Dari 2 orang jadi 1 keluarga. Kegiatan berbeda, kebutuhan berbeda, konsekuensi secara finansial juga beda.
Kalau akan tinggal di rumah atau kota yang berbeda, harus dipikirkan biaya untuk pindahan, mungkin mengontrak, mungkin langsung pindah ke rumah baru. Pasti ada biayanya. Lalu misalnya setelah menikah, sang wanita berhenti bekerja, biaya transisi dan persiapan single income, itu juga akan nyata ada. Maka antisipasi biaya – biaya yang akan dikeluarkan di tahun pertama pernikahan sebagai masa penyesuaian awal hidup berumah tangga. Berkaitan dengan titik kritis #1, amboi alangkah pusingnya apabila tahun pertama diisi dengan kerepotan membayar hutang bekas pesta pernikahan. Jangan lakukan kesalahan itu….yang sudah sudah banyak yang menyesal….

Titik kritis #3 : Biaya Persiapan Buah Hati
Menikah cepat ? Langsung punya anak ? Gak masalah ! Berarti siap – siapnya lebih awal. Sadari itu dan buat rencana keuangan #pranikah yang mengakomodasi rencana itu. Jadi jelas fokusnya. Menyiapkan untuk diberi amanah oleh Allah. Sampai sejauh mana kesiapannya ? Tuntunan agama adalah para ayah memberikan sandang pangan papan saat para ibu mengandung, menyusui, mengasuh anak – anak. Dan jangan sampai menyempitkan hati mereka karena kesulitan. Para ayah Ikhtiarkan yang terbaik, perencanaan salah satunya. Para ibu sikapi dengan luaskan sabar. Kalau visinya sudah nyambung, bicara uang dan angka tidak sulit
Dengan sadari titik2 kritis perencanaan keuangan #pranikah, maka langkah yang akan diambil bukan hanya berorientasi hari ini saja, tapi juga sudah menjangkau beberapa langkah ke depan. Sudah ada ilmunya, bisa belajar dari kesalahan orang2 sebelum kita, maka merencakanan lebih baik dan melaksanakan lebih baik adalah sangat mungkin dilakukan
Wah, super thanks ya teh :)


Komentar-komentar :

Blom ada yang ngasih komentar ... :(

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Cara Melakukan Perkenalan Untuk Mendapat Pasangan Hidup

 Persiapan Pra-nikah Bagi Nuslim Dan Muslimah

 Ujian Pra Nikah= Seni Pra Nikah

 Pernikahan Islam

 Persiapan Pra Nikah

 Seorang Akhwat Yang Melamar Ikhwan

 Persiapan Menuju Pernikahan

 Persiapan Pra Nikah Bagi Muslimah

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 08 - Tangisan Bahagia Di Akhir Dwilogi Kami

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 07 - Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 06 - Kepercayakan Padamu My Angel

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 05 - Putri Pangeran Dan Februari

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 04 - Buah Hatiku, Buah Hatimu, Buah Hati Kita

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 03 - Nikmatnya Pacaran Setelah Perjanjian Suci

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 02 - Malam Zafaf

 Dwilogi Cinta Romi Dan Juli: Part 01 - Kala Dosa Menjadi Pahala

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 18 - Epilog Jendela Pertama

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 17 - Barakallahu!

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 16 - Ana Uhibbuki Fillah (aku Mencintaimu Karena Allah)

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 15 - Traveling To Bangka Island (kupinang Engkau Dengan Hamdalah)

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 14 - Ada Apa Dengan Cina?

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 13 - Ejawantah Rasa Gelisah (juli Again?)

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 12 - Witing Tresno Jalaran Soko Kulino

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 11 - 25 Tahun Usiaku Akan Kusempurnakan Agama Ini

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 10 - Esa Hilang Dua Terbilang

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 9 - Kusimpan Mawar Ini Tetap Untukku, Juli

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 8 - Up Close And Pesonal With 2 Cyber Hijaber

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 7 - Pertemuanku Dengan 2 Wanita Cyber

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 6 - Wanita Sholehah Tunjukkan Dirimu!

 Kisah Cinta Romi Dan Juli: Part 5 - 3 Kunci Emas




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah © Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com